34 Teknik SEO (Search Engine Optimization) oleh Steve

Sebenarnya, 34 Teknik SEO (Search Engine Optimization) merupakan artikel lama yang saya tulis pada 03 Februari 2012. Teknik SEO ini saya ambil dari Steve, pendiri dan Editor-in-chief Juice Web Developer. Steve adalah seorang pengembang web yang memiliki pengalaman dalam CSS, HTML, PHP dan javascript.

Mengingat konsep teknik SEO dari Steve ini masih relevan untuk saat ini, maka saya update kembali tentang beberapa hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk optimasi mesin pencari (SEO).

34 Teknik SEO (Search Engine Optimization)

Teknik SEO (Search Engine Optimization) oleh Steve


Berikut adalah beberapa hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimasikan mesin pencari (SEO) untuk blog kamu.

1. Gunakan kata kunci di seluruh situs web Anda

Banyak orang melakukan pekerjaan dengan baik menempatkan penjelasan dan kelompok kata kunci dalam meta tag mereka, tetapi mereka tidak menggunakan kunci yang sama pada situs web mereka. Anda harus terus menggunakan kata kunci seluruh konten Anda di seluruh situs web Anda jika Anda ingin mendapatkan peringkat mesin pencari tinggi.

2. Membuat sitemap

Banyak mesin pencari akan mencoba untuk mengindeks halaman situs Anda dengan mengikuti link ke semua halaman yang berbeda. Namun jika mesin pencari tidak dapat mengikuti sebuah link, maka halaman tidak mungkin disertakan dalam hasil mesin pencari. Untuk memastikan semua halaman Anda diindeks, pastikan bahwa Anda memiliki sitemap berbasis teks yang mencakup semua halaman utama situs web Anda.

3. Menggunakan sedikit Flash

Flash adalah teknologi yang sangat rapi dan memiliki tempat di web. Namun Anda tidak ingin ke Flash berlebihan, karena mesin pencari tidak akan dapat membaca teks yang tertanam dalam elemen Flash, yang dapat mempengaruhi peringkat Anda jika Anda memiliki kata kunci di daerah itu.

4. Mendapatkan inbound link

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk optimasi mesin pencari adalah untuk mendapatkan inbound link ke situs web Anda. Jika Anda bisa mendapatkan situs web berkualitas tinggi yang berhubungan dengan bisnis Anda untuk link ke situs web Anda, maka peringkat mesin pencari Anda yakin akan naik.

5. Nama Domain

Nama domain Anda harus brandable (contoh: Google, Amazon, Yahoo, dll), mudah untuk mengatakan, dan bahkan lebih mudah untuk diingat. Jangan terlalu banyak tentang memasukkan kata kunci ke dalam nama domain Anda.

6. www atau non www

Pilihan Anda menggunakan, http://www.namadomain.com/ atau http://namadomain.com/, memilih satu dan bertahan dengan pilihan itu. Saya sarankan menggunakan www.

7. Desain Sederhana

Jangan menciptakan perputaran. Jika desain Anda adalah kompleks, kemungkinan akan menghambat kemampuan pengunjung Anda untuk menavigasi dan melihat situs ditambah akan memperlambat pengembangan web. Lebih sederhana semakin baik.

8. Jangan membuat direktori lebih dari tiga level di bawah dari direktori root

Halaman-halaman yang dekat ke halaman rumah dalam struktur direktori yang lebih baik. Menjaga hal-hal terorganisir namun jangan berlebihan. Jika Anda memiliki satu file atau sub-direktori dalam direktori harus ada alasan yang SANGAT kuat.

9. File / Direktori Nama Menggunakan Kata Kunci

Nama file Anda dan nama direktori harus mengandung kata kunci. Jika halaman Anda adalah tentang kentang Idaho maka nama file harus Idaho-kentang.

10. URL

URL statis adalah URL yang tidak dihasilkan secara dinamis. Sebuah URL statis terlihat seperti URL http://www.namadomain.com/file-name.html dan dinamis terlihat seperti http://www.webdeveloperjuice.com/tag/jquery/. Anda dapat membuat URL dinamis oleh mesin pencari spider tapi itu jauh lebih mudah untuk mendapatkan hal-hal yang diindeks dengan URL statis.

11. Pikirkan ukuran Halaman

Halaman-halaman Web Anda yang lebih kecil, semakin cepat membuka. Sebuah halaman harus kurang dari 15K (kecuali benar-benar diperlukan) dan seluruh halaman termasuk grafik harus kurang dari 50K (kecuali benar-benar diperlukan). Ingat, tidak semua orang pada koneksi internet kecepatan tinggi, masih ada orang tanpa modem 56K.

12. Tanda hubung

Gunakan tanda hubung (-) dan bukan garis bawah (_) untuk memisahkan kata dalam direktori dan nama file. Kebanyakan mesin pencari mengurai tanda hubung seperti pembaca akan mengurai spasi. Menggunakan garisbawah seperti membuat what_would_you_do akan terlihat seperti whatwouldyoudo pada mesin pencari. Anda pasti harus memisahkan kata-kata dalam URL Anda.

13. Navigasi pada setiap halaman

Anda harus menempatkan navigasi yang konsisten pada setiap halaman situs Web Anda. Navigasi Anda harus link ke bagian utama situs Web Anda. Hal ini juga akan membuat link kembali ke halaman depan (homepage).

14. Judul

Judul halaman harus digunakan dalam tag TITLE dan di bagian atas setiap halaman. Judul harus kaya kata kunci (berisi maksimal 7 sampai 10 kata) dan deskriptif.

15. META Description Tag

Beberapa orang mengatakan tag META tidak penting, tetapi beberapa mesin pencari yang akan menggunakan mereka di bawah judul halaman pada halaman hasil mesin pencari (SERPs). Gunakan tidak lebih dari 150 karakter termasuk spasi dan tanda baca. Deskripsi Anda harus mengandung kata kunci, kalimat lengkap.

16. Kata kunci META Tag

Sebuah daftar kata kunci yang muncul dalam halaman. Gunakan spasi untuk memisahkan kata kunci (bukan koma). Aturlah kata kunci atau mungkin mirip dengan kalimat lengkap. Tag ini pada dasarnya tidak penting, tetapi dengan menciptakan meta tag, memungkinkan Anda untuk menyadari apa kata kunci yang Anda targetkan secara khusus. Jika kata kunci tidak muncul setidaknya dua kali dalam halaman maka tidak harus pergi dalam Tag META Kata Kunci. Juga, cobalah untuk membatasi jumlah total kata kunci di bawah dua puluh.


17. META Tag Robot

Beberapa Crawler mesin pencari mematuhi Tag META Robots. Ini memberikan anda beberapa kontrol atas apa yang muncul di mesin pencari dan apa yang tidak. Ini bukan merupakan aspek penting dari optimasi mesin pencari tetapi tidak ada salahnya untuk menambahkannya masuk

18. Heading Tags

Tag pos harus digunakan jika memungkinkan dan harus terstruktur tepat (H1, H2, H3, H4, H5, H6). Anda tidak harus memulai halaman dengan tag H2. Jika H1 secara default terlalu besar kemudian menggunakan CSS untuk gaya itu efektif. Ingatlah bahwa mesin pencari yang paling ingin melihat tag judul maka teks atau grafis, tidak segera diikuti oleh H1 H2.

19. Atribut TITLE

Gunakan atribut a href JUDUL (contoh: <a href="page.html" Halaman title="This berisi link ke pages."> …). Atribut TITLE meningkatkan kegunaan / aksesibilitas. Pastikan untuk memasukkan kata kunci sesuai keinginan Anda tapi ingat harus memberitahu pengunjung Anda di mana mereka akan pergi ketika mereka mengklik link.

20. ALT Tag Pada Gambar

Setiap gambar harus memiliki tag ALT. Gunakan deskripsi kaya kata kunci dari gambar. Jika gambar berisi teks menggunakan teks dalam gambar. Ini juga merupakan alat kegunaan / aksesibilitas.

21. Perbanyak teks daripada kode HTML

Sebuah halaman harus memiliki konten teks yang lebih dari bahasa markup.

22. Teks jangkar (Anchor Text)

Anchor text adalah teks yang digunakan untuk link ke halaman. Menggunakan kata kunci dalam teks jangkar adalah ide yang sangat baik dan akan meningkatkan kinerja suatu halaman di SERPs.

23. Gunakan Link Teks, Tidak Images

Jika Anda akan link ke teks sesuatu yang digunakan. Teks dalam gambar tidak dapat dibaca oleh mesin pencari. Satu-satunya saat peraturan ini tidak berlaku adalah ketika Anda menghubungkan sesuatu dengan logo terkenal. Bahkan kemudian itu masih lebih baik untuk menggunakan link teks. Jika Anda harus menggunakan gambar sebagai link maka pastikan Anda memberikan tag ALT yang baik.

24. Sekumpulan Konten

Lebih banyak konten, semakin baik. Memiliki halaman pada halaman asli, konten yang relevan adalah bentuk terbaik dari optimasi mesin pencari.

25. Sering Menambahkan Konten Baru

Jika Anda dapat menambahkan sebuah halaman baru setiap hari maka isi situs Anda akan tetap segar dan memberikan crawler mesin pencari alasan untuk terus datang kembali hari demi hari.

26. Keyword Density

Ini adalah topik sensitif di antara para pengembang Web dan pengoptimalan search engine. Ada yang mengatakan 5% lebih dari cukup. Chris Pendek kata kata kunci utama Anda tidak harus memiliki kepadatan lebih dari 30% dan harus lebih tinggi dari kepadatan frase dan kata-kata lainnya.

27. Membangun web menaruhnya online

Situs Anda harus dibangun dan dalam mode "update" setelah itu upload ke server Web Anda. Jangan menambahkan sebuah halaman pada waktu ke server Web Anda ketika Anda pertama kali membangun situs Web Anda. Membangun situs Web Anda pertama kemudian meng-uploadnya. Tambahkan konten baru yang diperlukan.

28. Gunakan File robots.txt

Setiap penelusur mencari file robots.txt di direktori root anda. Saya akan sangat menyarankan membuat robots.txt yang valid hanya untuk menenangkan mesin pencari ini dan setidaknya menghilangkan kesalahan 404 dari bangunan di file log Anda.

29. Validasi W3C

Setiap halaman di situs Web Anda harus mematuhi standar W3C semaksimal mungkin. Beberapa mengatakan validasi halaman dapat membantu peringkat Anda di SERPs. Namun, standar halaman Web sesuai lakukan membantu dengan kompatibilitas cross browser.

30. Popularitas Link

Setelah situs Web Anda telah mapan, saatnya untuk membangun popularitas link Anda. Inbound link relevan situs akan memiliki peringkat yang lebih baik.

31. Analisa Lalu Lintas

Sering membaca file log Anda. Pastikan Anda mendapatkan lalu lintas yang Anda inginkan dan juga mendapatkan lalu lintas yang Anda tidak inginkan. Menjaga lalu lintas memungkinkan Anda untuk lebih mengoptimalkan halaman Anda.

32. Tidak ada trik (black hat)

Jika itu tampaknya tidak etis, maka bukanlah ide yang baik. Jika tidak membantu pengunjung Anda, maka jangan melakukannya.

33. Tidak ada frame

Jangan pernah menggunakan frame.

34. Tidak ada link yang rusak

Menghubungkan ke halaman yang tidak ada adalah hal yang sangat buruk. Search engine dan pengunjung sama-sama benci itu.


Saya sendiri lupa dimana dulu artikel "34 Teknik SEO (Search Engine Optimization)" ini saya peroleh.

Meskipun teknik ini dibuat pada tahun 2012 di mana algoritma google belum seketat sekarang, namun berdasarkan pengalaman saya (walaupun masih sedikit) teknik ini masih relevan karena merupakan dasar-dasar SEO.




34 Teknik SEO (Search Engine Optimization) oleh Steve

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.