Pengaruh Server terhadap SERP Google

13 Mei 2012
Pengaruh Server terhadap SERP Google ternyata sangat besar, hal ini terbukti pada blog saya lenterakecil.com. Sebelumnya saya menggunakan tema wordpress yang sangat ringan agar google bot cepat merayapi blog, dan terbukti hanya beberapa menit setelah artikel diterbitkan telah terindeks oleh Google.

Beberapa hari yang lalu, ketika saya membuka blog lenterakecil.com pada sore hari yang tampil hanya tulisan "Error Establishing a Database Connection" dengan kata lain koneksi ke data base terjadi kesalahan sehingga blog tidak dapat dibuka. Seingat saya, kemarin tidak ada masalah.

Segera membuka cPanel dan menelusuri semua masalah, ternyata semua Ok. Akhirnya saya menghubungi penyedia host untuk menanyakan permasalahannya. Ditanggapi dan beberapa menit kemudian blog dapat diakses. Ternyata pada pagi harinya terjadi update database oleh web server tanpa saya ketahui.

Persoalan bukan lagi blog tidak dapat diakses, setelah saya meng-update artikel baru, ternyata beberapa jam tidak terindeks. Baru keesokkan hari artikel tersebut muncul di halaman pencarian dan lebih parah tidak berada di halaman awal dengan kata kunci khusus (biasanya langsung berada pada halaman awal bahkan posisi 1 dengan kata kunci judul lengkap). Untungnya beberapa artikel yang lainnya (sebelum update server) tidak berpengaruh besar. Dan lagi, ketika itu saya mencoba ikut kontes seo namun dengan hasil "gatot" alias gagal total.

Dari pengalaman di atas, juga pengalaman terdahulu ketika pindah hosting dan server kena DDOS, ternyata server berpengaruh terhadap SERP Google. Memang tidak separah ketika pindah server, namun update database yang sempat menghambat akses blog selama setengah hari saja dapat mempengaruhi hasil pencarian Google. Ini analisa saya, entah benar atau tidak karena saya tidak melakukan apapun terhadap tema maupun kode.

Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.