You are here:Home » Internet » Dedicated IP Maksimalkan Website

Dedicated IP Maksimalkan Website


dedicated IP
Dedicated IP adalah sebuah Internet Protocol yang digunakan oleh satu akun hosting saja. Biasanya beberapa akun hosting yang berada dalam server yang sama akan menggunakan IP yang sama pula secara bersama-sama (Shared IP). Namun bisa saja sebuah akun hosting diberi IP khusus tersendiri.

Dedicated IP bisa menjadi pilihan untuk menjadikan identitas website lebih privat, penggunaan dedicated IP juga memaksimalkan search engine result page dan dari sisi harga, memasang dedicated IP jauh lebih murah daripada dedicated server maupun menyewa VPS kelebihan kelebihan-kelebihan lain selain yang terdapat di account shared hosting.

Selain itu konsep shared hosting dan shared IP adalah berbagi yakni berbagi resource dan berbagi IP (shared IP) dengan website-website lain. Kelemahannya adalah apabila terjadi masalah yang muncul dari salah satu user, bisa yang menghambat pengguna lain dengan IP yang sama Berbagai solusi telah diterapkan untuk menanggulangi masalah yang muncul akibat konsep berbagi resource, misalnya dengan Resource Limit pada Hosting Indonesia. Solusi dari problem ini adalah memasang Dedicated IP. Yaitu sebuah IP yang dikhususkan untuk hosting anda.

Beberapa tujuan menggunakan dedicated IP di antaranya:

1. Keamanan halaman bisa ditingkatkan dengan menambahkan sertifikat SSL membutuh IP dedicated.

2. Nama domain secara khusus didelegasikan ke satu alamat IP. Sehingga website bisa dibuka dengan alamat IP angka mis: 10100.1.20. (bukan nama domain).Apabila website diblokir dari sisi domain, user tetap bisa mengakses alamat IP.

3. Tim developer bisa langsung upload file tanpa harus menunggu nama domain resolve dulu setelah pemindahan server.

4. Jika dalam satu kasus, nama domain terblokir, Googlebot akan masuk melalui alamat IP untuk melakukan listing terhadap website. IP tersebut menyelamatkan website dari penalti Google.

5. Apabila salah satu user melakukan attack/abuse/spam, maka Yahoo / gMail akan memberlakukan blacklist terhadap IP user. Akibatnya user lain yang menggunakan IP tersebut kena banned juga. Dengan IP dedicated, website bisa terhindar dari kemungkinan tersebut.

6. Dedicated IP sebagai salah satu faktor yang menentukan SERP (Search Engine Result Page). Salah satu pendapat menyebutkan website dengan IP dedicated lebih baik dari sisi SEO sebab kualitas backlink yang lebih baik. 

1 komentar:

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih