Bagaimana Kontes Semi SEO

kontes semi seo
Saya pernah membahas masalah kontes semi SEO karena pernah ditanya oleh seorang peserta kontes, bagaimana cara mendapat posisi 50 besar? (waktu itu salah satu kriteria pemenang adalah artikel akan dinilai berdasarkan 50 besar). Setelah saya lihat blognya, jangankan ber-Page Rank, Alexa saja masih No data, sedangkan usia blog sudah setahun. Melalui SERP tools, saya coba mencari posisinya sampai hasil 1000 pencarian, tidak ditemukan. Padahal menurut saya artikelnya menarik dan sesuai pengalaman pribadinya yang disabilitas fisik (lumpuh). 
Baca selengkapnya

Fakta Tentang Blogging dan Blogger

Fakta tentang Blogging dan Blogger ini berdasarkan penelitian sejumlah sumber oleh Invesp pada akhir 2011. Meskipun bukan data terkini (belum ada yang baru), fakta ini dapat dijadikan gambaran atau referansi keadaan dunia Blogosphere

Sesuai data dari Blogpulse dan Technorati, pada Juli 2011, sekitar 164 juta blog ada di ruang Internet dan jumlah ini terus meningkat dari hari ke hari. Berbagai macam alasan orang membuat blog, dari yang hanya sekedar sharing pikiran sampai untuk mendapatkan uang. Blogging juga hanya sekedar iseng sampai menggunakan waktu sehari penuh.

Invesp melalui Infographic telah berbagi secara mendalam rincian tentang dunia Blogging yang menjelaskan beberapa fakta tentang Blogging dan blogger, dengan hasil: 
  • 49% dari Blogger berasal dari Amerika Serikat, diikuti oleh 29% dari Eropa dan kemudian 12% dari Asia Pasifik. 
  • 64% dari Blogger adalah hobbyists. Hanya 21% blogger full time. 
  • 30% dari blogger adalah kelompok usia 25-34 tahun diikuti oleh 27% dari kelompok usia 35-44 tahun. 
  • 15% dari blogger AS berasal dari California. 
  • 28% dari blogger melakukan blogging selama 4-6 tahun, diikuti 21% blogging lebih dari 6 tahun. 
  • 11% dari blogger mendapatkan penghasilan utama mereka dari blogging. 
  • 32% dari blogger menghabiskan blogging kurang dari 1 jam/minggu, diikuti oleh 28% yang menghabiskan 1-3 jam/minggu dalam blogging. 
  • 55% dari blogger meng-update blog mereka 4-12 kali/bulan 
  • 40% dari blogger yang menggunakan platform blog WordPress. 
  • 66% dari blogger menggunakan blog sebagai kepuasan pribadi untuk mengukur keberhasilan mereka. 
  • 25% dari blogger menggunakan perangkat mobile untuk blogging. 
  • 40% blog menggunakan Tampilan iklan sebagai sumber utama untuk menghasilkan pendapatan. 
  • Sekitar setengah, 48% dari blog menerima kurang dari 1.000 pengunjung unik per bulan. 

Berikut hasil infographic.

Infografik blogging dan blogger
Sumber: Invesp

Baca selengkapnya

Google Penguin Algoritma 2012

google penguin
Google Penguin algoritma mesin pencari Google untuk menggantikan Goole Panda di 2012. Sekarang Google Penguin dipakai untuk mengubah peringkat pencarian di seluruh situs. Update algoritma ini digulirkan April 2012 dengan tujuan utama adalah untuk membuat Google dapat mengenali serta menghukum situs yang memiliki banyak spam efektif. 

Pada artikel sebelumnya tentang Perubahan Sistem Mesin Pencari Google 2012, akhirnya Google resmi meluncurkan algoritma mesin pencari baru dengan nama Google Penguin pada April 2012. Namun sebelumnya menyebut perubahan ini sebagai web spam algorithm dan Google Titanic sebagai kandidat pilihan nama karena kemungkinan situs yang biasanya berada di top 10 bakal tidak selamat.
Baca selengkapnya

Mencegah Komentar Spam

komentar spam
Membuat sebuah komentar di blog pada dasarnya untuk membangun komunitas dengan pembaca. Sayangnya, komentar seringkali disalahgunakan oleh para spammer (arti spammer sebenarnya: seseorang yang mengirimkan email yang tidak diinginkan dalam jumlah besar). 

Banyak spammer mengunakan skrip atau software untuk membuat dan menempatkan komentar spam. Jika pernah menerima komentar seperti iklan atau komentar terdapat link ke situs yang tidak memiliki hubungan, maupun komentar (terutama berbahasa asing) yang tidak ada kaitan dengan artikel, berarti Anda sedang menerima komentar spam. Ada beberapa ide untuk mencegah komentar spam di blog Anda.

Kerugian akibat komentar spam


Komentar spam bisa memberikan kesan tidak baik tentang blog. Komentar spam terihat tidak singkron dengan topik artikel. Terkadang, spammer bisa menyelipkan link berbahaya yang mengandung virus atau malware. Jika ini terjadi, orang yang meng-klik link tersebut akan menimbulkan kerugian akibat virus atau malware tersebut. Pernah blog saya mendapat komentar dengan berisi sebuah link, yang ketika saya coba klik, internet antivirus langsung memblokir dengan identifikasi adanya trojan berbahaya. Selain itu blog bisa ditandai oleh google sebagai blog berbahaya dan akan muncul peringatan di hasil pencarian. 

Pikir kembali untuk mengaktifkan komentar, jika fasilitas ini tidak menambahkan banyak nilai pada pengunjung blog Anda, atau jika Anda tidak punya banyak waktu untuk memonitor komentar secara teratur. Lebih baik meniadakan fasilitas komentar, sebagian besar platform blog, mempunyai fitur untuk mematikan fasilitas ini. Namun jika Anda tetap menginginkan kolom komentar ada di blog, ada beberapa ide untuk mencegah komentar spam di blog Anda. 

Gunakan fasilitas anti spam


Fasilitas ini untuk membuktikan bahwa yang memberikan komentar benar-benar manusia, bukan mesin spam, seperti captcha yang meminta untuk mengetikkan huruf atau angka yang terlihat dalam gambar tersebut. Proses ini mungkin dapat mengurangi pengunjung blog untuk berkomentar, namun ini akan meningkatkan kualitas komentar. 

Moderasi komentar


Dengan mengaktifkan moderasi, komentar tidak akan muncul sebelum admin menyetujui komentar tersebut, apakah layak untuk diterbitkan. Namun proses ini mengharuskan Anda menggunakan waktu lebih banyak untuk memonitor komentar di blog. Kadang sebuah komentar mengharapkan balasan secepatnya. 

Mencegah link aktif dalam komentar


Jika Anda memiliki sedikit pengetahuan tentang kode-kode html, php,dsb. Anda bisa mengubah konfigurasi untuk menghapus tag HTML untuk link di dalam komentar atau bukutamu Anda. Spammer akan tetap bisa meninggalkan komentar dengan link, tetapi tidak dapat membuat link yang aktif.

Baca selengkapnya

Hasil Riset Search Engine

Forrester Research , Inc sebuah perusahaan riset dunia yang didirikan pada 1983 oleh George F. Colony dan berkantor pusat di Cambridge, Massachusetts, USA. Serta memiliki karyawan 1.208 (per 31 Desember 2011) mengeluarkan FAKTA tentang search engine yang sangat perlu untuk Anda pahami yaitu:

93% orang menggunakan search engine untuk mencari informasi.
Baca selengkapnya

Blog Dummy di Sisi Lain

blog dummy
Blog dummy banyak memberi keuntungan bagi blog utama, terutama dari segi SEO. Namun perlu diingat, blog dummy jangan hanya sekedar dibuat ala kadarnya, selain membuang waktu dan tenaga, bisa-bisa blog utama menjadi korban karena blog dummy. 

Seperti yang saya tulis sebelummya yaitu membuat blog dummy dengan tujuan membantu memperkuat posisi blog utama di hasil search engine, terutama google. Banyak keraguan dari beberapa blogger atas keberadaan blog dummy, amankah? 

Kita analisa saja, agar blog lebih kuat di mata google, memerlukan pengakuan “eksistensi” blog tersebut oleh blog lain. Pengakuan tersebut bisa dengan jalan memberikan sebuah link. Hanya saja google melihat link tersebut berasal dari mana dan berapa nilainya? Kita bisa meminta kepada pemilik blog lain untuk memberikan link kepada kita, namun jangan berharap banyak. Jika pemilik blog tersebut teman, saudara kita mungkin bisa kita dapatkan. Tetapi untuk beberapa blog kelas atas sudah memasang tarif atas penempatan link blog. 

Bagaimana dengan tukar-menukar link? Meskipun ini gratis dan bisa diterima, namun apakah kita percaya atau yakin terhadap pengelola blog-nya? Apakah yang terjadi bila blog tersebut melakukan pelanggaran atau kena pinalti google? Selain itu, bila blog kita kelola dengan baik dan akhirnya mendapat PR sedangkan blog yang kita ajak tukar-menukar blog asal-asalan, bukannya dapat keuntungan malah sebaliknya. 

Terlebih, link yang akurat adalah berada dalam artikel, bukan di sidebar. Jalan paling mudah untuk mendapatkannya adalah melalui blog milik sendiri. Untuk itu blog dummy dibuat. Kita tidak perlu was-was, mengemis atau membeli link. Kita bebas melakukan apa saja terhadap blog kita, entah link akan diletakkan dimana, berapa link yang akan dibuat, dsb. 

Sisi Negatif Blog Dummy


Secara teori, bila blog dummy dikelola layaknya blog biasa tidak ada pengaruh negatif terhadap blog utama. Efek negatif justru terletak pada diri kita sendiri yaitu ketika mengelola blog dummy. Kita memerlukan tenaga dan waktu ekstra, apalagi bila mempunyai blog dummy banyak. Ditambah lagi biaya apabila blog dummy kita menggunakan domain dan hosting berbayar. 

Selain itu, blog dummy harus juga diperlakukan seperti halnya blog utama, artinya ada update artikel, memperhatikan seo dsb. Terlebih blog dummy gratis yang sewaktu-waktu bisa dinonaktifkan tanpa alasan tertentu. Makanya saya menganjurkan blog utama jangan membuat link ke blog dummy. Agar blog utama aman, buatlah blog dummy yang aman juga. Jangan sampai blog dummy dianggap spam oleh google. Kita juga perlu memonitor kesehatan blog dummy agar tidak disusupi program berbahaya oleh hacker, bila sampai terjadi, blog utama juga kena dampaknya. 


Baca selengkapnya

Tanya Jawab seputar Link SEO

link SEO

Apakah arti Link?


Dalam Ilmu Komputer, Link dapat diartikan bagian teks atau item grafis yang berfungsi sebagai referensi silang antara bagian-bagian dari dokumen hypertext atau file. Link juga disebut hotlink, hyperlink. Sedangkan dalam website link atau tautan secara sederhana dapat digambarkan kalimat atau kata yang apabila diklik mengarahkan pada URL yang dituju.


Bagaimana membangun link?

Membuat link dapat dilakukan dengan menempatkan URL ke dalam frase atau kata. Ketika Anda membangun sebuah link untuk SEO , jika tidak dilakukan hati hati, misalnya berlebihan atau link diperoleh dari website terlarang, berakibat website Anda bisa dipinalti.

Pertukaran link otomatis sangat tidak direkomendasikan. Alasannya adalah Google tidak perduli dengan jenis website yang link ke website Anda. Link bisa saja dari situs terlarang, situs perjudian atau situs P0RN0 dan lain-lain dan itu tidak disukai google.

Apakah “Anchor Text”? 

Anchot Text (teks jangkar) adalah kata-kata yang dipakai untuk mewakili link (tautan) dan merupakan bagian paling penting dari SEO. 

Misalkan:
  • Menggunakan Anchor Text – http://www.lenterakecil.com Anchor Text tersebut akan hanya meningkatkan Page Rank dari website lenterakecil.com. Namun, tidak akan meningkat ranking kata kunci Lentera Kecil meski lenterakecil.com adalah targetnya. 
  • Menggunakan Anchor Text – Lentera Kecil Anchor Text akan meningkatkan Page Rank dari lenterakecil.com, serta juga akan meningkatkan ranking kata kunci dari Lentera Kecil untuk lenterakecil.com 
Dapatkah Jejaringan sosial meningkatkan ranking website?

Menempatkan link di Situs Jejaringan Sosial dapat membawa pengunjung ke website. Selama mendapatkan sebuah DoFollow link pada website, ini akan meningkatkan PR. Akan tetapi, untuk meningkatkan ranking dari kata kunci, harus memiliki link dengan anchor text dan page rank mengarah kembali pada website.

Dapatkah situs social bookmark meningkatkan ranking?

Kebanyakan Social Bookmarks akan melakukan dofollow links namun kebanyakan tidak mendukung anchor text. Website akan dapat meningkatkan Page Rank dan tidak ada yang lain.

Dapatkah web directori meningkatkan ranking?

Kebanyakan webdirektori tidak berguna kecuali dari DMOZ. Namun, sulit untuk mendapatkan sebuah link dari direktori DMOZ karena ditangani oleh editor bebas yang kemungkinan ada konfilk kepentingan.

Bagaimana menciptakan Link sendiri?

Anda dapat membuat banyak blog (isi yang berbeda) untuk membuat link kembali ke website milik Anda. Ini adalah cara tercepat untuk meningkatkan ranking website Anda. (blog dummy)

Baca selengkapnya

Pengertian dan Manfaat Alexa Traffic Rank

alexa rank
Alexa Traffic Rank adalah sebuah layanan untuk mengetahui ranking atau posisi sebuah situs di internet yangg dikembangkan oleh Alexa Internet. Alexa Internet merupakan sebuah perusahaan layanan internet milik Amazon.com yang didirikan pada 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama Alexa dipilih sebagai penghormatan kepada Perpustakaan Alexandria. 

Untuk menentukan Alexa Traffic Rank, Alexa Internet menggunakan robot mesin pencari seperti halnya google, yahoo maupun mesin pencari lainnya. Crawler Alexa (robot), yang diidentifikasi sebagaiia_archiver adalah User-agent, untuk melakukan perayapan pada situs-situs di internet. Pada dasarnya, robot Alexa memulai dengan sebuah daftar URL yang ada di seluruh Internet, kemudian mengelompokkan berdasar link URL lokal ketika ditemukan.

Alexa juga menerapkan the Standard for Robot Exclusion (SRE) dengan ketat untuk menghormati privasi situs. Ketika melakuan perayapan Crawler Alexa mencari sebuah file yang bernama "robots.txt" yang dibuat administrator situs untuk mengarahkan perilaku robot ketika merayapi web. 

Manfaat Alexa Traffic Rank 

Meski bukan satu-satunya penyedia informasi traffic rank, Alexa masih dianggap terbaik meski kadang hasil tidak akurat menurut beberapa webmaster. Melalui Alexa, kondisi situs di internet bisa diketahui. Berapa ranking situs di dunia maupun lokal, berapa link tertaut ke situs sampai informasi kecepatan loading. 

Untuk situs pribadi (blog) yang hanya sekedar untuk kepentingan pribadinya, Alexa Traffik Rank bukan merupakan faktor penting. Namun bagi situs perusahaan maupun situs yang mengharapkan penghasilan dari review, kualitas Alexa menentukan. Banyak pemasang iklan, calon konsumen sebuah produk melihat Alexa Traffik Rank situsnya. Kepercayaan kualitas situs oleh sebagian pengguna internet bisa dilihat dariAlexa Traffik rank

Cara Kerja Alexa Traffic Rank 

Alexa Traffic Rank merupakan informasi daftar dari semua situs di internet yang diurutkan berdasarkan lalu lintas website. Alexa juga mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menyediakan statistik dari setiap situs di web. Semisal, Traffic Rank, jumlah Tampilan Halaman, dan Beban Waktu Rata-rata situs, dll.

Berbeda dengan Page Rank google yang menerapkan angka 1 sampai 10 untuk menentukan kualitas situs serta peng-update-an 3 bulan sekali, Alexa menggunakan urutan 1 sampai 30 juta (lebih: tidak diindeks/No data) untuk kualitas situs, artinya semakin kecil angka Alexa Rank semakin baik. Sedangkan peng-update-an data dilakukan setiap hari. Data Alexa akan berubah setiap 24 jam entah itu naik atau turun, yang pasti tidak akan tetap untuk beberapa hari. 

Seperti search engine, Alexa juga tertutup rapat untuk masalah algoritme perayapannya. Kita tidak tahu cara kerja sebenarnya, hanya saja Alexa menjelaskan secara singkat bahwa pengambilan informasi dari sebuah situs disortir, diayak, dihitung, sampai akhirnya mendapatkan peringkat lalu lintas untuk ditampilkan dalam layanan Alexa. Selain itu, Alexa Traffic Rank dari sebuah situs tidak hanya ditentukan oleh lalu lintas situs tersebut, tapi memperhitungkan lalu lintas di semua situs. Perubahan lalu lintas di situs lain mempengaruhi peringkat situs Anda. Hal ini yang menyebabkan kenapa ranking bisa berubah-ubah. Proses ini relatif kompleks. Untuk lebih jelasnya, apa itu Traffic Rank dan penjelasannya silahkan lihat http://www.alexa.com/help/traffic-learn-more

Meningkatkan Alexa Rank 

Seperti yang dijelaskan di atas, cara penghitungan Alexa rank sangat kompleks dan merupakan rahasia. Pengalaman saya membuat beberapa blog, Alexa rank bisa membuahkan hasil berbeda. Juga dari beberapa pengamatan saya terhadap beberapa blog, kadang blog yang berusia lebih 1 tahun pun masih No Data. 

Kadang saya tersenyum dalam hati membaca tutorial tips untuk melangsingkan Alexa Rank yang dibuat oleh beberapa blogger. Celakanya artikel tersebut merupakan ”copas” yang belum tentu kebenarannya serta blognya sendiri masih berada pada posisi jutaan bahkan No Data. Tapi ada juga artikel tentang Alexa yang menarik untuk disimak.

Saya hanya sedikit berbagi pengalaman tentang memperoleh Alexa Rank untuk blog saya, ini murni pengalaman saya dan tidak ada rekayasa. 
  • Saya membuat blog ini lenterakecilku.blogspot.com tanggal 3 Pebruari 2012. Awalnya Alexa No Data. Hingga artikel ini dipublikasikan 24 April 2012 berarti usia blog belum genap 3 bulan dan Alexa Rank telah menunjukkan angka 502.695. Angka selalu bergerak turun setiap hari. 
  • Saya juga mempunyai blog lenterakecil.com yang dilauncing 6 Juni 2011 sampai saat ini (10 bulanan) Alexa menunjukkan 231.230. Ketika usia 2 bulan Alexa masih 1.303.908 dan sempat naik turun pada posisi 500rb-an. Berarti perkembangan Alexa Rank lebih cepat yang blogspot. 
  • Di samping itu saya mempunyai beberapa blog dummy, meski usia lebih dari 6 bulan ranking Alexa rata-rata 2-3jutaan. Perlu diketahui juga, saya memasang toolbar Alexa di browser Chrome yang bertujuan untuk memonitor Alexa Rank blog saya dan melihat ranking blog yang saya kunjungi. 
Catatan: ketika saya update kembali artikel ini Okt 2013, Alexa Rank untuk kedua blog di atas sudah berubah.
Dari berbagai pengalaman tersebut, saya menyimpulkan (sendiri) agar Alexa Traffic Rank lebih baik, yaitu: 
  • Daftarkan blog Anda ke Alexa.com 
  • Kecepatan atau Loading situs berpengaruh besar. Alexa menerapkan Average Load Times: Speed Statistics. 
  • Update artikel sesering mungkin. 
  • Jangan sering mengganti tema atau berpindah server. 
  • Alexa perlu backlink, Cari, tapi jangan berlebihan.
  • Jangan lupa cari pengunjung lewat jejaring sosial atau bookmarking. 
  • Sebenarnya prinsip kerja Alexa hampir sama dengan mesin pencari seperti google, yahoo, dsb. Untuk itu teknik SEO juga perlu diperhatikan
  • Pasang toolbar Alexa di browser dan wigdet Alexa di blog. (optional) 
Intinya adalah mengelola situs atau blog dengan serius dan benar akan dapat meningkatkan Alexa Traffic Rank lebih baik, selain itu dimata mesin pencari pun akan lebih bersahabat.

Baca selengkapnya

Link Nofollow di Mata Google

Untuk blog atau link nofollow masing-masing mesin pencari mempunyai cara berbeda untuk menanganinya. Atribut nofollow sebagai pemberitahuan kepada robot mesin pencari supaya jangan mengikuti link di halaman ini. 

Biasanya atribut nofollow terletak di meta tag (head) halaman blog, dan merupakan perintah kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti dan merayapi setiap link keluar pada halaman blog. 
Sebagai contoh:  <meta name="robots" content="nofollow" />
Baca selengkapnya

Membuat Blog Google Friendly

Blog Google Friendly
Membuat Blog Google Friendly atau blog yang disenangi Google sebenarnya sangat mudah. Dengan mengikuti petunjuk webmaster google dengan benar, blog sudah dapat bersahabat dengan Google, artinya blog akan mendapat perhatian dan menempatkan pada halaman awal hasil mesin pencari Google. 

