You are here:Home » SEO » Agar SERP stabil di Mesin Pencari Google

Agar SERP stabil di Mesin Pencari Google

mesin pencari google
Ada pertanyaan yang cukup bagus tentang seo yang ditujukan kepada saya, “Bagaimana agar SERPs Google stabil, paling tidak nggak terpental jauh? Soalnya artikel saya hari ini berada di halaman pertama, besoknya langsung berada di halaman 10”.

Sebenarnya kalau saya menjawab secara pasti, malah akan membuat salah, kenapa? Saya tidak yakin akan jawaban saya karena rahasia mesin pencari Google tersimpan rapat. Saya hanya bisa memberikan kemungkinan jawaban berdasarkan beberapa pengalaman saya dan membaca kebenaran beberapa teori SEO.


Berikut mungkin dapat sedikit sebagai gambaran kenapa hasil pencarian Google terhadap satu blog/artikel bisa berubah-ubah: 

Yang perlu diperhatikan adalah umur blog. Blog yang baru dibuat jelas akan sulit langsung berada di halaman awal Google dengan kata kunci umum. Mungkin butuh beberapa jam atau hari blog kita terindeks Google. Misalkan saja sehari telah terindeks dengan mencoba mengetikkan kata kunci url blog di Google, pastilah berada pada posisi pertama. Namun untuk artikel, jangan berharap banyak akan berada pada halaman awal.

Katakan saja, Anda telah mengikuti aturan Google dengan benar dalam mengelola blog beserta kontennya. Meski beberapa artikel bisa berada di halaman awal Google, namun blog baru berumur beberapa bulan biasanya rentan terdepak jauh. Ini biasanya sengaja dilakukan Google untuk mengetes blog Anda. Untuk beberapa waktu ke depan bisa kembali stabil atau paling tidak bergeser satu atu dua halaman.

Membangun backlink berlebihan. Kadang kita terburu nafsu ingin secepatnya agar blog populer di mata google dengan menanam backlink yang banyak. Justru ini menjadi bumerang, apalagi untuk blog baru namun telah memiliki backlink yang banyak. Google jelas akan curiga. Lebih baik Anda lakukan ketika menanam backlink, tanamlah secara pelan-pelan agar nampak natural. Dalam artian jangan melakukan backlink dalam banyak jumlah sekaligus dalam satu waktu, jangan mencari backlink jauh melebihi jumlah pengunjung blog per harinya. Hal ini berlaku juga pada blog dengan usia lama namun optimasi off-page dengan backlink berlebihan akan berakibat juga bisa terdepak jauh.

Kalau blog Anda menggunakan layanan web hosting (berbayar) pilih yang server-nya stabil atau mempunyai uptime 99,9%. Kadang spider Google (google bot) datangnya tidak pasti, kalau waktu spider Google datang dan blog dalam keadaan downtime, tentunya google akan “kecewa berat”. Selain itu jangan terlalu sering mengubah tampilan blog (tema).

1 komentar:

  1. Loading dari suatu blog pengaruh terhadap serp ga kang?

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih