You are here:Home » tips dan trik blogging » Bila koneksi Internet Lambat

Bila koneksi Internet Lambat

koneksi internet lambat marah
Koneksi internet lambat bisa terjadi kapan saja oleh karena sesuatu. Yang biasanya cepat tiba-tiba berubah lemot atau koneksi memang lambat karena keterbatasan jaringan. Dari pada membuang waktu untuk menunggu atau berjam-jam mencoba mempercepat koneksi lagi atau berpikir negatif terus, lebih baik dimanfaatkan dengan kegiatan positif lainnya. 

Melakukan kegiatan positif sambil menunggu terbukanya halaman karena lambatnya koneksi, bisa seperti:

Membuat tulisan. 

Ketika terjadi koneksi internet lambat atau bahkan tidak ada sama sekali, hasil tulisan biasanya orisinal pemikiran kita, karena tidak melihat tulisan atau ide orang lain yang ada di internet. Apalagi yang masih proses tahap belajar menulis, sebentar-sebentar melihat tulisan di internet, parahnya ketika kehabisan kata-kata langsung copas saja.  

Cara terbaik membuat tulisan adalah melalui pengolah kata (offline) dibandingkan langsung online di blog.   Membuat tulisan di pengolah kata seperti word office, kita dapat menulis dengan tanpa kuatir koneksi tiba-tiba putus serta kemudian menyimpan di harddisk komputer dan mempublikasikan setelah koneksi internet normal. Ketika koneksi internet lambat, kita juga bisa membuka dan membaca arsip yang telah kita terbitkan, kemungkinan ada ide untuk dikembangkan lagi. 

Membuat file pendukung 

Kadang artikel agar lebih menarik, dapat diberi gambar-gambar pendukung. Buka saja pengolah gambar favorit dan buat atau edit gambar, kemudian simpan agar nantinya bila membutuhkan bisa langsung meng-upload tanpa harus membuatnya lagi. Atau kita bisa membuat ebook dengan software PDF creator dan membagikan kepada pengunjung blog kita. Kalau perlu kita bisa mengedit video atau lagu, selagi menunggu koneksi internet normal. 

Memang ketika terjadi koneksi internet lambat membuat frustrasi, jengkel, marah, dsb. Akan tetapi, kita tidak boleh terperangkap dalam keputusasaan. Kita bisa melakukan hal-hal yang bermanfaat dan lebih berproduktif dengan waktu menunggu yang tidak pasti, kapan koneksi normal kembali. Bagaimana dengan Anda bila koneksi internet lambat ?