Blog Belajar SEO 2013

Blog belajar seo lenterakecilku.blogspot.com ini memasuki tahun ke 2. Artikel ini merupakan awal di tahun 2013. Bagaimana blog ini selama setahun terakhir di 2012?

Perubahan yang cukup mengecewakan justru berada pada Pagerank. Tiga bulan launching blog belajar seo telah memperoleh PR 2, namun update PR berikutnya justru mengalami penurunan menjadi PR 1. Tapi saya menyadari, bahwa blog ini kurang mendapat backlink dari situs ber PR tinggi, apalagi meng-submit ke social bookmark atau ketika meninggalkan jejak komentar, blog ini jarang saya pakai untuk mengisi URL website.

Di sisi lain, artikel-artikel blog belajar seo ini telah banyak yang di "copas", bahkan ada situs lain yang mengambil feed untuk dipasang ke blog lain dengan otomatis. Saya telah menemukan ada beberapa blog yang telah "mencuri" artikel dari blog ini. Okelah, silahkan saja, saya anggap artikel saya bermanfaat dan  telah disebarkan, meskipun tanpa menyebutkan sumber.

Terus terang, kadang saya juga merangkum dari beberapa artikel di internet sebagai bahan artikel, tapi saya menulis ulang dan tidak "copas" secara utuh. Meski dengan adanya kegiatan tersebut, sedikit merugikan blog, namun saya tidak berniat sedikit pun untuk melapor ke google atau memperingatkan blog tersebut. Inilah resiko bila menulis artikel di internet, siap di kutip, disalin, ditiru, bahkan mungkin dituntut.

Terakhir, di akhir tahun 2012, ada perubahan aneh terhadap serp google untuk blog ini. Meski peng-indeksan masih tetap cepat (hitungan detik) namun yang dihasilkan adalah homepage, bukan artikel. Hal ini setelah saya mengganti template dan sedikit menambah kode. Akhirnya saya coba mengganti template dengan memperhatikan kode-kode yang sekiranya dapat menggangu bot google.

Semoga blog belajar SEO di 2013 dapat memberi sedikit pencerahan pengetahuan seputar belajar blog, seo maupun internet. Selamat Tahun baru 2013.

0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.