You are here:Home » blogging » Mencegah Komentar Spam

Mencegah Komentar Spam

komentar spam
Membuat sebuah komentar di blog pada dasarnya untuk membangun komunitas dengan pembaca. Sayangnya, komentar seringkali disalahgunakan oleh para spammer (arti spammer sebenarnya: seseorang yang mengirimkan email yang tidak diinginkan dalam jumlah besar). 

Banyak spammer mengunakan skrip atau software untuk membuat dan menempatkan komentar spam. Jika pernah menerima komentar seperti iklan atau komentar terdapat link ke situs yang tidak memiliki hubungan, maupun komentar (terutama berbahasa asing) yang tidak ada kaitan dengan artikel, berarti Anda sedang menerima komentar spam. Ada beberapa ide untuk mencegah komentar spam di blog Anda.

Kerugian akibat komentar spam


Komentar spam bisa memberikan kesan tidak baik tentang blog. Komentar spam terihat tidak singkron dengan topik artikel. Terkadang, spammer bisa menyelipkan link berbahaya yang mengandung virus atau malware. Jika ini terjadi, orang yang meng-klik link tersebut akan menimbulkan kerugian akibat virus atau malware tersebut. Pernah blog saya mendapat komentar dengan berisi sebuah link, yang ketika saya coba klik, internet antivirus langsung memblokir dengan identifikasi adanya trojan berbahaya. Selain itu blog bisa ditandai oleh google sebagai blog berbahaya dan akan muncul peringatan di hasil pencarian. 

Pikir kembali untuk mengaktifkan komentar, jika fasilitas ini tidak menambahkan banyak nilai pada pengunjung blog Anda, atau jika Anda tidak punya banyak waktu untuk memonitor komentar secara teratur. Lebih baik meniadakan fasilitas komentar, sebagian besar platform blog, mempunyai fitur untuk mematikan fasilitas ini. Namun jika Anda tetap menginginkan kolom komentar ada di blog, ada beberapa ide untuk mencegah komentar spam di blog Anda. 

Gunakan fasilitas anti spam


Fasilitas ini untuk membuktikan bahwa yang memberikan komentar benar-benar manusia, bukan mesin spam, seperti captcha yang meminta untuk mengetikkan huruf atau angka yang terlihat dalam gambar tersebut. Proses ini mungkin dapat mengurangi pengunjung blog untuk berkomentar, namun ini akan meningkatkan kualitas komentar. 

Moderasi komentar


Dengan mengaktifkan moderasi, komentar tidak akan muncul sebelum admin menyetujui komentar tersebut, apakah layak untuk diterbitkan. Namun proses ini mengharuskan Anda menggunakan waktu lebih banyak untuk memonitor komentar di blog. Kadang sebuah komentar mengharapkan balasan secepatnya. 

Mencegah link aktif dalam komentar


Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang kode-kode html, php,dsb. Anda bisa mengubah konfigurasi untuk menghapus tag HTML untuk link di dalam komentar atau bukutamu Anda. Spammer akan tetap bisa meninggalkan komentar dengan link, tetapi tidak dapat membuat link yang aktif.

7 komentar:

  1. Solusinya gimana nih gan...nyimak nihhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aktifkan moderasi cara paling aman, ditampilkan atau nggak!

      Hapus
  2. Infonya bgus sob, kalau menampilkan alamat blog / web apa juga trmsuk spam sob ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sebagai identitas, sepertinya tidak. Logikanya hampir semua platform blog ada fasiltas url website termasuk blog google ini. Kalau link berada di kolom komentar sebagaian anti spam menganggap spam. Untuk amannya memang memakai rel=Nofollow

      Hapus
  3. Kunjungan mlm ,
    mantap info'y master, ane newbie yg blm tau apa2.
    Salam hangat sukses selalu.
    LANJUTKAN . . . !

    BalasHapus
  4. mantap nih mas info nya..jalan satu2 buat blogspot ane yaitu moderasi manual nih gan..trims info nya n salam.

    BalasHapus
  5. Menggunakan fasilitas moderasi memang cukup efektif, namun kadangkala hal ini akan 'sedikit' mengecewakan pengunjung yang menginginkan jawaban secepatnya, seperti yang agan katakan.

    kalau blog saya menggunakan script untuk menghapus link aktif secara otomatis..

    Say No To Spam....

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih