You are here:Home » SEO » Disavow links tools untuk menolak backlink

Disavow links tools untuk menolak backlink

Google telah memperkenalkan sebuah tools Disavow links yang memungkinkan Anda untuk menolak link ke situs Anda.

Disavow links tools untuk menolak backlink  

Jika Anda menemukan "link tidak wajar" atau mendapat backlink dari situs bermasalah atau juga situs yang tidak disukai Google, alat ini dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Bisa juga, tools ini untuk menghapus backlink dari situs lain yang berkualitas rendah yang sudah terlanjur ditanam.

Mencari backlink berkualitas adalah salah satu yang sinyal paling terkenal untuk digunakan agar dapat berada pada posisi terbaik dalam hasil pencarian search engine. Backlink adalah dasar dari PageRank, yang merupakan salah satu dari lebih 200 sinyal Google yang diandalkan untuk menentukan peringkat. PageRank begitu penting sehingga menjadi target untuk spammer. Algoritma terbaru Google pinguin mencoba memberantas dan melawan linkspam terus-menerus dengan algoritma-nya maupun dengan mengambil tindakan manual

Jika situs Anda terjebak atau memiliki linkspam dan Google webmaster tools akan mengirim pesan tentang "link tidak wajar" yang menunjuk ke situs Anda. Pesan Link tidak wajar yang dikirim Google berdasarkan bukti adanya link berbayar, pertukaran link, atau skema link yang melanggar pedoman kualitas Google.

Apabila mendapatkan pesan di atas, disarankan untuk menghapus link tersebut dari situs Anda. Ini adalah cara yang terbaik karena merupakan akar masalah. Dengan menghapus link buruk secara langsung, Anda membantu mencegah Google (dan mesin pencari lainnya) mengambil tindakan di masa depan. Anda juga membantu untuk melindungi citra situs Anda, karena orang tidak akan lagi menemukan link spam yang menunjuk ke situs Anda.

Disavow links tools untuk menolak backlink 
 
Jika Anda tidak bisa untuk menghapus link bermasalah tersebut atau terlalu banyak link yang dihapus, Google telah menyediakan tools gratis disavow links. Kunjungi tools: Disavow link.

Formatnya adalah sederhana. Yang Anda butuhkan adalah sebuah file teks biasa dengan satu URL per baris. Sebuah kutipan dari sebuah file yang valid mungkin terlihat seperti berikut:

# Contacted owner of spamdomain1.com on 7/1/2012 to
# ask for link removal but got no response
domain:spamdomain1.com
# Owner of spamdomain2.com removed most links, but missed these
http://www.spamdomain2.com/contentA.html
http://www.spamdomain2.com/contentB.html
http://www.spamdomain2.com/contentC.html

Dalam contoh ini, baris yang diawali dengan tanda pagar (#) dianggap komentar dan diabaikan Google.

Salah satu cara yang tepat untuk melihat dan mencari link buruk adalah lewat Google Webmaster Tools, di fitur "Tautan ke Situs Anda".
Dari homepage, pilih situs yang Anda inginkan, arahkan ke Lalu Lintas> Tautan ke Situs Anda> Siapa yang menghubungkan> paling Lebih, kemudian klik salah satu tombol download. File ini berisi daftar halaman yang link ke situs Anda. Jika Anda mengklik "Download link terbaru," Anda akan melihat tanggal juga. Ini bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai penyelidikan Anda, tapi pastikan Anda tidak meng-upload seluruh daftar link hanya link spam atau link terburuk - Anda tidak ingin menolak semua link Anda, buka? :)

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang fitur disavow links, check out Google Pusat Bantuan, atau berkomentar dan bertanya di forum webmaster .

5 komentar:

  1. tools yang sangat dibutuhkan nih kang, mantap n perlu dipraktekkan. oiya kang btw forum sbelah kok gak bsa d akses.

    BalasHapus
  2. @andrea suyoko
    Sedang maintenance, coba pakai VPS dan ada problem setting.

    BalasHapus
  3. Pait kang nyangkut terus blog ane... Coba nyengget susah bener external linknya mungkin masalah.... Tanks pencerahannya

    BalasHapus
  4. Ada salah satu web saya yang punya backlink jelek tetapi di google webmaster ga keluar. saya bisa tahu setelah saya lihat melalui plugin counterize wodpress. apakah cara menghilangkannya sama?

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih