Catatan Pertama Perubahan Blog Kumau Info

12 Februari 2013

Catatan pertama perubahan blog kumau.info ini untuk arsip perkembangan blog ini. Arsip setelah mengalami perubahan kustom domain pada tanggal 3 Februari 2013 yang lalu. Jadi ini penting buat saya, dan mungkin tidak begitu penting buat pengunjung blog ini, atau?

Perubahan Blog Kumau Info


Artikel ini merupakan catatan pertama, setelah 9 hari mengganti subdomain blogspot dari lenterakecilku.blogspot.com menjadi www.kumau.info. Beberapa pengamatan dan analisa telah saya peroleh selama sembilan hari tersebut, sampai artikel ini dibuat 12 Februari 2013.

Awalnya, mencoba penelusuran dengan menggunakan query “site:kumau.info” pada hari ke dua hanya menghasilkan 7 hasil saja. Sedangkan menggunakan query blog lama, ada sekitar 400 hasil. Setiap hari saya coba terus dengan query blog baru, dan hasil terus bertambah. Sampai tulisan ini dibuat sudah mencapai: 537 hasil.

Namun, lenterakecilku.blogspot masih terindeks di google (hasil terakhir 299). Biasanya (pengalaman) jika sudah melakukan kustom domain, sub domain blogspot sudah tidak ada lagi dan diarahkan ke domain baru (301). Berarti, sampai sembilan hari ini, proses re-direct belum sempurna, karena masih ditemukan artikel dengan nama domain lama di hasil penelusuran Google.

Catatan Pertama Perubahan Blog Kumau Info


Di Google Webmaster Tools pun, masih ada beberapa fasilitas yang menunjukkan No data. Bahkan pembangunan backlink belum terindeks banyak, hanya satu yaitu dari blogspot sendiri.

Kecepatan pengindeksan artikel pun masih lama. Artikel terakhir baru ditampilkan setelah dua hari publish, namun dengan data indeks dua hari yang lalu. Berarti sudah diindeks, tapi baru ditampilkan dua hari kemudian. Berarti homepage sudah diindeks, namun entah di posisi berapa.

Untunglah dengan sisa-sisa hasil pencarian untuk blog lama masih ada di Google, dan masih bisa mendatangkan pengunjung meski tidak sebanyak dulu. Posisi SERPs dengan kata kunci tertentu, masih bertahan. Artinya tidak terlempar jauh. Meski ada penurunan namun tidak begitu signifikan.

Lumayan berat juga untuk mengembalikan posisi SERPs seperti semula. PageRank yang kembali 0 dan Alexa Rank juga No data lagi. Tapi untuk saat ini, dalam 9 hari alexa sudah muncul dengan posisi di 3.309.741, perlu tenaga ekstra agar bisa ke 200ribuan kembali.

Untuk sementara, saya tidak membuat artikel yang spesifik dulu tentang SEO, blog atau informasi lainnya dulu, dikarenakan pengindeksan yang kurang bagus. Bisa-bisa artikel saya di “copas” dan saya malah dianggap “pengopas” karena di SERPs datang belakangan. Cukup sekian dulu Catatan Pertama Perubahan Blog Kumau Info




Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

4 komentar

  1. Semoga cepat kembali seperti semulah blognya bang,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims... untuk owner edynlaskar09.blogspot.com

      Hapus
  2. Salam kenal mas, kunjungan perdana, sedang migrasi blog ya mas. Semoga cepat selesai ya mas...

    Kunjungi jogja via http://joogjacircles.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekaligus untuk uji coba pengaruh SEO bila kustom domain di blog yang telah berjalan baik.
      Salam kenal kembali.

      Hapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.