You are here:Home » google » JavaScript and CSS Jangan di blokir

JavaScript and CSS Jangan di blokir

logo google
Google webspam, Matt Cutts meminta webmaster menghentikan pemblokiran terhadap Googlebot untuk merayapi JavaScript atau CSS. Pernyataan ini disampaikan Matt Cutts dalam postingan sebuah video pendek yang ia gambarkan sebagai "iklan layanan masyarakat" untuk webmaster, Maret 2012 lalu. 

Cutts biasanya menggunakan video pendek untuk menjawab pertanyaan yang dia diterima. Dia mengakui bahwa banyak webmaster mem-blok Googlebot agar tidak merayapi JavaScript atau CSS dengan menggunakan robots.txt. Matt Cutts mencoba meredakan kekhawatiran tentang masalah Googlebot ketika merayapi situs. 


Seorang yang mem-blok Googleboot berpikir bahwa perayapan akan menghabiskan bandwitdh, namun Cutts berpendapat "Googlebot cukup cerdas dan cepat ketika melakukan perayapan situs." Cutts juga menunjukkan bahwa beberapa webmaster sengaja memblokir Googlebot agar tidak merayapi beberapa JavaScript mereka. Dia mencatat bahwa "banyak orang akan melakukan pemblokiran seperti Flash, JavaScript, CSS dan mereka tidak menyadari bahwa pemblokiran akan menyebabkan googlebot tidak dapat menjelajah situs secara efektif seperti yang kita inginkan."

Jadi untuk mereka yang memiliki keprihatinan tentang kemampuan Googlebot untuk memproses JavaScript dan CSS, Cutts menegaskan bahwa "Google semakin baik dalam pengolahan JavaScript. Ini juga semakin baik untuk melihat CSS dan mencari tahu apa yang penting pada halaman."

Cutts menekankan bahwa menghapus blok di robots.txt akan membantu mesin pencari, pemilik situs, dan Google. "Jadi, jika Anda mem-blok Googlebot, saya akan memberi saran, silahkan mengambil sedikit waktu dan menghapus blokir di robots.txt sehingga Anda membiarkan Googlebot, mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang terjadi dengan situs Anda , mendapatkan ide yang lebih baik dari apa yang terjadi dengan halaman Anda, dan kemudian kita dapat menemukan hasil pencarian yang terbaik, yang lebih tinggi kepada pengguna," ungkap Mat Cutts.

Mat Cutts meminta perubahan perilaku, pemblokiran tidak lagi diperlukan. "Jadi terima kasih jika Anda mengambil kesempatan ini," katanya. "Anda tidak perlu melakukan itu sekarang. Jadi mohon, biarkan Googlebot secara aktif merayapi hal-hal seperti JavaScript dan CSS pada situs Anda. Terima kasih."


Pengguna di Dunia Webmaster telah merespon dengan sejumlah kecurigaan video ini. Sebagai contoh, keprihatinan Realmaverick menyatakan bahwa Google mungkin salah menafsirkan sesuatu dalam JavaScript atau file CSS sebagai skrip jahat, dan bertanya-tanya apakah mesin pencari sudah menghukum situs berdasarkan konten JS mereka. Anggota forum lain, Lucy24, mencatat bahwa konten yang diblokir di robot.txt bukan urusan Google. Kickaxe telah menulis bahwa sepertinya Google tidak dapat melakukan apa pun tanpa memicu beberapa jenis kontroversi.

1 komentar:

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih