You are here:Home » SEO » Membuat Blog Google Friendly

Membuat Blog Google Friendly

Blog Google Friendly
Membuat Blog Google Friendly atau blog yang disenangi Google sebenarnya sangat mudah. Dengan mengikuti petunjuk webmaster google dengan benar, blog sudah dapat bersahabat dengan Google, artinya blog akan mendapat perhatian dan menempatkan pada halaman awal hasil mesin pencari Google. 

Bagi blogger yang belum mengetahui panduan webmaster Google atau sebenarnya sudah mengetahui namun belum melaksanakan, berikut kriteria membuat blog google friendly: 

Beri informasi yang dicari pengunjung blog

Hal terpenting adalah menyediakan konten berkualitas tinggi pada halaman dan terutama blog. Jika halaman atau blog berisi informasi yang berguna dengan tulisan yang jelas dan akurat menjelaskan topik, akan menarik banyak pengunjung serta dapat membuat blogger lain (juga webmaster) membuat link ke situs Anda sebagai sumber referensi. Selain itu, pikirkan juga kemungkinan kata kunci pengguna yang akan ditulis untuk menemukan halaman Anda di mesin pencarian dan memasukkan kata kunci tersebut di halaman/blog. 

Pastikan terdapat link dari situs lain ke blog

Dengan adanya link (tautan) dari situs lain akan membantu crawler (googlebot) menemukan blog Anda dan dapat memberikan visibilitas blog yang lebih besar dalam hasil pencarian Google.Google telah menggunakan sistem pencarian teknik teks canggih yang cocok untuk menampilkan halaman-halaman yang penting dan relevan untuk setiap pencariannya. Perlu diingat bahwa algoritma google dapat membedakan link alami dari link tidak wajar. Link alami menurut Google dibuat sebagai bagian dari sifat dinamis dari blog lain ketika menemukan konten blog Anda berharga dan berpikir akan sangat membantu bagi pengunjung mereka. Sedangkan Link tidak wajar ke situs Anda sengaja dibuat agar terlihat lebih populer untuk mesin pencari. Hanya link alami yang membantu untuk pengindeksan dan peringkat blog Anda. 

Buat blog yang mudah diakses

Buatlah blog Anda dengan struktur navigasi yang jelas dengan link logis. Setiap halaman harus dapat dibuka dan sesuai dengan teks link. Gunakan browser teks, seperti Lynx, untuk memeriksa blog Anda. Googlebot akan melihat situs anda seperti Lynx. Jika fitur seperti JavaScript, cookies, ID sesi, frame , DHTML, atau Macromedia Flash diblokir agar mesin pencari untuk tidak melihat seluruh blog Anda dalam browser teks, maka googlebot mungkin mengalami kesulitan merayapi blog. JavaScript and CSS Jangan di blokir

Hal yang harus dihindari

Jangan mengisi halaman Anda dengan sejumlah kata kunci, yang hanya disiapkan untuk googlebot (mesin pencari). Jika blog Anda berisi halaman, link atau teks tetapi tidak pengunjung berniat untuk melihat, Google menganggap link dan halaman tersebut menipu dan mungkin mengabaikan blog Anda. 

Mesin penjelajah google tidak mengenali teks yang terdapat dalam grafik. Sebaiknya jangan gunakan gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link. Gunakan atribut ALT jika konten dan kata kunci utama pada halaman Anda tidak bisa diformat dalam HTML biasa. 

Tidak ada keharusan menggunakan jasa SEO. Beberapa perusahaan jasa SEO mengklaim dapat "menjamin" peringkat tinggi untuk blog Anda dalam hasil pencarian Google. Ada konsultan SEO yang memang dapat meningkatkan trafik blog Anda dengan cara yang sah, namun yang lain menggunakan taktik menipu dalam upaya untuk mengelabui mesin pencari. Hati-hati, jika domain Anda berafiliasi dengan salah satu layanan penipuan, bisa dicekal dari indeks google. 

Sekali lagi, panduan di atas merupakan panduan webmaster google agar blog bersahabat dengan google. Sebenarnya banyak artikel atau blog lain mungkin telah membahasnya, namun apa salahnya jika saya menulisnya kembali terutama untuk diri saya sendiri ketika belajar membuat blog google friendly.


2 komentar:

  1. makasih gan atas pemberitahuannya..ternyata menyewa jasa seo juga bisa berbahaya juga yakh...

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih