You are here:Home » Internet » Membuat Komentar di Blog Bahasa Inggris

Membuat Komentar di Blog Bahasa Inggris

Apa perlunya membuat komentar di blog bahasa Inggris? Untuk sebagian blogger yang ingin mendapatkan backlink berkualitas, meninggalkan jejak URL blog dengan berkomentar di blog berbahasa Inggris merupakan sebuah usaha yang tepat. Blog yang mempunyai pagerank tinggi banyak dimiliki oleh blogs berbahasa Inggris sebagai bahasa internasional. 

Bagi yang ”cas-cis-cus” nya bagus mungkin tidak jadi masalah, namun akan jadi masalah buat blogger seperti saya yang hanya garuk-garuk kepala bila mendengar orang bicara bahasa Inggris atau mengerutkan dahi bila membaca tulisan bahasa Inggris. Membuat komentar yang baik di blog bahasa Inggris agar bisa di-approved memerlukan teknik tersendiri. Komentar kita bisa saja masuk apabila tidak ada moderasi atau dijaga oleh anti spam, akan tetapi bila komentar kita ngawur dan pemilik blog tiba-tiba melakukan sidak (inspeksi mendadak) bisa-bisa komentar kita dihapus, sia-sia usaha mendapatkan backlink

Sebenarnya ini bukan menjadi masalah utama bagi blogger yang bahasa Inggrisnya pas-pasan, kalau tidak mau dikatakan tidak mengerti. Google translate, buku kamus Indonesia-Inggris, software penterjemah, guru bahasa Inggris, teman yang fasih ”cas-cis-cus” bahasa Inggris dan lain-lain, ada di sekitar kita, mengapa tidak dimanfaatkan? 

Berikut sedikit tip dan saran dari Lentera Kecil kalau ingin mendapat backlink dari membuat komentar di blog bahasa Inggris. 

Yang perlu diperhatikan terlebih dahulu adalah: 
  1. Kategori komentar apa yang akan kita berikan. Komentar tentang isi artikel, komentar pujian atau komentar kritik/saran. 
  2. Menggunakan browser yang mendukung fasilitas menterjemahkan halaman blog seperti Google Chrome.
Langkah selanjutnya membuat komentar di blog bahasa Inggris 
  • Buatlah beberapa kalimat pujian dalam bahasa Indonesia minimal 10 yang berisi kalimat yang kira-kira menggambarkan pujian, kesan, cara penulisan artikelnya, atau baru saja menemukan informasi menarik atas penyajian artikelnya dan baru ditemukan di blog-nya. 
  • Kemudian buat juga kalimat saran minimal 10 juga, yang memberi masukan atau kritik seperti menambah video atau gambar agar artikel lebih jelas, menambah RSS feed, fans page dan lain-lain. 
  • Perlu dingat, buatlah kalimat-kalimat tersebut dengan bahasa dan ejaan yang benar, santai dan sopan srta sedikit variasi. Setelah 20 kalimat tersebut selesai dibuat, cobalah terjemahkan dengan google translate, atau software penterjemah. Kadang hasil terjemahan kurang sesuai dengan grammar (tata bahasa) coba periksa kembali atau minta bantuan guru bahasa Inggris atau teman yang mahir bahasa Inggris untuk mengkoreksi tata bahasanya. Kalau merasa tidak merepotkan serahkan saja hasil tulisan kita kepada mereka agar diterjemahkan. 
  • Kalau sudah mempunyai 10 kalimat pujian dan 10 kalimat saran, serta bila ditambah kombinasi antara kalimat pujian + saran atau kalimat saran + pujian, berarti kita telah mempunyai 220 kalimat komentar. Kalau mau lebih banyak, buat kalimat lagi. Perbendaharaan kalimat telah siap dipakai untuk berkomentar di blog bahasa Inggris. 
Memasang komentar di blog bahasa Inggris 
  • Kalau bisa gunakan browser Google Chrome yang mendukung menterjemahkan halaman web. 
  • Cari blog yang dofollow agar tidak membuang waktu dan tenaga untuk berkomentar mencari backlink, terkadang google bot membaca blog nofollow sebagai backlink. (cara mencari, melihat blog dofollow dan nofollow beserta pengertiannya, coba browsing di google) 
  • Kalau sudah menemukan blog untuk dikomentari, terjemahkan terlebih dahulu artikel tersebut, dengan klik kanan dan cari ”terjemahkan ke bahasa Indonesia”. Meski tampak berantakan, coba cari topiknya atau kalimat inti persoalan. Kalau sudah ketemu, kalimat tersebut (jangan lupa! copy yang aslinya) bisa kita masukkan ke komentar di tambah saran atau pujian yg telah kita persiapkan agar lebih terlihat lebih serius menanggapi. Ini termasuk kategori komentar isi artikel. 
  • Kalau tidak mau repot, langsung saja berkomentar dengan kalimat yang sudah kita buat sebelumnya. 
  • Ups! Ketinggalan, pastikan artikel blog tersebut mempunyai kolom komentar dan belum di closed (tutup)..he..he... Dan terutama ada kolom url website agar backlink kita dapat. 

Mudahkan, membuat komentar di blog bahasa Inggris? Dan yang pasti kita tidak dianggap robot spam

Berikut contoh beberapa komentar bahasa Inggris yang ”ditangkap” anti spam yang ada di Lentera Kecil karena dikirim oleh spam robot
  • Excellent information and facts. Only real difficulty I was basically receiving was viewing the pics. No idea exactly why. 
  • I wish to convey my gratitude for your kindness for visitors who absolutely need assistance with that idea. Your real dedication to passing the message all over had been pretty practical and has without exception enabled associates much like me to realize their targets. Your own warm and friendly key points indicates a lot to me and extremely more to my mates. With thanks; from each one of us. 
  • Keep up the excellent work , I read few articles on this site and I think that your web blog is real interesting and Power to the People of excellent information.
  • I agree, for the most part, but don’t you feel as if the issue is more complex than that? 
  • This site is one of the best I have found. 
  • Hello just wanted to give you a quick heads up. The words in your post seem to be running off the screen in Safari. I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with internet browser compatibility but I thought I’d post to let you know. The layout look great though! Hope you get the problem resolved soon. Cheers.
  • Great ?V I should certainly pronounce, impressed with your website. I had no trouble navigating through all tabs as well as related info ended up being truly simple to do to access. I recently found what I hoped for before you know it in the least. Reasonably unusual. Is likely to appreciate it for those who add forums or anything, web site theme . a tones way for your customer to communicate. Nice task.
  • This is a very good post! I admire the way you shared this topic! Keep it up a good job! credit report and score 
  • It is your colourful blog that brings me a lot of knowledge about living. 
  • Well… round about every blog posts online don’t have much originality as I found on yours.. Just keep updating much useful information so that reader like me would come back over and over again.
  • Always verify the truth before taking any legal actions. Hope this problem is already fixed. 




8 komentar:

  1. saya biasanya ke google translate, hehe
    soalnya bahasa inggris pas-pasan sih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak masalah, asal susunan katanya benar.

      Hapus
  2. dulu saya sering blogwalking ke blog internasonal berbagai bahasa

    BalasHapus
  3. kalo saya langsung to the point kalo kasih komen blog bahasa inggris yaitu pake google translate...

    BalasHapus
  4. sama, ngandelin akang google ajah, tp akang google bahasanya rada blepotan sech :D

    BalasHapus
  5. Mantab gan!! Langsung dipraktekkan..

    BalasHapus
  6. Kalau diterapkan dibahasa spanyol / lainnya bagaimana gan..

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih