Pengertian URL, DNS dan Alamat IP

Istilah dan Pengertian URL, DNS dan Alamat IP bagi blogger tentu tidak asing lagi. Istilah ini sangat familiar di internet, namun bagi peselancar maupun blogger pemula istilah ini masih membingungkan.Berikut rangkuman kata teknis web yaitu: URL, DNS dan Alamat IP serta menjelaskan secara sesederhana dan seakurat mungkin. 

URL (Uniform Resource Locator)

URL adalah alamat web yang ditulis/diketik di kotak alamat browser untuk menuju ke sebuah website (situs). Setiap situs memiliki URL. Misalnya, URL http://lenterakecilku.blogspot.com/ akan membawa Anda ke situs Blog Belajar SEO milik Kang Andre.

DNS (Domain Name System)

DNS (Domain Name System - Sistem Nama Domain) pada dasarnya mirip sebuah buku telepon untuk web. DNS merupakan sebuah sistem layanan jaringan yang menyimpan informasi nama host atau nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database). DNS akan menerjemahkan nama tersebut menjadi alamat IP (internet protokol). Dengan adanya DNS ini, mempermudah pengguna internet menemukan website dengan sebuah nama yang lebih familier. Misalkan,  nama www.kumau.infoakan lebih mudah diingat, dikenal, ditulis daripada 216.239.38.21 (IPv4) atau pun 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

Alamat IP (Internet Protocol)

Setiap URL (misalnya, “www.google.com”) memiliki alamat angka yang disebut dengan alamat IP. Alamat IP adalah rangkaian angka yang menentukan di mana komputer atau perangkat seluler tertentu ada di internet. Alamat IP tertulis seperti ini: 74.125.19.147 atau 2001:e00:d:10:3:140::83. Karena alamat IP begitu rumit dan sulit diingat, dibuatlah URL. Sebagai ganti mengetik alamat IP (45.732.34.353) untuk membuka situs web Google, cukup hanya mengetik URL, www.google.com.

Keterkaitan URL, DNS dan Alamat IP


Untuk menemukan sebuah website, dibutuhkan sebuah alamat URL di peramban (browser). Namun, sebuah website pada dasarnya menggunakan alamat IP dengan kode angka yang sulit diingat, maka dibutuhkan DNS agar dapat menterjemahkan URL menjadi alamat IP.
Misalkan: Anda ingin menuju ke situs google.com. Seharusnya anda menuliskan alamat IP (45.732.34.353). Dengan adanya DNS cukup menulis www.google.com atau google.com di kotak address browser.


0 komentar:

Posting Komentar

Semua komentar dimoderasi. Maaf jika komentar tidak ditampilkan atau dibalas.