Pengertian dan Manfaat Alexa Traffic Rank

alexa rank
Alexa Traffic Rank adalah sebuah layanan untuk mengetahui ranking atau posisi sebuah situs di internet yangg dikembangkan oleh Alexa Internet. Alexa Internet merupakan sebuah perusahaan layanan internet milik Amazon.com yang didirikan pada 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Nama Alexa dipilih sebagai penghormatan kepada Perpustakaan Alexandria. 

Untuk menentukan Alexa Traffic Rank, Alexa Internet menggunakan robot mesin pencari seperti halnya google, yahoo maupun mesin pencari lainnya. Crawler Alexa (robot), yang diidentifikasi sebagaiia_archiver adalah User-agent, untuk melakukan perayapan pada situs-situs di internet. Pada dasarnya, robot Alexa memulai dengan sebuah daftar URL yang ada di seluruh Internet, kemudian mengelompokkan berdasar link URL lokal ketika ditemukan.

Alexa juga menerapkan the Standard for Robot Exclusion (SRE) dengan ketat untuk menghormati privasi situs. Ketika melakuan perayapan Crawler Alexa mencari sebuah file yang bernama "robots.txt" yang dibuat administrator situs untuk mengarahkan perilaku robot ketika merayapi web. 

Manfaat Alexa Traffic Rank 

Meski bukan satu-satunya penyedia informasi traffic rank, Alexa masih dianggap terbaik meski kadang hasil tidak akurat menurut beberapa webmaster. Melalui Alexa, kondisi situs di internet bisa diketahui. Berapa ranking situs di dunia maupun lokal, berapa link tertaut ke situs sampai informasi kecepatan loading. 

Untuk situs pribadi (blog) yang hanya sekedar untuk kepentingan pribadinya, Alexa Traffik Rank bukan merupakan faktor penting. Namun bagi situs perusahaan maupun situs yang mengharapkan penghasilan dari review, kualitas Alexa menentukan. Banyak pemasang iklan, calon konsumen sebuah produk melihat Alexa Traffik Rank situsnya. Kepercayaan kualitas situs oleh sebagian pengguna internet bisa dilihat dariAlexa Traffik rank

Cara Kerja Alexa Traffic Rank 

Alexa Traffic Rank merupakan informasi daftar dari semua situs di internet yang diurutkan berdasarkan lalu lintas website. Alexa juga mengumpulkan informasi dari berbagai sumber untuk menyediakan statistik dari setiap situs di web. Semisal, Traffic Rank, jumlah Tampilan Halaman, dan Beban Waktu Rata-rata situs, dll.

Berbeda dengan Page Rank google yang menerapkan angka 1 sampai 10 untuk menentukan kualitas situs serta peng-update-an 3 bulan sekali, Alexa menggunakan urutan 1 sampai 30 juta (lebih: tidak diindeks/No data) untuk kualitas situs, artinya semakin kecil angka Alexa Rank semakin baik. Sedangkan peng-update-an data dilakukan setiap hari. Data Alexa akan berubah setiap 24 jam entah itu naik atau turun, yang pasti tidak akan tetap untuk beberapa hari. 

Seperti search engine, Alexa juga tertutup rapat untuk masalah algoritme perayapannya. Kita tidak tahu cara kerja sebenarnya, hanya saja Alexa menjelaskan secara singkat bahwa pengambilan informasi dari sebuah situs disortir, diayak, dihitung, sampai akhirnya mendapatkan peringkat lalu lintas untuk ditampilkan dalam layanan Alexa. Selain itu, Alexa Traffic Rank dari sebuah situs tidak hanya ditentukan oleh lalu lintas situs tersebut, tapi memperhitungkan lalu lintas di semua situs. Perubahan lalu lintas di situs lain mempengaruhi peringkat situs Anda. Hal ini yang menyebabkan kenapa ranking bisa berubah-ubah. Proses ini relatif kompleks. Untuk lebih jelasnya, apa itu Traffic Rank dan penjelasannya silahkan lihat http://www.alexa.com/help/traffic-learn-more

Meningkatkan Alexa Rank 

Seperti yang dijelaskan di atas, cara penghitungan Alexa rank sangat kompleks dan merupakan rahasia. Pengalaman saya membuat beberapa blog, Alexa rank bisa membuahkan hasil berbeda. Juga dari beberapa pengamatan saya terhadap beberapa blog, kadang blog yang berusia lebih 1 tahun pun masih No Data. 

Kadang saya tersenyum dalam hati membaca tutorial tips untuk melangsingkan Alexa Rank yang dibuat oleh beberapa blogger. Celakanya artikel tersebut merupakan ”copas” yang belum tentu kebenarannya serta blognya sendiri masih berada pada posisi jutaan bahkan No Data. Tapi ada juga artikel tentang Alexa yang menarik untuk disimak.

Saya hanya sedikit berbagi pengalaman tentang memperoleh Alexa Rank untuk blog saya, ini murni pengalaman saya dan tidak ada rekayasa. 
  • Saya membuat blog ini lenterakecilku.blogspot.com tanggal 3 Pebruari 2012. Awalnya Alexa No Data. Hingga artikel ini dipublikasikan 24 April 2012 berarti usia blog belum genap 3 bulan dan Alexa Rank telah menunjukkan angka 502.695. Angka selalu bergerak turun setiap hari. 
  • Saya juga mempunyai blog lenterakecil.com yang dilauncing 6 Juni 2011 sampai saat ini (10 bulanan) Alexa menunjukkan 231.230. Ketika usia 2 bulan Alexa masih 1.303.908 dan sempat naik turun pada posisi 500rb-an. Berarti perkembangan Alexa Rank lebih cepat yang blogspot. 
  • Di samping itu saya mempunyai beberapa blog dummy, meski usia lebih dari 6 bulan ranking Alexa rata-rata 2-3jutaan. Perlu diketahui juga, saya memasang toolbar Alexa di browser Chrome yang bertujuan untuk memonitor Alexa Rank blog saya dan melihat ranking blog yang saya kunjungi. 
Catatan: ketika saya update kembali artikel ini Okt 2013, Alexa Rank untuk kedua blog di atas sudah berubah.
Dari berbagai pengalaman tersebut, saya menyimpulkan (sendiri) agar Alexa Traffic Rank lebih baik, yaitu: 
  • Daftarkan blog Anda ke Alexa.com 
  • Kecepatan atau Loading situs berpengaruh besar. Alexa menerapkan Average Load Times: Speed Statistics. 
  • Update artikel sesering mungkin. 
  • Jangan sering mengganti tema atau berpindah server. 
  • Alexa perlu backlink, Cari, tapi jangan berlebihan.
  • Jangan lupa cari pengunjung lewat jejaring sosial atau bookmarking. 
  • Sebenarnya prinsip kerja Alexa hampir sama dengan mesin pencari seperti google, yahoo, dsb. Untuk itu teknik SEO juga perlu diperhatikan
  • Pasang toolbar Alexa di browser dan wigdet Alexa di blog. (optional) 
Intinya adalah mengelola situs atau blog dengan serius dan benar akan dapat meningkatkan Alexa Traffic Rank lebih baik, selain itu dimata mesin pencari pun akan lebih bersahabat.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.