Perlukah belajar SEO

09 Februari 2012
SEO singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya optimasi mesin pencari. Mengapa mesin pencari perlu dioptimasi? 

Kalau Anda berselancar di internet untuk membuka email, mencari informasi, berita, file, musik, video atau hanya ber-facebook, twitter dan lain-lain, tidak usah membuang waktu untuk belajar tentang SEO, cukup tahu bahwa SEO itu optimasi mesin pencari. 


Namun, bagi Anda yang mempunyai situs atau blog, mengetahui serta mempelajari SEO wajib dikerjakan, mengapa? Sebagai pemilik situs atau blog, tentunya ingin share dengan orang lain, entah apa tujuan pembuatan situs. Bisa jadi ingin mencari penghasilan (bisnis online), sekedar tambahan uang belanja (iklan, review), tempat curhat atau hanya ingin berbagi ilmu saja. Bermacam alasan orang membuat situs atau blog, apabila semua telah dilakukan, semua pengguna internet akan bisa mengakses, melihat, membaca situs atau blog yang kita buat. Hanya saja, situs atau blog yang kita buat tidak serta merta langsung diketahui oleh banyak orang. 

Salah satu faktor yang penting untuk mempromosikan atau memperkenalkan situs atau blog kita adalah melalui mesin pencari, baik itu punya google, yahoo atau yang lainnya. Banyak pengguna internet menggunakan mesin pencari untuk memenuhi tujuannya. Kenyataan, hampir 90 % pengunjung situs berasal dari mesin pencari. Untuk itu SEO wajib dipelajari
Sebagai pemilik situs atau blog, Anda wajib mengerti tentang SEO. Tidak perlu menjadi master (syukur bisa menjadi ahli SEO) yang penting Anda mengerti dasar SEO yang benar itu bagaimana dan seperti apa. 


Perlukah belajar SEO


SEO menurut saya (yang orang awam ini), bukan suatu teknik utama untuk membuat dan mengembangkan situs web atau blog. SEO merupakan penunjang situs, mengerjakan SEO adalah sesuatu tindakan untuk mempermudah dan mempercepat mesin pencari (Search Engine) menemukan situs atau blog kita serta meletakkan posisi situs kita pada halaman awal hasil pencarian mesin tersebut. Tanpa melakukan SEO pun situs kita tetap ada di dunia maya, dan mesin pencari pun akan tetap mengindeks situs atau blog kita, tapi entah kapan dan diposisi berapa keberadaannya. 

Sekali lagi, SEO hanya pelengkap. Hal paling utama tetap konten itu sendiri. Kalau Anda master SEO, tapi saat pengunjung menemukan dan melihat situs atau blog yang Anda sajikan berisi artikel kacau balau, tidak jelas maksud dan tujuan, atau tidak sesuai dengan keinginan mereka, apa jadinya? 

Saya masih perlu belajar SEO, bagaimana dengan Anda?





Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.