Alasan Mengapa Perlu Google Webmaster Tools

09 Februari 2013
Alasan Mengapa Perlu Google Webmaster Tools adalah jika ingin mendapatkan data pengindeksan dan pemeringkatan dari Google. Tentu saja memerlukan sebuah alat bantu untuk menganalisis website yang sesuai dengan saran dari webmaster Google.

 Perlu Google Webmaster Tools
Memang banyak website tools online baik yang gratis maupun berbayar ada di internet, namun Google Webmaster Tools (GWT) merupakan salah satu tools yang sangat dianjurkan jika ingin website diindeks dan diperingkat oleh Google. Bisa saja GWT tidak sesuai dengan webmaster tools milik Bing, Ask atau mesin pencari lain, setidaknya ada beberapa Alasan Mengapa Perlu Google Webmaster Tools.

Berikut alasan mengapa perlu Google Webmaster Tools: 

  1. Data Kata Kunci. Barangkali data kata kunci website tidak bisa didapatkan di tempat lain. Google Webmaster Tools  dengan Web analytics program telah memperlihatkan 20 - 50 persen untuk arahan kata kunci. Kata kunci merupakan kata yang paling banyak digunakan website. Dengan adanya data kata kunci tersebut, kita dapat melakukan pembenahan atau relevankah konten website dengan tema website? Di Google Webmaster Tools bisa mendapatkan 2.000 top organik Google (kata kunci) 
  2. Data link. Google Webmaster Tools akan menunjukkan data profil link lebih lengkap untuk pemilik situs yang telah diverifikasi, termasuk link internal dan link eksternal dari situs lain. 
  3. SEO tools.  Google Webmaster Tools terdapat fasilitas SEO tools untuk menguji kinerja website yang sesuai dengan kriteria mesin pencari pada umumnya. Di tempat lain, mungkin tidak ada tools pengujian file robots.txt, penghapus URL dan mengambil sebagai Googlebot, dan masih banyak SEO tools lain untuk webmaster dan master SEO. 
  4. Pesan dari Google. Jika tidak memiliki akun Google Webmaster Tools, komunikasi penting dari Google tentang website akan hilang. Google akan memberitahu jika website Anda bermasalah, mulai tidak terbacanya sitemap untuk mempercepat indeks, sampai website disusupi malware. 
  5. Informasi untuk Google. Mendaftar ke Google Webmaster Tools akan memberikan akses kepada Google untuk menganalisis data situs. Hal itu memungkinkan Google untuk menunjukkan informasi apa yang dimiliki situs Anda sehingga dapat membuat keputusan yang lebih baik untuk SEO. 
  6. Gratis. Cukup dengan akun Gmail, Google Webmaster Tools sudah dapat langsung difungsikan dan tidak dipungut biaya alias gratis. 

Google Webmaster Tools sebenarnya diperuntukkan khusus untuk Google, namun laporan GWT dapat diunduh dan beberapa data dapat diekstrapolasikan ke Bing Webmaster Tools atau mesin pencari lainnya.Inilah alasan mengapa perlu Google Webmaster Tools.


Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

1 komentar

  1. apakah ada cara lain selain ini?

    http://www.sheva.xyz/

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.