You are here:Home » blogspot » Menambah Subdomain Mengarah ke Blogspot

Menambah Subdomain Mengarah ke Blogspot

Menambah Subdomain mengarah ke Blogspot ini khusus untuk blogger yang menggunakan nama domain sendiri, jadi bukan nama subdomain yang diberikan oleh blogger.com, seperti namadomain.blogspot.com.

Subdomain kadang diperlukan terutama untuk situs yang bersifat statis (pasif) karena jarang diupdate seperti situs perusahaan (bisnis) atau toko online, meski sekarang sudah banyak terlihat dinamis. Namun jika situs bertambah banyak artikel atau konten dan pengunjung, tentunya server akan semakin berat dan space disk juga akan berkurang, mau-tidak mau kita harus mengupgrade hosting.

Kita bisa menyiasati dengan menggunakan blogspot yang notabene gratis dengan nama subdomain situs utama. Misalkan nama situs lenterakecil.com, kita bisa buat situs baru dengan nama blog.lenterakecil.com atau pendidikan.lenterakecil.com atau terserah anda. Dan biasanya subdomain tidak terbatas. Hanya saja jika membeli domain, cari penyedia domain yang ada free DNS nya. Kita bisa membuat atau menambah subdomain yang diinginkan dengan mesin blog blogger, meski domain utama berplatform Wordpress, Joomla atau yang lainnya.

Menambah Subdomain Mengarah ke Blogspot


Untuk lebih mudahnya, berikut sedikit gambaran cara menambah Subdomain mengarah ke Blogspot, dengan contoh domain lenterakecil.com:

1. Login ke kontrol panel domain anda, Ingat! Cara ini bukan dari Cpanel atau SPanel. Kalau kurang jelas tanyakan ke penyedia hosting Anda (Kadang kontrol panel domain menggunakan nama domain lain). 

2. Berhubung tampilan kontrol panel domain dapat berbeda antara satu hosting dengan lain, cari menu Manage Record atau menu Domains, lalu klik sampai terbuka halaman seperti gambar di bawah ini. Kemudian kemudian klik tab menu CNAME Records, kemudian klik tombol Add CNAME Record. 

Subdomain Mengarah ke Blogspot
3. Billa halaman Add CNAME Record telah tampil, Isi Host Name dengan nama subdomain yang diinginkan, misalnya blog. Kemudian isi Value dengan record google yaitu ghs.google.com (untuk TTL biarkan saja). Bila telah selesai klik tombol Add Record. 

Menambah Subdomain Mengarah ke Blogspot
4. Apabila tidak ada masalah akan muncul hasil seperti gambar di bawah ini. 

Subdomain Mengarah ke Blogspot

Untuk setting CNAME pada domain telah dibuat, berarti kita sudah mempunyai subdomain yang siap mengarah ke blogger (blogspot).

Proses menambah Subdomain mengarah ke Blogspot telah selesai, namun biasanya memerlukan waktu agar blog anda dapat diakses menggunakan nama subdomain yang baru. Proses ini bisa 1 jam selesai atau paling lama 2x24 jam. 

Selanjutnya tinggal setting custom domain pada blog anda yang ada di blogger.

3 komentar:

  1. sip http://dotour.blogspot.com

    BalasHapus
  2. makasih infonya mas, saya hanya tau bikin subdomain di wp saja ternyata di blogspot bisa juga..

    BalasHapus
  3. kebetulan lagi sedang membuat 20 subdomain yang bisa direct ke blogspot. makasih ya gan

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih