Pengertian URL, DNS dan Alamat IP

16 Februari 2013
Istilah dan Pengertian URL, DNS dan Alamat IP bagi blogger tentu tidak asing lagi. Istilah ini sangat familiar di internet, namun bagi peselancar maupun blogger pemula istilah ini masih membingungkan.Berikut rangkuman kata teknis web yaitu: URL, DNS dan Alamat IP serta menjelaskan secara sesederhana dan seakurat mungkin. 

URL (Uniform Resource Locator)

URL adalah alamat web yang ditulis/diketik di kotak alamat browser untuk menuju ke sebuah website (situs). Setiap situs memiliki URL. Misalnya, URL http://lenterakecilku.blogspot.com/ akan membawa Anda ke situs Blog Belajar SEO milik Kang Andre.

DNS (Domain Name System)

DNS (Domain Name System - Sistem Nama Domain) pada dasarnya mirip sebuah buku telepon untuk web. DNS merupakan sebuah sistem layanan jaringan yang menyimpan informasi nama host atau nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database). DNS akan menerjemahkan nama tersebut menjadi alamat IP (internet protokol). Dengan adanya DNS ini, mempermudah pengguna internet menemukan website dengan sebuah nama yang lebih familier. Misalkan,  nama www.kumau.infoakan lebih mudah diingat, dikenal, ditulis daripada 216.239.38.21 (IPv4) atau pun 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

Alamat IP (Internet Protocol)

Setiap URL (misalnya, “www.google.com”) memiliki alamat angka yang disebut dengan alamat IP. Alamat IP adalah rangkaian angka yang menentukan di mana komputer atau perangkat seluler tertentu ada di internet. Alamat IP tertulis seperti ini: 74.125.19.147 atau 2001:e00:d:10:3:140::83. Karena alamat IP begitu rumit dan sulit diingat, dibuatlah URL. Sebagai ganti mengetik alamat IP (45.732.34.353) untuk membuka situs web Google, cukup hanya mengetik URL, www.google.com.

Keterkaitan URL, DNS dan Alamat IP


Untuk menemukan sebuah website, dibutuhkan sebuah alamat URL di peramban (browser). Namun, sebuah website pada dasarnya menggunakan alamat IP dengan kode angka yang sulit diingat, maka dibutuhkan DNS agar dapat menterjemahkan URL menjadi alamat IP.
Misalkan: Anda ingin menuju ke situs google.com. Seharusnya anda menuliskan alamat IP (45.732.34.353). Dengan adanya DNS cukup menulis www.google.com atau google.com di kotak address browser.




Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

6 komentar

  1. Nah kang saya yang masih bingung nih masalah IP,, orang hacker itu kenapa bisa tau ya IP yang menyerang blog lain... sementara kunjungan kan macam2.. biasanya kalo mengunjungi web hosting atau toko online besar, pasti ada tulisan IP anda XXXXX kami akan mencatatnya,. nah kira2 benar gak ya tuh???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar. Melalui Alamat IP bisa diketahui nama server beserta lokasi untuk tiap komputer host dalam jaringan Internet Kalau dibahas lebih dalam, alamat IP sangat kompleks.

      Hapus
  2. oh jadi gitu
    terimakasih gan
    atas info nya

    BalasHapus
  3. asik isi nya sangat menarik
    dan sangat menghibur
    thanxs gan

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.