Skala prioritas Login Password

29 Maret 2012
skala prioritas password
Skala prioritas Login Password dapat dibagi menjadi 4 kategori. Prioritas login dapat menjadi gambaran untuk membuat kombinasi password. Dengan demikian, password seperti apakah yang harus anda gunakan. 4 kategori tersebut antara lain: 

1. High-Sensitive Login 
High-Sensitive Login adalah login yang di dalamnya tersimpan berbagai informasi yang sifatnya sangat sensitif. Misal: informasi credit card, internet banking, proyek anda, data pelanggan anda dan berbagai data yang dapat merugikan anda apabila keberadaannya diketahui orang lain. Untuk login jenis ini, anda harus sangat ketat dalam pemilihan password. Jangan gunakan password yang sama untuk login lainnya dan secara rutin gantilah password Anda dari waktu ke waktu. 

2. Private Login 
Private login adalah jenis login yang anda lakukan untuk mengakses data yang sifatnya personal, hanya anda sendiri yang boleh mengakses, namun tidak menyangkut informasi yang bersifat terlalu sensitif. Misalnya login ke alamat email, Facebook, dan Twitter anda. Untuk login jenis ini, anda bisa menggunakan kombinasi password semi-random yang mudah anda ingat sewaktu-waktu. 

3. Shared Login 
Anda mungkin pernah menjumpai password yang harus anda bagi kerahasiaannya dengan staff di organisasi anda. Jika demikian, maka password tersebut masuk dalam kategori Shared Login. Password cPanel seringkali jatuh pada kategori ini, begitu juga password untuk login ke akun sosial media perusahaan anda. Untuk login jenis ini, anda tetap harus bersikap ketat dalam pemilihan kombinasi password, tidak boleh menggunakan password yang sama dengan password Private Login anda, dan harus selalu diganti setiap ada pergantian staff. 

4. Lain-lain 
Pilih satu saja password yang bisa dengan mudah anda ingat dan gunakan untuk login ke tempat-tempat yang anda tahu anda tidak peduli jika seseorang mengambil akun anda. Seseorang boleh saja mencuri password anda, namun apa yang nantinya akan mereka dapatkan? Nah, tempat-tempat seperti itulah yang masuk dalam kategori lain-lain. Misalnya Gravatar, website untuk sharing gambar, komunitas online, dsb. Namun hati-hati, beberapa website seperti ini kadang menawarkan untuk menyimpan informasi credit card anda. Jika demikian, maka website tersebut jatuh ke kategori High-Sensitive Login, dan anda harus menerapkan aturan password yang lebih secure. 

Semoga dapat memberikan gambaran tentang pentingnya Skala prioritas Login Password.(jagoanhosting)

Lentera Kecil - Belajar SEO



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.