Bagi blogger yang belum mengetahui panduan webmaster Google atau sebenarnya sudah mengetahui namun belum melaksanakan, berikut kriteria membuat blog google friendly: 

Beri informasi yang dicari pengunjung blog

Hal terpenting adalah menyediakan konten berkualitas tinggi pada halaman dan terutama blog. Jika halaman atau blog berisi informasi yang berguna dengan tulisan yang jelas dan akurat menjelaskan topik, akan menarik banyak pengunjung serta dapat membuat blogger lain (juga webmaster) membuat link ke situs Anda sebagai sumber referensi. Selain itu, pikirkan juga kemungkinan kata kunci pengguna yang akan ditulis untuk menemukan halaman Anda di mesin pencarian dan memasukkan kata kunci tersebut di halaman/blog. 

Pastikan terdapat link dari situs lain ke blog

Dengan adanya link (tautan) dari situs lain akan membantu crawler (googlebot) menemukan blog Anda dan dapat memberikan visibilitas blog yang lebih besar dalam hasil pencarian Google.Google telah menggunakan sistem pencarian teknik teks canggih yang cocok untuk menampilkan halaman-halaman yang penting dan relevan untuk setiap pencariannya. Perlu diingat bahwa algoritma google dapat membedakan link alami dari link tidak wajar. Link alami menurut Google dibuat sebagai bagian dari sifat dinamis dari blog lain ketika menemukan konten blog Anda berharga dan berpikir akan sangat membantu bagi pengunjung mereka. Sedangkan Link tidak wajar ke situs Anda sengaja dibuat agar terlihat lebih populer untuk mesin pencari. Hanya link alami yang membantu untuk pengindeksan dan peringkat blog Anda. 

Buat blog yang mudah diakses

Buatlah blog Anda dengan struktur navigasi yang jelas dengan link logis. Setiap halaman harus dapat dibuka dan sesuai dengan teks link. Gunakan browser teks, seperti Lynx, untuk memeriksa blog Anda. Googlebot akan melihat situs anda seperti Lynx. Jika fitur seperti JavaScript, cookies, ID sesi, frame , DHTML, atau Macromedia Flash diblokir agar mesin pencari untuk tidak melihat seluruh blog Anda dalam browser teks, maka googlebot mungkin mengalami kesulitan merayapi blog. JavaScript and CSS Jangan di blokir

Hal yang harus dihindari

Jangan mengisi halaman Anda dengan sejumlah kata kunci, yang hanya disiapkan untuk googlebot (mesin pencari). Jika blog Anda berisi halaman, link atau teks tetapi tidak pengunjung berniat untuk melihat, Google menganggap link dan halaman tersebut menipu dan mungkin mengabaikan blog Anda. 

Mesin penjelajah google tidak mengenali teks yang terdapat dalam grafik. Sebaiknya jangan gunakan gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link. Gunakan atribut ALT jika konten dan kata kunci utama pada halaman Anda tidak bisa diformat dalam HTML biasa. 

Tidak ada keharusan menggunakan jasa SEO. Beberapa perusahaan jasa SEO mengklaim dapat "menjamin" peringkat tinggi untuk blog Anda dalam hasil pencarian Google. Ada konsultan SEO yang memang dapat meningkatkan trafik blog Anda dengan cara yang sah, namun yang lain menggunakan taktik menipu dalam upaya untuk mengelabui mesin pencari. Hati-hati, jika domain Anda berafiliasi dengan salah satu layanan penipuan, bisa dicekal dari indeks google. 

Sekali lagi, panduan di atas merupakan panduan webmaster google agar blog bersahabat dengan google. Sebenarnya banyak artikel atau blog lain mungkin telah membahasnya, namun apa salahnya jika saya menulisnya kembali terutama untuk diri saya sendiri ketika belajar membuat blog google friendly.


Baca selengkapnya

Teknik SEO Black Hat

black hat seo
Teknik SEO Black Hat saat ini sudah banyak ditinggalkan webmaster. Seiring perkembangan algoritma mesin pencari yang terus di-update, melakukan teknik black hat mempunyai resiko besar penghapusan indeks situs di mesin pencari.

Istilah Black Hat sebenarnya lebih mengacu kepada hacker (peretas). Peretas topi hitam (Inggris:Black hat) adalah peretas yang mencoba menerobos sistem keamanan komputer dan jaringannya. Sedangkan dalam SEO, teknik black hat adalah mencoba mengelabui mesin pencari untuk mendapatkan peringkat pencarian yang lebih tinggi dengan cara yang tidak etis.

Penerapan Teknik SEO Black Hat


Teknik SEO Black Hat yang dulu sering dilakukan adalah menyembunyikan teks dan tautan (link). Teknik menyembunyikan teks dilakukan dengan cara: 
  • Menggunakan teks sewarna dengan warna latar belakang artikel, misalkan menggunakan teks warna putih pada latar belakang putih. 
  • Menggunakan CSS untuk menyembunyikan teks agar tidak terbaca pengunjung. 
  • Menyeting ukuran huruf (font) menjadi 0 

Sedangkan untuk link (tautan) dimaksudkan hanya untuk dirayapi oleh mesin pencari (mis Googlebot), tetapi tidak terbaca oleh pengunjung, dengan cara: 
  • Tautan ini terdiri dari teks dengan warna teks dan warna latar belakang sama. 
  • MenggunakanCSS untuk membuat tautan kecil setinggi satu piksel. 
  • Tautan tersebut disembunyikan dalam karakter kecil, misalnya memakai tanda hubung (-) di tengah paragraf. 
Untuk itu evaluasi situs Anda apakah terdapat teks atau tautan tersembunyi? Kadang tanpa sadar kita tidak mengetahui/sengaja membuat teks atau tautan tersembunyi. Bisa jadi, tema yang dipakai terdapat hal itu. Cobalah cari apapun yang tidak terlihat oleh pengunjung situs Anda. Janganlah membuat teks dan tautan ada semata-mata hanya untuk mesin telusur. 

Google menganggap, menyembunyikan teks atau tautan di dalam konten artikel, dianggap situs tidak dapat dipercaya karena informasi yang ditampilkan di hasil mesin telusur berbeda dari tampilan untuk pengunjung. Jadi, jika situs berisi teks dan tautan tersembunyi yang disengaja untuk memperdaya pengunjung, situs dapat dihapus dari indeks Google, dan tidak akan muncul pada halaman hasil telusur. 

Perkembangan Teknik Black Hat


Mungkin teknik di atas sudah dianggap kuno (apalagi telah diketahui google), tapi saya masih menemukan di beberapa situs terutama untuk pemasangan iklan tersembunyi, termasuk spamming keyword. Di sisi lain ada peretas (webmaster) tetap mencari kinerja mesin pencari secara tidak etis. 

Artikel ini hanya sekedar untuk pengetahuan, namun jangan sekali-kali menggunakan teknik ini kalau tidak ingin situs Anda dihapus dari indeks Google, dan tidak akan muncul pada halaman hasil telusur. Silahkan menggunakan Teknik SEO Black Hat kalau ingin ditendang Google.


Baca selengkapnya

10 SEO Tools Untuk Blogger

Setiap blogger pasti ingin menemukan blog-nya berada di peringkat atas dalam berbagai mesin pencari ketika kata kunci yang terkait yang dimasukkan. Namun, hal ini tidak akan dapat dicapai tanpa melakukan apapun. Anda perlu pengetahuan banyak tentang Search Engine Optimization (SEO) dan menggunakan SEO tools terbaik untuk mempromosikan blog Anda.
Baca selengkapnya

Belajar Teknik SEO

Artikel Belajar Teknik SEO ini merupakan opini saya tentang SEO berdasarkan pengalaman, belajar, analisa tentang SEO. Mungkin ada yang tidak sependapat dengan saya, silahkan.

Belajar Teknik SEO


Mengapa belajar Teknik SEO? Ini yang harus terlebih dahulu harus dipahami. SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses optimasi mesin pencari, artinya blog atau situs beserta kontennya dioptimalkan agar berada pada posisi terbaik di hasil pencarian mesin pencari. Dengan berada di halaman awal, apalagi berada pada posisi puncak, peluang di-klik oleh pengguna mesin pencari semakin besar dan berakhir pada kunjungan ke blog kita. Dengan kata lain trafik kunjungan akan semakin banyak ke blog kita jika berada pada halaman awal hasil mesin pencari..

SEO berhadapan dengan mesin pencari


Mesin pencari merupakan software atau kode-kode yang diciptakan manusia dan senantiasa meng-update cara kerja mesin tersebut agar hasil pencarian fair dan dapat diterima semua pihak. Karena merupakan sebuah program, kita bisa menarik kesimpulan, apakah optimasi untuk menemukan kelemahan mesin pencari ataukah mengikuti aturan mesin pencari tersebut? 

Dulu kelemahan mesin pencari bisa ditemukan dan dimanfaatkan oleh webmaster dengan cara black hat, namun peng-update-an terus dilakukan sehingga teknik SEO black hat beresiko tinggi. Menemukan kelemahan mesin pencari juga memerlukan keahlian yang luar biasa, dan hal ini tidak akan menyurutkan niat beberapa webmaster untuk terus menemukannya. Internet terus berkembang seperti virus dengan anti virus, hacker dengan sistem keamanan, dan sebagainya.

Di pihak lain, banyak webmaster menggunakan berbagai cara dan teknik SEO dengan cara wajar sesuai aturan mesin pencari (white hat). Banyak pakar SEO membuat teknik yang aman, bahkan telah menjadi bidang usaha yang sangat menarik sebagai konsultan jasa SEO, jual beli backlink, dll. Google pun menganjurkan memakai jasa SEO meski tidak ada jaminan menjadi posisi 1. selengkapnya...

Teknik SEO yang Efektif


Agar optimasi tidak beresiko, Master SEO menganjurkan menggunakan teknik SEO yang efektif sesuai dengan anjuran mesin pencari. Banyak forum maupun artikel yang membahas tentang SEO yang aman, yang benar, yang efektif. Meski banyak teori SEO bagaimana cara optimasi yang efektif, intinya tetap satu yaitu menempatkan posisi terbaik.

Bagi blogger pemula, kadang menerapkan teknik seo yang efektif sangat membingungkan. Banyaknya teori yang membahas serta perbedaan teknik penerapan menjadi kendala, lantas mana yang benar? Dalam blog ini saja, saya menulis beberapa teknik seo dari beberapa pandangan. Lihat teknik SEO

Mesin pencari Google, konon hanya 4 insinyur google yang mengetahui cara kerjanya dan itu bersifat sangat rahasia. Master SEO hanya dapat mengkira-kira. Saya pun sempat beberapa kali mencoba beberapa teknik, walau hasil tidak ada perubahan yang spesifik. Untuk itu tidak ada patokan atau aturan yang baku tentang SEO, kita hanya bisa mengikuti anjuran yang ditetapkan oleh mesin pencari, baik oleh google, yahoo, bing maupun mesin pencari yang lain.

SEO Perlu Proses


Sekali lagi, tujuan SEO adalah menempatkan blog atau artikel pada halaman awal hasil mesin pencari. Cara praktis untuk mengetahui kekuatan SEO blog kita adalah dengan melihat hasil pencarian dengan kata kunci tertentu. Kalau hanya menggunakan kata kunci URL blog tidak spesifik, karena mengandung kata kunci unik dan pasti akan berada di halaman awal, misalkan "lenterakecilku.blogspot.com". Cobalah dengan kata kunci salah satu judul artikel yang ada atau tagline blog (misal: artikel belajar SEO). Lihat hasil pencariannya, berada pada halaman berapa dan posisi keberapa? Coba juga dengan pilihan pencarian sejam terakhir, 24 jam terakhir (ini akan menunjukkan kecepatan terindeks). Perlu diketahui kata kunci atau keyword juga mempunyai pengaruh penting.

Untuk lebih akurat lagi, mengikuti sebuah kontes SEO adalah cara melihat kekuatan SEO. Kontes SEO menggunakan kata kunci yang telah ditentukan dan ada blog atau artikel lain yang juga menggunakan kata kunci tersebut, otomatis kekuatan SEO berperan penting. Dari beberapa pemenang kontes SEO, selain optimasi artikel, ada juga faktor lain penentu, yaitu Page Rank dan usia Blog. Saya melihat tidak ada blog yang mempunya PR 0 maupun berusia di bawah 6 bulan.

Contoh lain, ketika saya menulis artikel "cara optimasi SEO blogspot" dan disubmit ke vivanews, justru hasil pencarian dengan kata kunci "cara optimasi SEO blogspot" artikel di vivalog menjadi nomor 1 dibanding  blog ini, kenapa? vivanews telah mempunyai PR 6 dan berapa usia vivanews? Sedangkan blog ini belum genap 3 bulan serta PR masih 0, tapi seiring waktu, juga hasil pencarian terus berubah, saya yakin suatu saat pencarian dengan kata kunci "cara optimasi SEO blogspot" blog ini ada dinomor 1.

Untuk itu, bagi yang serius belajar SEO ketekunan serta kesabaran mutlak diperlukan. SEO berkaitan dengan onpage (keunikan, orisinal, bentuk tampilan blog) dan offpage (backlink dan blog pendukung). Dengan sering mengupdate artikel unik serta memperhatikan pedoman webmaster, peluang mendapatkan Page Rank semakin besar dan SEO pun semakin baik dan alami (ini yang disukai Google). Memang ada cara instan yaitu dengan menggunakan jasa SEO, namun memerlukan biaya cukup lumayan, itupun tidak berlaku selamanya.

Kalau Om Dahlan berkata, "Bekerja, bekerja dan bekerja," saya pun berkata "Belajar, belajar dan belajar SEO"


Baca selengkapnya

Membuat Blog Dummy

Blog Dummy merupakan bagian penting dalam optimasi SEO untuk mengangkat SERP blog utama kita. Sebagai offpage SEO, blog dummy akan memberi dan meningkatkan kualitas backlink blog utama sesuai target kata kunci yang kita targetkan. 

Apa yang dimaksud dengan Blog Dummy? Pengertian kata dummy banyak mengandung arti, namun dalam hal ini (SEO) blog dummy dapat diartikan blog bantuan. Blog dummy dibuat dengan tujuan menbantu blog utama kita agar semakin kuat posisinya di search engine, terutama google. Dengan blog dummy kita bebas untuk membuat link di artikel blog maupun blogroll karena blog dummy ini milik kita sendiri. Berbeda apabila kita menaruh link di komentar atau forum atau blog lainnya, tentu ada aturannya. 
Baca selengkapnya

JavaScript and CSS Jangan di blokir

logo google
Google webspam, Matt Cutts meminta webmaster menghentikan pemblokiran terhadap Googlebot untuk merayapi JavaScript atau CSS. Pernyataan ini disampaikan Matt Cutts dalam postingan sebuah video pendek yang ia gambarkan sebagai "iklan layanan masyarakat" untuk webmaster, Maret 2012 lalu. 

Cutts biasanya menggunakan video pendek untuk menjawab pertanyaan yang dia diterima. Dia mengakui bahwa banyak webmaster mem-blok Googlebot agar tidak merayapi JavaScript atau CSS dengan menggunakan robots.txt. Matt Cutts mencoba meredakan kekhawatiran tentang masalah Googlebot ketika merayapi situs. 
Baca selengkapnya

Komputer Apple Mac Diserang Trojan

Apple Mac OS
Trojan Flashback menyerang Apple Mac. Komputer Mac sebenarnya dinilai cukup aman dari serangan program jahat. Namun bukan berarti sepenuhnya bebas dari virus sehingga kewaspadaan tetap diperlukan. 

Menurut lembaga sekuriti Rusia, Dr Web, infeksi trojan tersebut sudah melanda sekitar 600 ribu komputer Mac. Lembaga ini menemukannya tersebar di seluruh dunia. Di Inggris ditemukan 12%, 19% di Kanada, dan lebih dari 50% di AS dan sisanya di negara-negara lain. 
Baca selengkapnya

Windows XP Bakal Tamat April 2014

windows xp
Windows XP, Operasi Sistem yang diluncurkan oleh Microsoft pada 2001 mungkin paling berhasil, sampai saat ini tetap menjadi favorit dari pengguna komputer di seluruh dunia. 

Windows XP tetap menjadi OS terfavorit dengan cakupan market share 45%, menurut pihak NetApplications, meski sudah berumur lebih dari 10 tahun. Sejumlah perusahaan lain seperti Apple dan Google agar pelanggannya tetap dekat dengan harus meluncurkan produk baru tiap tahun. Namun untuk Microsoft, mampu tetap menjual produk meski sudah lewat bertahun-tahun.
Baca selengkapnya

Kekuatan Kata Kunci Artikel

kata kunci
Kekuatan kata kunci atau keyword dalam Artikel perlu diperhatikan dengan benar. Pada blog atau artikel, kata-kata yang nantinya akan menjadi kata kunci oleh pengguna internet harus dapat diprediksi dengan tepat. Sebuah search engine akan mencari kata kunci dalam blog atau artikel untuk dimasukkan ke dalam database mereka untuk kemudian di sampaikan kepada pengguna mesin pencari di internet. Untuk itu, perlu keyword yang unik dan cukup dalam blog, atau dalam artikel postingan.

Kekuatan Kata Kunci Artikel dapat dilihat dari penggunaan sejumlah kata atau frase oleh pengguna mesin pencari. Semisal di google: Sebuah artikel dengan topik penulisan artikel di jasa artikel murah, sejauh mana kekuatan kata kunci tersebut dapat muncul di halaman awal SERP google?

Orang akan mencari artikel tersebut dengan kata kunci "penulisan artikel di jasa artikel murah", hasilnya pada posisi berapa? Kemudian dicari dengan kata kunci "penulisan artikel di jasa artikel", lantas coba dengan kata kunci "penulisan artikel" dan terakhir "penulisan" atau "artikel". Posisi berapakah artikel tersebut di halaman google? Mungkin hasil SERP berbeda, namun apabila semua hasil pencarian berada di halaman awal dengan masing-masing kata kunci tersebut (entah di posisi berapa) berarti artikel tersebut telah memenuhi kekuatan kata kunci SEO.

Tentunya langkah-langkah membuat kekuatan kata kunci artikel sangat sulit tercapai dengan berbagai macam kata kunci. Setidaknya cukup dengan dua atau tiga kata kunci artikel dapat muncul di hasil pencarian mesin pencari, sudahlah kuat (SEO).

Penjelasan tentang kata kunci atau keyword dapat dilihat di Pengertian Kata Kunci atau Keyword dalam SEO
Baca selengkapnya

Mesin Pencari Facebook

Mesin pencari Facebook untuk menyaingi mesin pencari Google. Seperti dikutip dari Bloomberg Business Week, Facebook disinyalir sedang membuat mesin pencari dengan meningkatkan kemampuan mesin pencarinya oleh sekitar 24 teknisi mesin pencari. Facebook sedang melakukan pembenahan dalam sistem pencarian raksasa jejaring sosial ini.

Yang menarik, tim tersebut dipimpin oleh Lars Rasmussen, mantan manajer teknisi Google. Langkah yang dilakukan Facebook ini sepertinya reaksi atas hadirnya jejaring sosial yaitu Google+. Bila Google masuk ranah itu juga, maka Facebook pun ingin masuk ke bisnis yang digeluti Google, yaitu mesin pencari.
Baca selengkapnya

Delapan Prinsip Dasar Untuk Homepage

Delapan Prinsip Dasar Untuk Homepage Situs ini merupakan prinsip mendesain website lama, namun masih sesuai dengan perkembangan website saat ini.

http://www.lenteraseo.com/2013/02/prinsip-dasar-untuk-homepage-situs.html


Baca selengkapnya

Mengintegrasikan Facebook dengan Blog Bisnis WordPress

wordpress
Wordpress adalah blog sebuah sistem manajemen konten (CMS) yang besar. Itulah sebabnya banyak pemilik bisnis menggunakan blog WordPress untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Setiap blogWordPress mudah dioptimalkan agar menjadi Google-friendly.

Situs Sosial media seperti Facebook menjadikan hubungan dengan pelanggan sangat mudah. Oleh karena itu, menggabungkan dua situs tersebut adalah ide yang sangat bijaksana. Namun, tidak setiap pemilik bisnis tahu bagaimana untuk mengintegrasikan Facebook dengan Wordpress. Jika mereka tahu untuk menggabungkan kedua situs itu, mereka mungkin tidak tahu bagaimana menggunakannya secara efektif dalam hubungannya.
Baca selengkapnya

Perubahan Sistem Mesin Pencari Google 2012

Amit Singhal Google
Dalam waktu dekat di tahun 2012 ini, Google melaporkan akan mengubah sistem mesin pencari Google dengan berbasis pada semantik. Perubahan itu adalah penggabungan teknologi pencarian semantik dengan sistem pencarian kata kunci klasik. Google menyadari bahwa perbaikan akan perlu jika ingin tetap menjadi pemimpin dalam mesin pencarian. 

Para teknisi mesin pencarian Google mengumumkan penataan ulang paling radikal ini untuk menyesuaikan perkembangan. Perbaikan secara bertahap akan diterapkan selama beberapa bulan berikutnya. Namun efeknya bisa jadi sebuah transformasi besar, baik untuk pengguna internet ataupun kalangan bisnis. Ringkasnya, perbaikan ini berarti setiap kali pengguna memasukkan jenis pertanyaan tertentu, Google akan mencoba menyediakan jawaban tunggal, bukan hanya memuntahkan ribuan tautan web berwarna biru, yang selama ini ada.
Baca selengkapnya