Meta Deskripsi dalam Website

04 Juli 2012
Meta Deskripsi dalam Website (Meta Description Tag) adalah atribut HTML yang memberikan penjelasan singkat dari isi halaman web, biasanya digunakan oleh mesin pencari pada halaman hasil pencarian untuk menampilkan deskripsi untuk halaman tertentu. 

Fungsi utama Meta Tag Deskripsi sebenarnya adalah memberi penjelasan singkat mengenai halaman-halaman yang ada dalam website. Dengan adanya Meta Deskripsi ini, beberapa layanan web memanfaatkan fasiltas ini, misalkan website mesin pencari seperti google, akan menampilkan deskripsi pada hasil pencariannya.


meta deskripsi dalam website

Perhatikan apabila kita share artikel ke situs Facebook, akan menggunakan deskripsi halaman ketika kita menulis URL-nya, juga untuk situs bookmark seperti digg.com, lintas.me, dsb.

Meta Deskripsi untuk Mesin Pencari 


Google mengumumkan pada bulan September tahun 2009 bahwa meta deskripsi bukan faktor algoritma peringkat Google. Google hanya menggunakan meta deskripsi hanya untuk pengunjung sebagai penjelasan singkat isi halaman yang dicari untuk mencocokkan keterkaian dengan kata kunci atau query yang dituliskan. Sedangkan untuk Yahoo dan Bing masih menggunakan deskripsi sebagai peringkat hasil pencarian. 

Namun perlu diperhatikan, meskipun Google tidak menggunakan sebagai peringkat mesin pencarinya, isi meta deskripsi sangat penting dalam mendapatkan klik melalui pengguna dari halaman hasil pencarian mesin pencari (SERPs) bila mana mengandung kata kunci yang dituliskan serta menarik bagi penggunanya. Dengan paragraf pendek ini mempunyai kesempatan untuk mengiklankan konten halaman yang disajikan. 

Meta Deskripsi yang Menarik 


Meta Deskripsi harus menggunakan kata kunci cerdas, namun deskripsi juga harus dibuat menarik agar seorang pencari akan ingin meng- klik. Deskripsi secara optimal harus antara memiliki 150-160 karakter agar tidak terpotong dalam hasil mesin pencari. 

Seperti tag judul, hindari duplikat Meta deskripsi pada setiap halaman. Biasanya pada beberapa mesin website, Meta Deskripsi secara faktual hanya dimiliki halaman awal (homepage). Salah satu cara untuk mencegah duplikat meta deskripsi adalah menciptakan cara yang dinamis dan program untuk membuat meta deskripsi yang unik untuk halaman otomatis. (dibahas lebih lanjut) 

Bila kita tidak membuat atau menulis Meta Deskripsi tersendiri, mesin pencari akan mengekstrak teks halaman dengan relevansi kata kunci (frase) yang sesuai dengan penggunanya. Meskipun secara logika mesin pencari akan membuat deskripsi sendiri, namun lebih bijaksana untuk menulis meta deskripsi yang baik, daripada membiarkan mesin mengikis suatu halaman web dengan kalimat yang tidak beraturan dan tidak dimengerti oleh penggunanya.




Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.