Link Nofollow di Mata Google

24 April 2012
Untuk blog atau link nofollow masing-masing mesin pencari mempunyai cara berbeda untuk menanganinya. Atribut nofollow sebagai pemberitahuan kepada robot mesin pencari supaya jangan mengikuti link di halaman ini. 

Biasanya atribut nofollow terletak di meta tag (head) halaman blog, dan merupakan perintah kepada mesin pencari untuk tidak mengikuti dan merayapi setiap link keluar pada halaman blog. 
Sebagai contoh:  <meta name="robots" content="nofollow" />

Awalnya atribut nofollow digunakan link individual, untuk mencegah robot mengikuti link pada halaman individu, misalnya, link ke URL yang diblokir robots.txt. Dalam kasus tertentu, misalkan masalah keamanan blog, perlu pemblokiran url agar tidak dirayapi mesin pencari. 
Sebagai contoh: <a href="signin.php" rel="nofollow"> masuk </ a>. Jadi halaman signin.php tidak terrayapi robot mesin pencari. 

Karena jika usaha dilakukan satu per satu, tidaklah praktis maka itulah sebabnya nilai rel atribut nofollow atribut dibuat. Hal ini juga memberikan kontrol lebih rinci dan mudah kepada webmasteruntuk menginstruksikan robot tidak merangkak link tertentu. 

Bagaimana cara Google menangani link nofollow 


Secara umum, Google tidak mengikuti link nofollow. Pada dasarnya, penggunaan atribut nofollow menyebabkan google untuk menngabaikan link target dari grafik blog secara keseluruhan. Ini berarti bahwa Google tidak mengalihkan PageRank atau teks jangkar di link ini. Namun, halaman target masih dapat muncul dalam indeks Google jika link tanpa menggunakan nofollow , atau jika URL disampaikan kepada Google dalam peta situs. Dengan kata lain jika kita menempatkan link blog kita di blog nofollow, Google masih meng-indeks link kita hanya saja tambahan Pagerank tidak kita dapat.






Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

8 komentar

  1. Trus cara mengetahui blog itu no/do follow gimana?

    BalasHapus
  2. Trus cara mengetahui blog itu no/do follow gimana?
    Mampir ke blog saya ya bro.. www.equalztnero.com

    BalasHapus
  3. klik kanan, lihat sumber laman (view source code..)lihat jika menemukan: meta name="robots" content="nofollow" atau rel="nofollow" berarti no folllow

    BalasHapus
  4. ooh jadi blog ini juga dofollow nih, banyak banyak komen ah biar bisa ningkatin pagerank,, huehehe :p

    BalasHapus
  5. tapi kadang ada lho blog yg ada dofollow sama nofollownya sekaligus.. jadi bingung.. .__."
    btw web ane ganti ke www.equalztreload.com

    BalasHapus
  6. @Equalzt Reload Pulsa Malang

    Tergantung settingnya...dofollow atau nofollow

    BalasHapus
  7. Terimakasih penjelasannya sob tentang link Nofollow, sangat membantu.

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.