Belajar SEO | Pengantar

05 Juli 2012

Belajar SEO (Search Engine Optimization) seperti juga belajar tentang yang lain, perlu dasar dan tujuan. Tentukan terlebih dahulu apa motivasi untuk belajar SEO.

Seperti yang saya tulis sebelumnya tentang pengertian dasar SEO, teknik SEO adalah proses menganalisa bagaimana mesin pencari itu bekerja agar dapat mengoptimalkan blog yang sesuai dengan algoritma mesin pencari tersebut. Dengan kata lain, menempatkan posisi terbaik (halaman awal) blog atau artikel pada hasil pencarian situs mesin pencari.

Langkah awal belajar SEO adalah mempelajari algoritma mesin pencari tersebut, mengingat algoritma tidak bersifat statis karena sering mengalami perubahan berkala agar memperoleh hasil yang sesuai dengan penggunanya. Untuk itu pahami betul hal-hal berikut:
  • Apa tujuan yang ingin diperoleh/diharapkan dari mesin pencari tersebut? 
  • Bagaimana cara kerja mesin pencari tersebut? 
  • Siapa dibalik pembuat atau pemilik mesin pencari tersebut? 
  • Sejauh mana perubahan dalam algoritma mesin pencari sering dilakukan? 

Dengan mengetahui, tujuan, cara kerja, pemilik dan algoritma mesin pencari tersebut, kita dapat menentukan langkah selanjutnya. Situs penyedia mesin pencari bukan hanya Google atau Yahoo saja, masih banyak yang lain, dan masing-masing mempunyai algoritma yang berbeda meski sedikit mempunyai kesamaan.

Belajar SEO sama dengan belajar strategi


Langkah berikutnya dalam belajar SEO adalah menentukan strategi yang efektif. Strategi untuk menempatkan posisi blog di halaman awal hasil mesin pencari.

Setelah memahami langkah awal, dengan mengetahui bagaimana kinerja mesin pencari tersebut, kita bisa menentukan serta mengelola blog atau situs kita agar benar-benar sesuai dengan syarat, kebijakan situs pencari tersebut. Kemudian, menentukan tujuan situs kita, melakukan analisa terhadap kompetitior, evaluasi kekuatan situs untuk persaingan terhadap sasaran.

Strategi SEO tidak mempunyai standar yang baku, masing-masing individu pemilik situs bisa menerapkan trategi teknik SEO. Saat ini dalam dunia SEO dikenal istilah whitehat yaitu cara SEO mengikuti aturan atau blackhat yaitu dengan cara licik. Terkadang kedua cara tersebut masih digunakan oleh beberapa webmaster untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kenyataan, meski kita telah mengikuti aturan yang ada (whitehat) hasilnya tidak maksimal seangkan dengan cara licik justru membuahkan hasil yang sangat bagus.

Yang terpenting dalam belajar SEO adalah belajar, mencoba dan menambah wawasan serta mengikuti perkembangan SEO.



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.