You are here:Home » SEO » Belajar Teknik SEO

Belajar Teknik SEO

Artikel Belajar Teknik SEO ini merupakan opini saya tentang SEO berdasarkan pengalaman, belajar, analisa tentang SEO. Mungkin ada yang tidak sependapat dengan saya, silahkan.

Belajar Teknik SEO


Mengapa belajar Teknik SEO? Ini yang harus terlebih dahulu harus dipahami. SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses optimasi mesin pencari, artinya blog atau situs beserta kontennya dioptimalkan agar berada pada posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari. Dengan berada di halaman awal, apalagi berada pada posisi puncak, peluang di-klik oleh pengguna mesin pencari semakin besar dan berakhir pada kunjungan ke blog kita. Dengan kata lain trafik kunjungan akan semakin banyak ke blog kita jika berada pada halaman awal hasil mesin pencari..

SEO berhadapan dengan mesin pencari


Mesin pencari merupakan software atau kode-kode yang diciptakan manusia dan senantiasa meng-update cara kerja mesin tersebut agar hasil pencarian fair dan dapat diterima semua pihak. Karena merupakan sebuah program, kita bisa menarik kesimpulan, apakah optimasi untuk menemukan kelemahan mesin pencari ataukah mengikuti aturan mesin pencari tersebut? 

Dulu kelemahan mesin pencari bisa ditemukan dan dimanfaatkan oleh webmaster dengan cara black hat, namun peng-update-an terus dilakukan sehingga teknik SEO black hat beresiko tinggi. Menemukan kelemahan mesin pencari juga memerlukan keahlian yang luar biasa, dan hal ini tidak akan menyurutkan niat beberapa webmaster untuk terus menemukannya. Internet terus berkembang seperti virus dengan anti virus, hacker dengan sistem keamanan, dan sebagainya.

Di pihak lain, banyak webmaster menggunakan berbagai cara dan teknik SEO dengan cara wajar sesuai aturan mesin pencari (white hat). Banyak pakar SEO membuat teknik yang aman, bahkan telah menjadi bidang usaha yang sangat menarik sebagai konsultan jasa SEO, jual beli backlink, dll. Google pun menganjurkan memakai jasa SEO meski tidak ada jaminan menjadi posisi 1. selengkapnya...

Teknik SEO yang Efektif


Agar optimasi tidak beresiko, Master SEO menganjurkan menggunakan teknik SEO yang efektif sesuai dengan anjuran mesin pencari. Banyak forum maupun artikel yang membahas tentang SEO yang aman, yang benar, yang efektif. Meski banyak teori SEO bagaimana cara optimasi yang efektif, intinya tetap satu yaitu menempatkan posisi terbaik.

Bagi blogger pemula, kadang menerapkan teknik seo yang efektif sangat membingungkan. Banyaknya teori yang membahas serta perbedaan teknik penerapan menjadi kendala, lantas mana yang benar? Dalam blog ini saja, saya menulis beberapa teknik seo dari beberapa pandangan. Lihat teknik SEO

Mesin pencari Google, konon hanya 4 insinyur google yang mengetahui cara kerjanya dan itu bersifat sangat rahasia. Master SEO hanya dapat mengkira-kira. Saya pun sempat beberapa kali mencoba beberapa teknik, walau hasil tidak ada perubahan yang spesifik. Untuk itu tidak ada patokan atau aturan yang baku tentang SEO, kita hanya bisa mengikuti anjuran yang ditetapkan oleh mesin pencari, baik oleh google, yahoo, bing maupun mesin pencari yang lain.

SEO Perlu Proses


Sekali lagi, tujuan SEO adalah menempatkan blog atau artikel pada halaman awal hasil mesin pencari. Cara praktis untuk mengetahui kekuatan SEO blog kita adalah dengan melihat hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Kalau hanya menggunakan kata kunci URL blog tidak spesifik, karena mengandung kata kunci unik dan pasti akan berada di halaman awal, misalkan "lenterakecilku.blogspot.com". Cobalah dengan kata kunci salah satu judul artikel yang ada atau tagline blog (misal: artikel belajar SEO). Lihat hasil pencariannya, berada pada halaman berapa dan posisi keberapa? Coba juga dengan pilihan pencarian sejam terakhir, 24 jam terakhir (ini akan menunjukkan kecepatan terindeks). Perlu diketahui kata kunci atau keyword juga mempunyai pengaruh penting.

Untuk lebih akurat lagi, mengikuti sebuah kontes SEO adalah cara melihat kekuatan SEO. Kontes SEO menggunakan kata kunci yang telah ditentukan dan ada blog atau artikel lain yang juga menggunakan kata kunci tersebut, otomatis kekuatan SEO berperan penting. Dari beberapa pemenang kontes SEO, selain optimasi artikel, ada juga faktor lain penentu, yaitu Page Rank dan usia Blog. Saya melihat tidak ada blog yang mempunya PR 0 maupun berusia di bawah 6 bulan.

Contoh lain, ketika saya menulis artikel "cara optimasi SEO blogspot" dan disubmit ke vivanews, justru hasil pencarian dengan kata kunci "cara optimasi SEO blogspot" artikel di vivalog menjadi nomor 1 dibanding  blog ini, kenapa? vivanews telah mempunyai PR 6 dan berapa usia vivanews? Sedangkan blog ini belum genap 3 bulan serta PR masih 0, tapi seiring waktu, juga hasil pencarian terus berubah, saya yakin suatu saat pencarian dengan kata kunci "cara optimasi SEO blogspot" blog ini ada dinomor 1.

Untuk itu, bagi yang serius belajar SEO ketekunan serta kesabaran mutlak diperlukan. SEO berkaitan dengan onpage (keunikan, orisinal, bentuk tampilan blog) dan offpage (backlink dan blog pendukung). Dengan sering mengupdate artikel unik serta memperhatikan pedoman webmaster, peluang mendapatkan Page Rank semakin besar dan SEO pun semakin baik dan alami (ini yang disukai Google). Memang ada cara instan yaitu dengan menggunakan jasa SEO, namun memerlukan biaya cukup lumayan, itupun tidak berlaku selamanya.

Kalau Om Dahlan berkata, "Bekerja, bekerja dan bekerja," saya pun berkata "Belajar, belajar dan belajar SEO"


6 komentar:

  1. pengen juga bikin sesuai dengan prosedur di atas

    BalasHapus
  2. ingin banget sob di page 1...

    Sob setiap saya posting ko di hari pertama tampil di page 1 tapi beberapa hari kemudian artikel saya terbuang jauh, penyebabnya apa ya sob.....

    Tolong pencerahannya ya sob, saya sendiri newbie yang baru berumur 4 bulan kurang....

    Tolong jawab kalau berkenan jawab di blog ane ya sob

    BalasHapus
  3. boleh jg tipsnya, nnt sya cba nmpaknya btuh prses.

    BalasHapus
  4. teknik dasar seo yang harus dikuasai dan dipahami bila ingin belajar seo...thank sob ilmunya..

    BalasHapus
  5. Kesabaran dan ketlatenan itu yang begitu susah ya sob, apa lagi bagi kita2 para newbie pastinya ingin cepet2 berhasil.

    Selain di atas pergantian template atau perubahan template blog itu juga berpengaruh ya sob, karna ini pernah saya alami. Semua berubah dalam serp setelah perubahan yang saya lakukan.....

    BalasHapus
  6. Wah perlu di pratekan nie.. Thanks gan ilmunya..

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih