You are here:Home » SEO » Perubahan dan Perkembangan Metode SEO

Perubahan dan Perkembangan Metode SEO

metode SEO Panda
Perubahan dan Perkembangan Metode SEO - Setiap ahli SEO akan mengatakan bahwa mencapai peringkat tinggi dan menjaga website terus di atas adalah tugas berat. Bahkan, kerja keras dengan white hat SEO membuat banyak webmaster beritikad beralih ke teknik black hat ketika mereka terus mengoptimasi namun hasilnya masih tidak sesuai harapan. 

Beralih dengan cara di atas, akan menjadikan kualitas webmaster yang buruk serta cepat diidentifikasi dan disaring oleh mesin pencari. Selain itu, mengingat bahwa raksasa mesin pencari utama saat ini, seperti Google, memiliki sanksi ketat bagi siapa saja mencoba untuk menipu dalam SEO, investasi waktu dan usaha dalam teknik yang tidak lazim adalah buang-buang waktu.

Perkembangan Metode SEO

Sebelum tahun 2000, pilihan metode melakukan SEO adalah teknik cloaking untuk alasan yang baik. Pada dasarnya, webmaster bisa memiliki satu halaman penuh informasi tentang tidak menarik atau tidak relevan kata kunci yang sesuai dengan kepadatan tertentu saat membangun halaman untuk menarik target audiens. Namun, teknik ini tidak berlangsung selama cukup cepat Google memperkenalkan konsep PageRank dan karenanya, situs web harus membuktikan bahwa mereka layak peringkat mereka saat ini. 

Setelah pasar SEO terkena PageRank, teknik lain muncul, hubungan link timbal balik yang saling berhubungan. Masalah dengan metode SEO adalah bahwa strategi itu kebanyakan tentang skalabilitas, sedangkan relevansi link benar-benar diabaikan. Ketika pertukaran link timbal balik tidak dapat dimanfaatkan lagi, perhatian beralih ke link satu arah yaitu dengan membeli link. Usia dari pembelian link satu arah itu diakhiri oleh update Google Panda. 

Update Panda

Ingat kekacauan dibuat ketika update Panda diperkenalkan? Banyak situs web, termasuk beberapa direktori terkemuka dengan artikel menarik menjadi korban. Namun, sementara beberapa webmaster yang telah menghindari penambahan database berlebihan, berhasil mendapatkan kembali kekuatan mereka dengan cukup mudah, dan yang menggunakan metode SEO black hat terkena dampak paling parah. 

Jika Anda berpikir fakta bahwa bekerja keras untuk optimasi SEO agar tidak menderita akibat ”tendangan Panda” adalah dengan cara yang alami: mereka memberikan konten yang bermanfaat dan unik dan memiliki jangkauan untuk mempromosikan blog mereka. 

Apa kesimpulan yang bisa ditarik dari sini? Metode SEO akan muncul dan menghilang dalam sekejap, segera menemukan, memperhatikan mesin pencari utama bagaimana aturannya. Namun, meskipun aturan Panda telah diterapkan selama lebih dari 2 tahun sekarang, masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memastikan peringkat yang benar dan memang layak. Bagaimana hal itu mempengaruhi Anda, webmaster? 

Ulasan oleh: Jeet yang telah bekerja pada mesin pencari selama 12 tahun dan suka berinteraksi dengan sesama SEO di forum. Proyek terakhirnya melibatkan team kecil building link yang disebut GetLinkPro.


Artikel Belajar SEO 


16 komentar:

  1. Hm.. Bagus sekali kang Andre saya baru tau lho... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kelihatannya ada update terbaru..kita tunggu saja.

      Hapus
  2. info bagus gan'and salam knl.

    BalasHapus
  3. habis panda datang lah beruang,kelinci dan onta.

    pusing pikirin algoritma.. terkadang blog dengan artikel 1000% copas dapat unggul..

    contoh nya:
    terselubung dan menjelma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama kita ngefans Google, apa kata dia...
      pernah, artikel saya yg dicopas (nggak pake sumber link), malah jadi hilang, eh..yg ngopas malah nangkring dengan tenang.

      Hapus
  4. menarik nih mas , terus update ya :)

    BalasHapus
  5. Memang menarik untuk mengupas masalah seo ini. Seakan tidak pernah ada habisnya selalu mengalami perubahan.

    BalasHapus
  6. SEo memang update terus menerus... Jadi klo yg udah ketinggalan gmna nasibnya ??

    BalasHapus
  7. ok terimakasih buat info nya yang ini
    tapi saya mau nanya kang andre
    kalo update web bagus nya gimna
    setiap hari to G mna
    terus kenapa web aku kalo di baclink malah turun

    BalasHapus
    Balasan
    1. update dengan frekuensi yg stabil, lebih disarankan. Misalkan setiap 1 hari sekali atau 2 hari sekali. Misalkan punya beberapa artikel, lebih baik dijadwal.
      Berapa jumlah artikel yang diupdate, terserah, namun tetap mendekati frekuensi yang sama, kalau kemampuan sehari 10 artikel silahkan. Di blogspot update artikel lebih dari 80/hari akan akan muncul kode keamanan, bukan spam.

      Masalah web turun, apakah benar dari backlink? Lebih baik cari backlink sedikit tapi berkualitas dan jangan terlalu sering. Nanti saya bahas di blog lenteraseo.com

      Hapus
  8. Keren abiz gan...blog ku masih newbie,saran buat blog ku apa gan biar terlihat SEO Friendly?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog ini mengulas SEO, silahkan baca-baca atau coba bergabung di komunitasseo.com

      Hapus
  9. sip mantep gan atikelnya gan thanks ya ilmunya.....

    BalasHapus
  10. mkasih infonya mas, sangat membantu bagi saya yang baru belajar

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih