You are here:Home » SEO » Google Penguin Algoritma 2012

Google Penguin Algoritma 2012

google penguin
Google Penguin algoritma mesin pencari Google untuk menggantikan Goole Panda di 2012. Sekarang Google Penguin dipakai untuk mengubah peringkat pencarian di seluruh situs. Update algoritma ini digulirkan April 2012 dengan tujuan utama adalah untuk membuat Google dapat mengenali serta menghukum situs yang memiliki banyak spam efektif. 

Pada artikel sebelumnya tentang Perubahan Sistem Mesin Pencari Google 2012, akhirnya Google resmi meluncurkan algoritma mesin pencari baru dengan nama Google Penguin pada April 2012. Namun sebelumnya menyebut perubahan ini sebagai web spam algorithm dan Google Titanic sebagai kandidat pilihan nama karena kemungkinan situs yang biasanya berada di top 10 bakal tidak selamat.

Lebih khusus update algoritma Google Penguin akan menargetkan: 
  • Skema Link yang dirancang untuk meningkatkan peringkat situs atau halaman tertentu. 
  • Menggunakan kata kunci untuk meningkatkan peringkat halaman tertentu. 
  • Menggunakan duplikat konten dengan tujuan untuk meningkatkan ukuran peringkat situs. 
  • Menggunakan teknik redirects dan cloaking yaitu konten ditujukan kepada pengunjung dan satu lagi untuk mesin pencari. 

Menurut Matt Cutts di googlewebmastercentral.blogspot.com , ”Kami ingin orang yang melakukan optimasi mesin pencari secara white hat (atau bahkan tidak ada optimasi mesin pencari sama sekali) agar bebas dan fokus pada penciptaan situs yang menakjubkan dan menarik . Seperti biasa, kami akan terbuka untuk menerima masukkan agar algoritma tersebut sesuai tujuannya.” 

Algoritma terbaru ini juga ditujukan kepada webmaster yang berusaha membuat situs bukan hanya untuk algoritma mesin pencari melainkan lebih besar untuk pengguna, oleh karena itu usaha mereka patut dihargai. Untuk itu Google telah mengambil langkah untuk menghargai situs berkualitas tinggi melalui perubahan Panda dalam hasil pencarian. 

Untuk kita para blogger, tidak perlu kuatir tentang peng-update-an algoritma ini. Meski kemungkinan Panda tetap diberlakukan serta ditambah dengan Penguin, membuat blog sesuai anjuran Google adalah jalan yang terbaik agar selamat. Berapa korban "titanic" kali ini karena Penguin?


3 komentar:

  1. hmmmm...artikel'a banyak membantu saya nih, yang sedang belajar SEO. Terima kasih mas atas info'a...

    BalasHapus
  2. situs saya ada yang kena algoritma google pinguin. mungkin terlalu dioptimalisasi dan dipaksakan untuk kata kunci tertentu. setelah sempat berada di peringkat 7 halaman 1. langsung anjlog ke nomor 400-an.
    jadi bingung mau optimalisasi lagi, takut tambah parah. :(

    BalasHapus
  3. Thanks mas sudah share. Kebetulan saya memang sedang mencari-cari informasi mengenai SEO untuk memperdalam wawasan :)

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih