You are here:Home » Internet » Spyware atau Program mata-mata

Spyware atau Program mata-mata


Spyware atau Program mata-mata adalah jenis malware yang merupakan piranti lunak berbahaya yang mengumpulkan informasi melalui koneksi internet tanpa sepengetahuan yang korban. Spyware dapat dikatakan sebagai virus komputer namun tidak semuanya berbahaya atau merusak sistem komputer.

Spyware biasanya menyusup ke komputer korban melalui program yang di-download dari Internet, biasanya disisipkan pada program free atau crack. Bila telah terinstal performa komputer yang ditempeli spyware  akan menghabiskan sumber daya memori komputer dan bandwidth untuk mentransfer data di komputer korban kepada pelaku melalui koneksi internet. Itu sebabnya komputer maupun jaringan komputer yang telah terinfeksi spyware sering mengalami ketidakstabilan ketika beroperasi.

Spyware pertama kali kenal oleh pengguna internet (terutama di USA) pada 1999, Saat itu “Elf Bowling” sebuah permainan gratis cukup populer dan banyak yang mengunduh. Ternyata “Elf Bowling” terdapat piranti lunak (malware) yang disisipkan di dalamnya untuk memonitor dan mengumpulkan informasi tentang aktivitas pengguna game tersebut ke pengembangnya, tanpa sepengetahuan korban. Kemudian kegiatan ini dikenal sebagai spyware atau program mata-mata.

Spyware atau Program mata-mata


Spyware atau Program mata-mata
Awalnya spyware digunakan untuk tujuan beriklan dengan cara setengah memaksa (adware), namun kini beberapa spyware digunakan untuk mengumpulkan informasi pribadi dan sensitif pengguna komputer seperti email, kata sandi, bahkan nomor kartu kredit. Mengingat spyware adalah sebuah aplikasi bisa berjalan sendiri, maka jika komputer terhubung dengan jaringan koneksi internet dapat dapat memiliki kemampuan untuk: 
  • Memonitor semua yang diketikkan di keyboard.
  • Membaca file-file yang ada dalam hard disk
  • Melakukan pengintalan program lain
  • Mengubah pengaturan/setting komputer
  • Membaca cookie, informasi dari aplikasi lain
  • Serta masih banyak kemungkinan lain yang dapat diperbuat oleh  Spyware atau Program mata-mata.


Bila komputer atau sistem jaringan yang Anda pakai jika terkoneksi internet mengalami hal-hal yang mencurigakan, seperti hard disk bekerja keras, koneksi internet lambat, mouse bergerak sendiri, cd-room membuka sendiri, dan lain sebagainya, bisa jadi spyware telah menyusup.

Ada sejumlah software yang bisa Anda gunakan dan dapatkan di internet. Sebagian anti virus sudah ada fasilitas anti spyware. Namun ada juga software yang khusus diprogram untuk membasmi spyware baik yang free atau berbayar. Sebaiknya memakai program dengan pengembang yang punya kredibilitas tinggi seperti pengembang anti virus dsb. Siapa tahu perangkat anti spyware yang di download juga disusupi Spyware atau Program mata-mata.

2 komentar:

  1. mantap kang infonya, ditunggu info berikutnya..ty

    BalasHapus
  2. masih banyak penyusup yg srng nghackng..
    Keren mang..
    Dtunggu info sljtnya..

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih