You are here:Home » SEO » Perlukah Optimasi SEO untuk Halaman Blog

Perlukah Optimasi SEO untuk Halaman Blog

Melakukan optimasi halaman blog bukanlah pekerjaan yang gampang. Optimasi halaman blog sangat menguras tenaga dan waktu. Jadi apakah perlu optimasi SEO untuk halaman blog? Untuk yang mengikuti kontes SEO, hukumnya wajib, tapi kalau sekedar ingin menaikkan trafik, pagerank, SERP itu hukumnya sunnah, bisa iya bisa tidak, tergantung niat kita. Mengapa begitu? 

Bagi peserta kontes seo, yang dinilai adalah posisi artikel halaman blog berdasarkan hasil pencarian mesin pencari (kebanyakan  google.co.id) dengan menggunakan kata kunci tertentu. Mau tidak mau, optimasi untuk halaman blog (baca: artikel) harus dioptimasi mati-matian (nggak mati beneran) mulai dari onpage sampai offpage

Optimasi onpage berdasarkan syarat seo mesin pencari seperti penggunaan keyword yang tepat, meta tag, heading, dan sebagainya. Sedangkan offpage melakukan pencarian backlink dari situs/blog lain sebagai pendukung halaman artikel. Istilahnya suporter bagi artikel halaman blog, makin banyak suporter (apalagi yang kaya) artikel halaman blog makin kuat di mata search engine

Lantas, apakah perlu optimasi untuk semua halaman? Nggak perlulah, namun kalau waktu dan tenaga kuat (ingat optimasi halaman blog bukanlah pekerjaan yang gampang) silahkan saja, asal nanti jangan sampai stress dan meninggalkan pekerjaan lain. Cukup beberapa artikel yang dirasa menarik, unik, original dan perlu untuk dibaca orang, lakukan optimasi seo seperti ikut kontes seo. Untuk artikel yang lain, terutama yang full copy paste biarkan apa adanya atau setidaknya cukup onpage saja. 

Mengapa artikel tertentu yang perlu optimasi seo untuk halaman blog? Ini sebagai pancingan terhadap pengunjung. Bila optimasi berhasil, maka posisi artikel di hasil pencarian search engine akan berada pada posisi halaman awal, dan kemungkinan pengunjung meng-klik artikel blog kita semakin besar. Dan bila pengunjung sudah berada dalam blog kita, artikel-artikel lain pasti dilirik. Untuk itu sediakan konten yang banyak sebagai pilihan pengunjung. 

Ini hanya berlaku bagi yang serius mengelola blog. Bagi yang setengah rius, apalagi nol rius, abaikan saja, toh mungkin membuat blog hanya untuk dirinya sendiri. Selain perlu optimasi seo halaman blog, optimasi juga perlu untuk blog itu sendiri. Hal ini untuk membantu waktu dan tenaga kita mengelola blog. Bagaimana cara optimasi SEO ? Cari artikel di blog ini, siapa tahu bisa membantu.

Lentera Kecil Belajar SEO 


1 komentar:

  1. Sudah 7 bulan saya tidak melakukan optimasi halaman blog lagi. beberapa artikel sudah melorot dan pengunjung menurun. Memang pekerjaan ini susah-susah gampang.

    Susahnya ya mengumpulkan tenaga dan semangat

    Gampangnya ya seperti yang di atas jelaskan tinggal submit-submit saja :) hehe

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih