Mengoptimalkan Gambar Untuk Mesin Pencari

09 Februari 2013
Mengoptimalkan Gambar Untuk Mesin Pencari. Di Google, fasilitas pencarian gambar telah digunakan oleh jutaan orang setiap hari untuk menemukan sebuah gambar berkualitas, yang mungkin digunakan untuk desktop, gambar profil, kutipan foto dll. Namun bukan hanya Google yang menyediakan pencarian gambar, ada banyak mesin pencari lainnya seperti Yahoo, Bing, Ask, Aol dll yang juga digunakan oleh pengguna internet. 
Mengoptimalkan Gambar

Setiap blogger tentu berharap mendapatkan lebih banyak trafik kunjungan pada blog-nya. Beberapa usaha untuk mengoptimalkan konten blog dilakukan dengan baik, agar bisa mengambil posisi teratas di hasil mesin pencarian. Namun terkadang mengabaikan gambar yang ada dalam konten blog dengan tidak mengoptimalkan gambar untuk mesin pencari.

Padahal dengan mengoptimalkan gambar untuk mesin pencari, kesempatan mendapat trafik website bisa diperoleh jika gambar yang ada berada dalam posisi awal hasil pencarian gambar sebuah mesin pencari. Hanya saja, ada persyaratan yang harus dipenuhi, karena gambar “mentah” tanpa tag yang tepat adalah sampah.

Mengoptimalkan Gambar Untuk Mesin Pencari


Berikut adalah beberapa langkah penting yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan gambar untuk mesin pencari. 

1. Gunakan nama gambar dengan kata kunci yang ditargetkan.
Sebelum meng-upload gambar ke sebuah artikel, sebaiknya mengubah nama gambar dengan kata kunci yang Anda ingin targetkan.

2 Tambah tag judul dan tag alt pada gambar.
Ini adalah langkah SEO yang paling penting untuk gambar. Kedua tag atribut html dan harus diisi dengan kata kunci yang tepat. Mesin pencari menganggap penting meta tag alt <alt=” ”>dan tag judul <title=” “> yang hanya membutuhkan waktu beberapa detik untuk mengisi kedua tag.

3 Hindari Kata-kata berlebihan
Ini berkaitan dengan isi meta tag, sebaiknya gunakan kata kunci (teks jangkar) yang padat, singkat dan jelas. Hindari banyak kata kunci atau pengulangan. Anda mungkin menyadari baru-baru ini update algoritma google penguin . Bisa saja menjadi korban dari perubahan update algoritma seperti google penguin.

4 Relevansi Gambar
Sebelum memilih gambar pastikan bahwa gambar tersebut relevan dengan konten dan tidak tampak aneh dengan konten. Karena efek gabungan dari gambar dan konten sangat penting. Hal ini juga membantu pengunjung untuk membaca konten agar lebih dramatis.

5 Jumlah gambar
Sebenarnya tidak ada batasan jumlah gambar yang dapat ditampilkan (kecuali kapasitas disk space blog). Namun sebaiknya, cukup satu atau dua gambar di sebuah artikel karena tujuan utama adalah informasi artikel bukan galeri gambar (kecuali memang blog galeri foto).

6 Gunakan Gambar High Quality
Ini juga merupakan salah satu hal yang perlu dipertimbangkan karena dalam pencarian gambar, pengguna internet biasanya mengklik gambar yang berkualitas, menarik, eye catching, unik dan menarik.

Keuntungan Mengoptimalkan Gambar Untuk Mesin Pencari

  1. Gambar dapat menarik perhatian pengunjung blog. “An image speaks louder than thousands words” 
  2. Gambar lebih mudah mendapatkan peringkat di search engine 
  3. Gambar memberikan pintu lain untuk mendapatkan trafik kunjungan 
  4. Gambar juga membantu untuk mengurangi tingkat bouncing dari blog Anda. Menurut pengalaman master dapat meningkatkan peringkat Alexa. 

Hanya ada satu kelemahan dari penggunaan gambar yaitu dapat memperlambat loading sewaktu awal membuka website. Namun mengingat semua manfaat di atas, yang satu ini bisa diabaikan. Apalagi sekarang banyak software pengolah gambar yang dapat mengkompres ukuran gambar tanpa meninggalkan kualitas gambar. Selain itu kecepatan internet juga semakin baik. Mengapa tidak mengoptimalkan gambar untuk mesin pencari? 



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.