You are here:Home » opiniku » Blog Belajar SEO 2013

Blog Belajar SEO 2013

Blog belajar seo lenterakecilku.blogspot.com ini memasuki tahun ke 2. Artikel ini merupakan awal di tahun 2013. Bagaimana blog ini selama setahun terakhir di 2012?

Perubahan yang cukup mengecewakan justru berada pada Pagerank. Tiga bulan launching blog belajar seo telah memperoleh PR 2, namun update PR berikutnya justru mengalami penurunan menjadi PR 1. Tapi saya menyadari, bahwa blog ini kurang mendapat backlink dari situs ber PR tinggi, apalagi meng-submit ke social bookmark atau ketika meninggalkan jejak komentar, blog ini jarang saya pakai untuk mengisi URL website.

Di sisi lain, artikel-artikel blog belajar seo ini telah banyak yang di "copas", bahkan ada situs lain yang mengambil feed untuk dipasang ke blog lain dengan otomatis. Saya telah menemukan ada beberapa blog yang telah "mencuri" artikel dari blog ini. Okelah, silahkan saja, saya anggap artikel saya bermanfaat dan  telah disebarkan, meskipun tanpa menyebutkan sumber.

Terus terang, kadang saya juga merangkum dari beberapa artikel di internet sebagai bahan artikel, tapi saya menulis ulang dan tidak "copas" secara utuh. Meski dengan adanya kegiatan tersebut, sedikit merugikan blog, namun saya tidak berniat sedikit pun untuk melapor ke google atau memperingatkan blog tersebut. Inilah resiko bila menulis artikel di internet, siap di kutip, disalin, ditiru, bahkan mungkin dituntut.

Terakhir, di akhir tahun 2012, ada perubahan aneh terhadap serp google untuk blog ini. Meski peng-indeksan masih tetap cepat (hitungan detik) namun yang dihasilkan adalah homepage, bukan artikel. Hal ini setelah saya mengganti template dan sedikit menambah kode. Akhirnya saya coba mengganti template dengan memperhatikan kode-kode yang sekiranya dapat menggangu bot google.

Semoga blog belajar SEO di 2013 dapat memberi sedikit pencerahan pengetahuan seputar belajar blog, seo maupun internet. Selamat Tahun baru 2013.

10 komentar:

  1. semoga update selanjutnya PR blog ini bisa meningkat..

    BalasHapus
  2. Kalau dah naik aku mau ikut pasang link ah

    BalasHapus
  3. mantap mas 2 tahun, blog saya baru 1 bulan, dan kaya'nya jauh dari ranking, maklum, blogger nubie, salam kenal mas.

    BalasHapus
  4. saya juga sedang dalam pembuatan blog tutorial khusus blogspot, blog baru karena blog lama yg berumur hampir 2 tahun isinya sudah banyak yg di copas, seperti yang dikatakan kang Andre, memang resiko menulis di internet seperti itu

    BalasHapus
  5. Cek disni gan http://adf.ly/HZ3bD seo friendly keren2 gratis gan

    BalasHapus
  6. wah kalau blog saya lagi kusut mas. mungkin pengaruh migrasi dari blogspot ke WP trafic ancur-ancuran, semangat jadi drop

    BalasHapus
  7. Mas, kayaknya ada yang berubah dari pengindeksan google.. artikel baru sekarang lama bangat terindeks.. kenapa ya?

    BalasHapus
  8. mas , ajarin aku seo donk .... mles ngeblog kalau konten di bawah terus... hadew

    BalasHapus
  9. makasih atas pembelajaranya :)

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan, tapi admin berhak menghapus jika sengaja nyepam berlebihan atau tidak pantas
Terima Kasih