Tips Kombinasi Aman untuk Password

29 Maret 2012
password
Tips Kombinasi Aman untuk Password. Untuk menjaga kerahasiaan data dari ulah orang yang tidak mempunyai hak akses salah satu cara adalah dengan menggunakan password. Menggunakan kombinasi password yang baik, dapat mempersulit bahkan dapat membuat putus asa bagi yang ingin menjebolnya. Berikut beberapa tips yang umum mengenai bagaimana memilih kombinasi password yang tepat: 

  1. Pilih password yang susah ditebak oleh rekan Anda. Jika seorang rekan kerja atau bahkan keluarga anda tidak dapat menebak password anda, maka orang yang tidak anda kenal pun pastinya kesulitan membongkar password anda. 
  2. Pikirkan kalimat yang mudah Anda ingat, kemudian gunakan akronim. Satu ide yang dapat anda ikuti untuk menciptakan password yang baik adalah menggunakan huruf pertama dari setiap kata di kalimat yang dapat anda ingat. Umpamanya slogan/misi yang dibawa perusahaan anda. “Keep your Website Alive!” menjadi “KyWA!”, dan sebagainya. 
  3. Gunakan kombinasi keyboard. Password yang paling secure adalah password yang menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Minimal panjangnya 7 karakter. Untuk menjebol kombinasi password tersebut, beberapa software password cracker membutuhkan waktu 4 tahun. 
  4. Jangan gunakan kalimat dalam kamus dan informasi pribadi Anda. Password yang bagus itu unik, dan tidak akan mewakili kata apapun di kamus. Anda juga harus menghindari penggunaan tanggal lahir sebagai password. Terutama di era sekarang ketika informasi yang sifatnya pribadi sudah sangat mudah ditemukan. 
  5. Ganti password secara berkala. Software password cracker membutuhkan 4 tahun untuk menjebol kombinasi password yang kuat. Jika dalam tenggat waktu 4 tahun tersebut anda rutin mengganti password anda, maka tipis sekali kesempatan hacker untuk membobol password anda. 
  6. Gunakan password yang berbeda untuk setiap login anda. Sudah jelas bahwa password yang sama seharusnya tidak boleh digunakan untuk lebih dari satu login file, website, server dan sistem anda. Namun banyak personal yang terjebak dalam praktek ini. Bayangkan kerusakan yang mungkin timbul jika seseorang menemukan bahwa password anda sama. 
  7. Hindari remember password di browser anda. Setiap kali melakukan login, beberapa browser akan menawarkan untuk menyimpan password di cookies. Hal ini sangat riskan untuk dilakukan. Terutama jika komputer anda sudah disusupi spyware. Sangat disayangkan sebab kami juga masih menemukan banyak personal yang terjebak dalam praktek ini. 
  8. Gunakan software penyimpanan password. Banyak software penyimpanan yang dapat anda pakai. Misalnya KeePass yang bisa anda download di situs resminya: http://keepass.info. Keuntungannya, software ini menyediakan fasilitas kopi-paste, sehingga anda tidak perlu mengetik password anda dan menghindari resiko penyadapan oleh spyware yang membaca inputan dari keyboard anda. 
  9. Masih tidak yakin dengan password seperti apa yang harus anda pakai? Maka gunakan random password generator. Fitur ini tidak susah ditemukan. Kebanyakan software penyimpanan, misalnya KeePass, bahkan sudah menyediakannya. 

Coba saja Tips Kombinasi Aman untuk Password.(Taufik-jagoanhosting)
Lentera Kecil - Belajar SEO



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.