You are here:Home » Internet » Internet Bisa Meningkatkan IQ dan Ingatan

Internet Bisa Meningkatkan IQ dan Ingatan

online di internet
Kita mungkin telah merasakan manfaat dari internet. Kegiatan online di internet untuk mencari informasi, bermain game, berjejaring sosial sampai membaca dan mengirim surat elektronik. Sebuah kabar baik untuk pengguna internet! 

Menurut laporan penelitian dari University of California, Los Angeles (UCLA) menjelaskan, bahwa melakukan kegiatan online di internet minimal sejam sehari bisa meningkatkan IQ dan kemampuan mengingat. Penelitian oleh Gary Small, Professor Psychiatry and Bio-Behavioral Science dari University of California, Los Angeles (UCLA) mencoba membandingkan otak partisipan yang sering menggunakan internet dengan partisipan yang jarang menggunakan internet.

1 Jam Online di Internet Bisa Meningkatkan IQ dan Ingatan


Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa partisipan yang melakukan kegiatan online di internet sejam sehari selama 5 hari itu, bagian otak depan (prefrontal cortex) yang berfungsi mengambil keputusan dan menerima informasi kompleks lebih aktif, padahal bagian itu sebelumnya tidak aktif. 

Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian tersebut adalah fungsi otak dapat berubah dan meningkat sangat cepat seiring dengan penggunaan internet. Kemampuan memproses informasi dan mengerjakan kegiatan multitasking tanpa error juga meningkat. “Studi ini menunjukkan bahwa IQ rata-rata pun bisa meningkat dengan budaya digital,” ujar salah satu Profesor di UCLA ini. 

Tentunya ini merupakan kabar gembira bagi peselancar internet. Bahkan hanya melakukan kegiatan yang sederhana saja seperti membaca dan menyortir email bisa meningkatkan kemampuan otak dalam mengambil keputusan mana yang penting maupun tidak, dan hal itu bisa berpengaruh pada kesehatan mental seseorang. 

Namun Profesor Gary Small, juga mengingatkan bahwa penggunaan internet yang berlebihan bisa berbahaya, dapat mempengaruhi cara berpikir, perasaan dan berkepribadian. 

Lebih lanjut Profesor Small berujar “Kelebihan online di internet bisa merusak keahlian interpersonal dan kekurangan hubungan sosial masyarakat. Sebaiknya, jika Anda seharian bekerja di depan komputer, pastikan juga bergaul dengan orang-orang sekitar Anda daripada melakukan sosialisasi atau mencari hiburan dengan bermain game di internet.”