Pengertian Istilah Webmaster

06 Februari 2013

Pengertian istilah webmaster kumau.info. Webmaster merupakan istilah profesi yang sangat populer di kalangan internet khususnya web developer. Istilah ini sering digunakan kepada orang yang berkecimpung dalam dunia website, terutama untuk pemilik sebuah web yang terkadang hanya sebagai “operator” saja. Kata-kata “hello webmaster” “to webmaster” dan sebagainya, sering kita baca, entah lewat email, penggunaan tools website, atau yang lainnya.
Pengertian Istilah Webmaster

Dahulu, istilah webmaster diberikan kepada orang yang sudah ahli dalam bidang web developer. Kemampuan seorang webmaster mencakup 2 keahlian yaitu: web desainer dan web programmer. Ada orang yang berbakat mendesain tampilan website menjadi menarik karena berdasarkan cita rasa estetika keindahan, maka orang tersebut bisa menjadi web desainer. Dan sebaliknya, ada juga yang mampu membuat sebuah skrip pemrograman website yang dinamis, atraktif berdasarkan logika dan algoritma yang penuh dengan baris kode-kode, maka jadilah web programmer yang handal.

Padahal web desain dan web program harus saling melengkapi agar ketika membangun sebuah website tampak cantik, dinamis dan interaktif. Web desainer kadang lemah dari sisi pemrograman, dan sebaliknya, web programmer kadang menghasilkan tampilan website yang kurang menarik. Jika seseorang memiliki dua keahlian membangun website tersebut maka gelar webmaster layak disandang.

Pengertian Istilah Webmaster


Pada saat ini, perkembangan internet dan website yang sudah semakin maju, dan berkat kerja para webmaster sesungguhnya, banyak webmaster dadakan bermunculan. Apalagi ditambah banyaknya website berbasis CMS maupun lainnya yang dapat digunakan secara instan dan gratis. Sebut saja wordpress, blogspot, joomla, weebly, journal, dll, dengan mudahnya kita bisa memodifikasi tampilan dan skrip. Lantas, apakah layak disebut seorang Webmaster? Pengertian istilah webmaster kumau.info

Istilah webmaster sesungguhnya adalah orang yang mampu mendesain dan memprogram sebuah website. Selain itu webmaster dituntut juga mempunyai kemampuan dan wawasan yang luas mengenai kemampuan desain dan program, sehingga bisa merencanakan, merancang dan menganalisa website dengan baik. Bahkan untuk tingkat lanjut, webmaster harus mempunyai kemampuan mengamankan website dari serangan-serangan orang yang tak bertanggung jawab yang selalu mengintai untuk melakukan hack dan deface.

Inilah sedikit gambaran pengertian istilah webmaster. Jika berniat dan serius ingin menjadi webmaster sesungguhnya, pelajari kedua dasar tersebut setahap demi tahap secara konsisten. Seorang webmaster sejati tidak pernah menganggap dirinya adalah webmaster, karena selalu harus belajar dan terus belajar. Selain itu, harus punya ciri khas yaitu tidak sombong dan mau berbagi pengalaman dan ilmu. Kumau Info



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

3 komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.