Daftar Istilah di Search Engine

18 Juli 2012

Daftar Istilah di Search EngineBerikut adalah beberapa istilah yang sering di jumpai dalam search engine (mesin pencari). Istilah-istilah ini sering dikaitkan dengan SEO (Search Engine Optimization)
yaitu suatu proses untuk meningkatkan visibility sebuah website dalam suatu mesin pencari dengan menggunakan sebuah metode dalam hasil suatu pencarian.


Anchor Text
Teks atau hyperlink yang terlihat. (hyperlink = teks yang berisi link ) Adalah kata-kata yang terdapat pada backlink yang dapat di klik, biasanya kata-kata tersebut adalah suatu keyword yang menggambarkan website yang dituju. Biasanya Anchor Text ini menggambarkan bobot dari link website yang dituju dan Google menilai ini sebagai bahan pertimbangan dalam tingkat Page Rank.

Algorithm
Rumus yang digunakan oleh Search Engine untuk menentukan bagaimana ranking/peringkat halaman ranking blog dalam hasil pencarian.

Bot
Kependekan dari 'robot' (sering juga disebut spider). Bot merujuk pada program yang memindai Web.

Back Link
Link dari halaman lain yang menunjuk pada halaman judul. Juga disebut inbound links atau IBLs. Atau Link yang berasal dari suatu website yang menunjukkan konten suatu website.

Blind Traffic
Kualitas trafik jelek yang didapat dari promosi yang salah atau kurang tepat atau karena melakukan spam ke Search Engine

Clustering
Fenomena dimana Search Engine mendata dua atau lebih halaman sebuah Web dengan sebuah query pencari.

Cloaking
Praktek SEO non-etis dengan cara menggunakan halaman Web yang berbeda-beda
versi, dan setiap halaman ditujukan untuk bot Search Engine tertentu (memanfaatkan kelemahan setiap Search Engine).

Doorway Page / Gateway Page
Sebuah doorway page atau gateway page bertujuan mengalihkan trafik ke halaman lain. Doorway page biasanya didesain dan dioptimisasi untuk keyword/frase kata kunci tertentu dan umumnya bukan ditujukan untuk manusia melainkan bot.

Directory
Sebuah direktori adalah situs yang berisi daftar kategori link-link dari seluruh Web.

Ethical SEO
Melakukan teknik-teknik SEO dengan benar dan legal sehingga tidak membuat situs terdaftar dalam blacklist oleh Search Engine.

Filter Words/ Stop Words
Kata-kata seperti : is, am, an, for, do, was, the, di, ke, dari, untuk, dan kata-kata lain yang dianggap tidak relevan oleh Search Engine.

Google Dance
Google Dance adalah istilah tidak formal yang merujuk pada periode atau saat dimana Google melakukan update pada indexnya.

Hits
Request/ permintaan kepada server situs Sobat.

Keyword
Kata yang mempunyai tujuan tertentu dari suatu tema sebuah situs. Sebagai contoh, jika sebuah Website memberikan informasi tentang Kendaraan, maka keyword yang digunakan sebaiknya : mobil, sepeda, sepeda motor, Honda, Yamaha, dan semacamnya.

Keyphrases
Grup dari keyword.

Keyword Density
Jumlah berapa kali sebuah keyword yang spesifik muncul dalam sebuah halaman dibandingkan dengan jumlah kata-kata di halaman tersebut.

Keyword Research/ Analysis
Proses menganalisa sebuah topik/ situs yang bertujuan untuk mengidentifikasi keyword yang mampu mendeskripsikan topik/ situs tersebut dengan baik.

Keyword Stuffing/ Spamming
Proses menjejali halaman Web dengan keyword baik berhubungan maupun tidak
berhubungan dengan tema dengan jumlah banyak yang bertujuan untuk memperdaya

Link Farm
Grup dari situs yang saling me-link yang bertujuan untuk menaikkan popularitas link. Adalah sebuah group pada suatu website dimana satu link website terhubung dengan website yang lain dan tujuan untuk meningkatkan Page Rank website tersebut.

Unique Visitor
Komputer atau seseorang yang mengunjungi Blog.




Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

1 komentar

  1. gan keyword density di web kami http://mitraelektrikal.com/ tidak bisa maksimal. padahal sudah banyak tag spesifik yg kami masukan, dan jumlah % selalu menurun?

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.