You are here:Home » Internet » Pengertian Mesin Pencari - Search Engine

Pengertian Mesin Pencari - Search Engine

Pengertian Mesin pencari atau search engine adalah suatu program komputer yang dirancang untuk membantu, mempermudah, mempercepat seseorang menemukan informasi atau data yang diinginkan. Mesin pencari (search engine) semacam “penunjuk jalan” untuk mencari sesuatu yang dibutuhkan.

Mesin pencari akan berfungsi setelah mempunyai kriteria database yang dibuat sebelumnya dan akan menampilkan hasil sesuai dengan kriteria mesin pencari. Cara kerja mesin pencari adalah dengan memasukkan kata kunci pada kolom pencarian kemudian mesin pencari akan bekerja melakukan pencarian di database serta menampilkan hasil akurat yang memuat kata kunci tersebut dari database yang ada. Jika pada database tidak ada kecocokan dengan kata kunci maka hasil tidak ditampilkan. 

Umumnya orang menyangka bahwa mesin pencari hanya digunakan pada internet, padahal mesin pencari (search engine) juga digunakan untuk dunia komputer lainnya termasuk pada software, operasi sistem, dan lain-lain. Sebagai contoh: Anda ingin mencari sebuah file yang tersimpan di hard disk komputer, maka jalan tercepat adalah membuka search pada operasi sistem yang dipakai lantas memasukkan kata atau frase yang diinginkan. Contoh lagi, apabila kita membuka program Photoshop kemudian ingin mengetahui kegunaan tools, maka dengan bantuan mesin pencari Photoshop (help), mungkin keinginan tersebut dapat terpenuhi. 

Mesin Pencari Internet 

Pada dasarnya sebuah mesin pencari adalah sama, namun di internet sedikit berbeda dibandingkan dengan software ataupun operasi sistem yang cenderung statis. Dinamika internet yang berubah dengan cepat dalam hitungan detik maka mesin pencari internet mempunyai algoritma tersendiri untuk menentukan hasil pencariannya. 

Mesin pencari internet (web) bekerja dengan cara menyimpan informasi dalam bentuk halaman web dengan jumlah yang sangat banyak ke dalam databasenya. Halaman web yang tersimpan dalam data base diambil oleh software (robot) web crawler, web spider atau nama lainnya yaitu semacam browser otomatis yang mengikuti setiap hyperlink yang ditemui pada halaman web kemudian dianalisa untuk menentukan cara mengindeksnya dalam database untuk digunakan dalam pencarian selanjutnya. Algoritma mesin pencarian yang paling umum adalah url, judul, subjudul, konten, meta tag. Tentu saja masing-masing mesin pencari mempunyai algoritma pencarian yang berbeda. 

Sebagian mesin pencari, menyimpan seluruh atau sebagian halaman yang telah terindeks (disebut cache) maupun informasi tentang halaman web tersebut. Ketika seseorang menggunakan mesin pencari dan memasukkan kata kunci/keyword (query) selanjutnya mesin pencari akan mencari dalam indeks database dan memberikan daftar hasil halaman web beserta urutannya yang paling sesuai dengan kriteria algoritma. 

Banyak situs mesin pencari dapat ditemukan di internet, berikut ini adalah beberapa mesin pencari terkenal
  • Google ( http://www.google.com/
  • Yahoo ( http://www.yahoo.com/
  • Bing (dulu MSN) ( http://www.bing.com/ ) 
  • Live ( http://www.live.com ) 
  • Altavista ( http://www.altavista.com ) 
  • AOL ( http://www.aol.com ) 
  • Altheweb ( http://www.althweb.com ) 
  • Baidu ( http://www.baidu.com ) 
  • Looksmart ( http://www.looksmart.com ) 
  • Ask ( http://www.ask.com ) 
  • Open Directory (http://www.dmoz.com/ ) 

Selama ini, mungkin kita sudah tahu dan biasa menggunakan mesin pencari, namun apakah kita tahu sebenarnya tujuan dan fungsi mesin pencari? Semoga penjelasan singkat di atas dapat sedikit membuka wawasan terhadap sebuah mesin pencari. 
Mesin pencari seperti halnya dengan “penunjuk jalan” untuk menemukan informasi atau data yang kita butuhkan dengan lebih mudah dan cepat.



4 komentar:

  1. ok sobat. mantap informasi yang bapak berikan dan sgt berguna sekali ini...

    BalasHapus
  2. artikelnya sangat informatif sekali mas. ^^ keep blogging.

    link me back please : http://www.idstudy.com/2013/01/guest-book.html

    indonesian's culture and education

    BalasHapus
  3. Mau tanya nih min, apakah benar kalo kita sering menggunakan mesin2 pencari untuk mengakses sbuah situs maka situs tsb oleh google akan di anggap spam/tidak bisa di akses lagi

    BalasHapus
  4. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Editing Film, master Animator, Web Master

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih