Memilih Kata Kunci Google AdWords

14 Juni 2012
Kata kunci adalah istilah penelusuran (kata atau frasa) yang memicu iklan Anda dan sangat penting bagi keberhasilan iklan Google AdWords. Artikel ini menjelaskan cara memilih kata kunci yang paling efektif serta menilai kinerja kata kunci dan pengaruhnya pada jumlah yang Anda bayar.

Tips popular untuk kata kunci yang bagus

Kata kunci yang bagus:
  1. Panjangnya tidak lebih dari 2-3 kata
  2. Spesifik (kata kunci yang terlalu luas atau umum tidak dapat menjangkau pengguna secara efektif seperti kata kunci yang sangat bertarget)
  3. Terkait langsung dengan teks dalam iklan
  4. Terkait langsung dengan laman tautan iklan (ditentukan oleh URL tujuan)
  5. Kata kunci apakah yang harus saya pilih?

Pertama, lihat konten situs web, lalu tulis setiap kata, kombinasi kata atau frasa yang menjelaskan setiap kategori bisnis Anda. Ini titik awal pembuatan daftar kata kunci.

Cantumkan semua nama merek dan produk serta bentuk jamak, sinonim, dan ejaan alternatif untuk setiap kata atau frasa. Huruf besar atau kecil bukan masalah. Hapus kata kunci yang terlalu umum, tidak relevan, atau tidak jelas.

Setelah itu, kelompokkan kata kunci menjadi beberapa tema yang senada, lalu buat grup iklan baru untuk setiap tema. Masukkan kata kunci ke dalam grup iklan baru ini. Misalnya, jika kampanye adalah untuk kamera digital, Anda dapat mengelompokkan kamera digital mini ke dalam satu grup iklan dan kamera digital SLR ke dalam grup lainnya.

Coba gunakan kata kunci negatif. Kata kunci negatif mencegah penayangan iklan bila kata atau frasa yang Anda tentukan adalah bagian istilah penelusuran. Misalnya, jika Anda menentukan pencocokan negatif -perbaikan, iklan tidak akan tampil untuk istilah penelusuran seperti perbaikan kamera digital.
Ingin informasi dan contoh kata kunci lainnya?

Bagaimanakah cara mengetahui apakah kata kunci berkinerja baik?

Periksa kinerja kata kunci secara rutin dalam tab 'Kata Kunci' di akun.
Status 'Layak' berarti kata kunci layak memicu iklan. Klik ikon dalam kolom status untuk memperoleh rincian selengkapnya tentang kinerja masing-masing kata kunci.

Selain itu, salah satu metrik terpenting yang harus dikaji adalah rasio klik-tayang (RKT), karena menampilkan perbandingan pengguna yang mengklik iklan setelah melihatnya. Kata kunci yang menghasilkan RKT cukup rendah (mis. kurang dari 1% di jaringan penelusuran) seringkali dapat diperbaiki. Penerapan kiat di atas akan membantu meningkatkan kinerja kata kunci. RKT yang lebih tinggi akan membantu meningkatkan posisi iklan di Google.
Pelajari selengkapnya metrik kata kunci yang harus dicari.

Bagaimanakah kata kunci mempengaruhui biaya yang saya bayar?

Jika kata kunci dipilih dengan baik dan Anda mengikuti tips di atas, iklan akan tampil di posisi lebih tinggi atau dengan biaya lebih rendah.

Penawaran AdWords bekerja pada sistem gaya lelang dengan pengiklan menawar kata kunci yang akan memicu iklannya untuk tampil. Karena berbagai pengiklan seringkali menawar kata kunci yang sama, Google harus menentukan iklan yang tampil serta posisinya pada laman. Untuk melakukannya, Google menilai tawaran BPK dan mutu kata kunci:
Tawaran biaya per klik (BPK Maksimum) adalah jumlah yang rela Anda bayarkan bila pengguna mengklik iklan Anda
Angka mutu menunjukkan seberapa relevan iklan dan kata kunci dengan penelusuran di Google yang ditentukan oleh beberapa hal, di antaranya RKT
Ketahui selengkapnya pengaruh penawaran dan mutu kata kunci pada iklan.

Jika mau, Anda dapat memperoleh informasi lengkap tentang kata kunci serta yang lainnya di Panduan Pemula AdWords daring.

Sumber: Tim Google AdWords



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

1 komentar

  1. rada ribet juga sih make kata kunci negatif jadi kita harus cari lawan kata kunci yang di targetin, ad tools buat cari otomatis untuk kata kunci negatif ga gan?? thanx pencerahan :)

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.