Mengganti SubDomain Blogspot

05 Februari 2013

Sebelumnya, artikel mengganti subdomain blogspot ini bukan membahas bagaimana cara melakukannya, namun untuk membuktikan tulisan saya terdahulu yaitu Resiko Custom Domain di Blogspot. Mohon dimengerti dan maklum

Mengganti Sub Domain Blogspot
Mengganti subdomain blogspot dengan domain nama sendiri atau istilahnya custom domain merupakan fasiltas blogger yang dapat kita gunakan. Jika tidak mau ada embel-embel nama blogspot di URL, maka melalui custom domain, subdomain blogspot dapat diubah menjadi  nama domain kita sendiri. Misalkan: lenterakecilku.blogspot.com bisa menjadi lenterakecilku.com. Namun fasilitas termasuk mesin blog masih tetap menggunakan blogger.com sebagai penyedia domain blogspot.com

Saya pernah menulis tentang Resiko Custom Domain di Blogspot yang secara garis besarnya dapat disimpulkan:
  1. Mengganti subdomain blogspot berarti blog akan dianggap sebagai blog baru
  2. Mengganti subdomain blogspot akan terjadi perubahan pada Alexa rank dan PageRank.
  3. Mengganti subdomain blogspot berdampak pada penurunan kecepatan peng-indeks-an mesin pencari.
  4. Mengganti subdomain blogspot mengakibatkan trafik kunjungan menurun.
  5. Mengganti subdomain blogspot berakibat hilangnya pelanggan artikel Feed (Permanent).

Mengganti SubDomain Blogspot


Terus terang, saya belum pernah mengganti subdomain Blogspot untuk blog aktif, dalam artian blog dikelola dengan baik yang telah memperoleh PR dan angka Alexa Rank di bawah 500ribu serta ada pengunjung lebih dari 100 per hari. Namun saya mencoba memberanikan diri untuk mendapat Resiko jika melakukan Custom Domain di Blogspot.

Blog ini, dibuat 2 Februari 2012 dan awalnya (3 bulan) mendapat PR 2 lantas turun ke PR 1 karena sedikit mencari backlink serta (mungkin) banyak yang “copas” bulat-bulat konten blog. Sedangkan Alexa Rank terakhir berada pada angka 290 ribuan. Untuk kunjungan berdasar Google Analytic, rata-rata kunjungan 200/hari.

Tepat 3 Februari 2013, berarti usia blog sudah setahun, saya mengganti subdomain blogspot yang semula lenterakecilku.blogspot.com menjadi www.kumau.info. Awalnya saya ragu, blog sudah berjalan baik dan meski tidak di nomer satu, blog ini pernah menang kontes seo berskala kecil (lagi-lagi tanpa optimasi maksimal). Tapi saya perlu membuktikan tulisan saya terdahulu, biarlah resiko mengganti subdomain Blogspot saya terima.

Resiko Mengganti SubDomain Blogspot


Sebenarnya terlalu dini untuk menulis pengalaman resiko mengganti subdomain Blogspot, hanya berselang dua hari saja. Akan tetapi 2 poin di atas yaitu blog akan dianggap sebagai blog baru dan terjadi perubahan pada Alexa rank dan PageRank telah terjadi.

Kini blog ini ber-PR 0 dan Alexa menjadi No data (belum terindeks). Untungnya, pengunjung masih ada dikarenakan hasil SERP Google sebagai penyumbang trafik kunjungan terbesar masih menyisakan indeks pencarian dari lenterakecilku.blogspot.com. Sedangkan untuk pengindeksan dengan domain baru www.kumau.info masih sedikit (saat artikel ditulis menunjukkan hasil 53) itu pun merupakan hasil re-direct 301 dari subdomain blogspot. Untuk artikel dengan domain baru (hanya 2) belum terindeks.  

Sekali lagi, artikel ini bukan membahas bagaimana cara mengganti sub domain blogspot, namun lebih mengarah ke pengalaman saya. Bagaimana hasil selengkapnya kita tunggu 1 sampai 3 bulan lagi.



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

1 komentar

  1. Yah telah baca saya, ternyata efeknya ga enak juga yah
    yang saya liat si 2 hari ini pengunjung turun drastis dan jumlah index juga berkurang

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.