Cara Optimasi SEO blogspot

Bagaimana Cara Optimasi SEO blogspot? Untuk Anda yang mempunyai blog ber-platform blogspot untuk mengoptimasikannya tidak jauh berbeda dengan blog ber-platform lainnya seperti wordpress, joomla dll. Namun, blogspot mempunyai keunggulan tersendiri daripada yang lain.

Teknik SEO adalah cara untuk cepat terindeks oleh mesin pencari, cara untuk menempatkan posisi blog di search engine dan cara membuat blog ramai pengunjung. Cara-cara tersebut adalah beberapa bahasan SEO yang banyak dicari orang untuk mengoptimasikan blognya.

Beberapa teknik dasar optimasi SEO Blogspot ini mungkin dapat dijadikan sedikit referensi atau acuan untuk memulai ngeblog. 

Langkah dasar Optimasi SEO blogspot
  • Tentukan topik utama blog. Konten apa yang nantinya akan mendominasi isi blogspot? Langkah ini akan mempengaruhi untuk menetapkan nama domain, judul dan deskripsi blog. Lebih spesifik lebih bagus, misalkan dominasi konten tentang seo, Anda bisa memilih domain “belajarseo.blogspot.com” dengan Judul Blog “Artikel Belajar SEO” dan diskripsi blog “tempat belajar seo bersama saya”
  • Tampilan Blog. Pilih tampilan blog yang ringan terlebih dahulu, jangan memasang widget, gambar, video terlalu banyak. Pakai https://developers.google.com/pagespeed/ untuk menguji kecepatan blog. Usahakan nilai di atas 80. Langkah ini memudahkan google merayapi blog tanpa gangguan sehingga cepat terindeks.
  • Membuat blogspot pastilah dengan email google. Manfaatkan juga fasilitas google yang lain seperti Google Analytic untuk memantau perkembangan blog dan Google webmaster tools untuk melihat, mendiagnosa kinerja, kesehatan dan konfigurasi blog, serta dapatkan data pengindeksan dan pemeringkatan dari Google.
  • Optimasi Keyword pada Domain, Judul dan Deskripsi Blog. Seperti yang dijelaskan pada nomer 1, topik utama berpengaruh besar pada SEO. Misalkan Anda menargetkan kata kunci (keyword) ”SEO”, keyword tersebut harus ada pada nama domain, judul, deskripsi blog, contoh: nama domain (url) “belajarseo.blogspot.com” Judul Blog “Artikel Belajar SEO” diskripsi blog “tempat belajar seo bersama saya”. Meski kadang sulit untuk mengaitkan keyword ke dalam 3 bagian itu, usahakan minimal 2 bagian. Jangan sampai ketiga-tiganya tidak mengandung keyword yang ditargetkan.

Setelah langkah-langkah di atas dilaksanakan, kalau beruntung beberapa jam saja blog kita sudah terindeks google, meski tanpa satu artikel pun. Dan perlu diketahui, blogspot milik google, tentunya blog Anda juga didukung oleh google sebagai pemiliknya asalkan sesuai aturan webmaster google. Cobalah menuliskan url blog di kotak pencarian google.

Selesaikah Optimasi SEO Blogspot ?

Tentu saja belum, bila kita baru memulai dan membuat blog, di atas baru langkah awal. Langkah selanjutnya adalah mengisi blog serta mengoptimasi blogspot agar tujuan SEO berhasil.

Buat Artikel yang Sesuai Topik Blog dan Menarik.
  • Jika anda ingin blog berada pada posisi halaman awal di hasil pencarian search engine, sebagai langkah awal mungkin anda harus terlebih dahulu membuat artikel yang berkaitan dengan topik blog anda serta menempatkan keyword yang sesuai dengan semua bagian blog mulai domain, judul, deskripsi dan artikel. Langkah ini merupakan perkenalan awal blog kita dengan mesin pencari. Logikanya, biasanya kalau memperkenalankan diri akan menceritakan hal-hal yang baik dan menarik dari diri kita, bukan?
  • Kesalahan sering dilakukan blogger pemula pada langkah ini, sebagai contoh, topik blog dikategorikan blog yang membahas tentang tips dan trik SEO, tapi yang kita posting adalah tips memasak atau kuliner, tentunya tidak nyambung. Bisa saja kita membahas topik lain, tapi nanti setelah blog kita sudah akrab dengan mesin pencari dan pengunjung blog. Bagaimana dengan blog yang sudah ada dan telah mempunyai banyak artikel yang bermacam-macam topik? Kita akan bahas nanti.
  • Dan jangan lupa, berusaha membuat artikel yang unik dan menarik. Artikel unik adalah berbeda dengan yang lain baik dari segi isi (original) maupun tampilan isi artikel (memakai huruf tebal, miring, garis bawah, H2, H3, dll)

Membuat One Way Link
  • Setelah blog beserta isinya selesai dibuat, untuk mendukung keberadaan blog adalah membuat dan mencari backlink satu arah. Artinya, ada blog atau situs lain yang memberikan atau membuat link ke arah blog kita, bukan tukar-menukar link! Mungkin akan sulit jika kita meminta backlink kepada blog-blog ternama dengan pertimbangan tertentu. Salah satu cara yang mudah adalah dengan membuat komentar di blog dofollow dengan menaruh link URL blog kita, mendaftar ke forum dan social bookmark yang ada profil dengan URL blog kita, atau membuat dummy blog yaitu membuat blog lagi sebanyak mungkin dengan memberi link ke arah blog utama kita. Cari dan buat link searah (One way link) sebanyak-banyaknya. Langkah ini bertujuan untuk membuat “pengakuan” dukungan dan keberadaan blog kita.
Submit ke Social Bookmarking dan Search Engine
  • Salah satu usaha mempercepat blog supaya dikenal dan dikunjungi banyak orang yaitu dengan mengirimkan URL artikel ke banyak social bookmark, baik di situs social bookmark dalam negeri maupun luar. Situs social bookmark biasanya menerima link url artikel kita dengan sedikit deskripsi, seperti kombes.com, lintasberita.com, dll. Kalau punya akun jejaring sosial seperti facebook atau twitter, memasukkan tautan artikel bisa juga dilakukkan. Rekomendasi: cobalah daftar ke vivanews.com dan submit blog anda. Bila berhasil, lihat hasilnya. Baca kontribusi vivanews.com terhadap blogger Indonesia.
  • Search engine bukan hanya google, masih ada yahoo, bing, ask, alvista dll. Gunakan kesempatan ini untuk lebih mengenalkan blog di internet, siapa tahu ada pengunjung yang datang dari mesin pencari selain google. Submit URL blog Anda ke banyak search engine.

Langkah-langkah di atas sudah cukup untuk dasar optimasi SEO Blogspot dan blogspot Anda siap bertarung mengikuti Kontes SEO. Namun Anda perlu banyak belajar SEO agar blogspot lebih “greng” seperti melakukan pengeditan kode blogspot agar lebih seofriendly, optimasi onpage dan offpage blog. Kalau Anda merasa masih perlu lagi meng-SEO- kan blogspot, berselancarlah mencari ilmu SEO sebanyak-banyaknya dari master SEO atau coba kunjungi blog pemenang kontes SEO, siapa tahu dapat ilmunya

Artikel berdasarkan teori dan pengalaman penulis. Semoga bermanfaat terutama untuk para blogger pemula. Selamat mencoba dan semoga sukses dalam dunia Blog.






0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.