You are here:Home » tips dan trik blogging » Belajar SEO Lewat ATM

Belajar SEO Lewat ATM

Belajar SEO lewat ATM yaitu dengan mengamati, meniru dan memodifikasi. Ingatlah petuah yang baik ini “Belajarlah dari yang terbaik untuk memperoleh hasil paling baik.”

Teknik belajar SEO ATM awalnya banyak digunakan oleh para master SEO atau praktisi jasa SEO untuk mengetahui kekuatan artikel atau blog di halaman awal sebuah mesin pencari. Terlebih untuk peserta kontes SEO untuk melihat strategi apa yang digunakan kontestan lain.

Banyak teori dan teknik SEO yang bermunculan, meski kita sebenarnya tidak mengetahui secara pasti tentang algoritma mesin pencari untuk menentukan SERP. Hanya rambu-rambu yang dijelaskan bagaimana agar dapat menduduki peringkat awal. Bahkan Google sendiri mempersilahkan memakai jasa SEO namun tidak menjamin pada posisi strategis di hasil mesin pencarinya.

Teknik Belajar SEO ATM

Langkah sederhana belajar SEO untuk pemula bahkan untuk senior pun adalah menggunakan teknik ini: ATM yaitu dengan mengamati, meniru dan memodifikasi. Ingatlah petuah yang baik ini “Belajarlah dari yang terbaik untuk memperoleh hasil paling baik.”

Belajar SEO tidak harus membaca teori-teori SEO ataupun mengikuti kursus SEO serta melaksanakan semuanya. Ingat! SEO terus berkembang mengikuti algoritma mesin pencari. Cara praktis adalah Amati Tiru Modifikasi teknik SEO yang telah dipakai oleh pesaing kita.


Langkah Belajar SEO ATM

Coba search dengan kata kunci, misalkan: “belajar seo” di Google, Yahoo, Bing atau yang lainnya. Perhatikan hasilnya dan buka artikel atau blog yang berada pada posisi pertama.

Amati

Perhatikan hal berikut:

Berapa lama usia situs tersebut?
Bagaimana tampilan situs serta kecepatan loadingnya?
Berapa Nilai PageRank yang diberikan oleh Google?
Kapan artikel tersebut diterbitkan?
Judul dan deskripsi, apakah ada keyword yang kita tuliskan?
Dalam artikel, adakah kalimat atau phrase yang mengandung keyword dengan penulisan memakai huruf tebal, garis bawah, huruf miring?
Apakah h1, h2,h3 digunakan dalam artikel? Untuk mengetahuinya, gunakan lihat sumber laman (klik kanan)
Adakah link internal yang mengarah ke situs sendiri atau link eksternal yang mengarah ke situs lain?
Adakah hal yang aneh atau luar biasa menurut Anda?

Tiru

Setelah mengamati tampilan dan artikel situs tersebut, kita dapat meniru artikel tersebut, dalam arti bukan tulisannya (copas) melainkan cara meng-SEO-kan halaman tersebut dengan penggunaan keyword, tag, gaya huruf, pemberian link, dll.

Modifikasi

Perlu diketahui, hasil SERP bisa saja berubah setiap saat, situs lama dengan PR tinggi bisa saja tidak selamanya bertengger di puncak, sewaktu-waktu bisa diganti dengan situs lain (google dance). Nah di sinilah tugas kita untuk memodifikasi artikel kita dengan meniru artikel yang ada. Meskipun topik sama, cobalah membuat link eksternal yang berbeda (kalau link internal pastilah berbeda), kalau perlu modifikasi atau merubah tema (template) situs.

Gunakan tool SEO online untuk mengetahui kepadatan kata kunci, backlink, PR dan sebagainya, pada situs yang kita ambil contoh tadi.

Dengan belajar SEO lewat ATM setidaknya kita sedikit tahu, mengapa artikel blog tersebut berada pada posisi awal? Meski kita telah melakukan hal yang sama, namun tidak ada jaminan hasil bisa sama, masih banyak faktor lain yang mempengaruhinya termasuk keberuntungan.

5 komentar:

  1. Bang Andre sebelumnya salam kenal dulu nih dan semoga saj kita bisa makin akrab,terus terang bang aku salut sama blog abang dan setelah membaca beberapa artikel dari abang aku jadi lebih banyak tahu terima kasih atas sharenya ya bang..salam penuh PERSAUDARAAN dari aku bang.

    BalasHapus
  2. @Icahbanjarmasin
    Salam kenal juga, silahkan gabung di komunitasseo.com jika berkenan. Sy ada disana...

    BalasHapus
  3. terimakasi atas info dan cara penyampaian yg sedemikian lengkap dan menarik

    BalasHapus
  4. widih keren gan artikelnya..., langsung praktek :-)

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih