Tautan ke Situs Anda (Backlink) - Catatan

20 Februari 2013
Sebelumnya mohon diperhatikan: Artikel Tautan ke Situs Anda (Backlink) bukan membahas masalah backlink, namun merupakan catatan kedua perubahan blog kumau.info sebagai arsip perkembangan blog akibat mengganti subdomain blogspot.

Tautan ke Situs Anda


Setelah membuat catatan pertama, yang saya tunggu selama ini telah muncul, yaitu Tautan ke Situs Anda (Backlink) di Google Webmaster Tools (GWT) pada hari ke 17 sejak kustom domain 3 Februari 2013. Sebenarnya banyak tools online untuk mengecek backlink, namun saya lebih percaya GWT karena saya masih berharap ke mesin pencari Google.

Awalnya saya menganggap perlu mencari backlink lagi atau setidaknya mengulang tautan (backlink) yang telah dibangun di subdomain blogspot. Karena ini adalah untuk domain baru yang digunakan untuk custom domain blogspot, maka saya mencoba membangun backlink lagi dengan menggunakan data link homepage www.kumau.info.

Hanya saja hasil pembangunan link situs ini belum muncul di GWT. Pada hari ke 9 semenjak blog ini didaftarkan di Google Webmaster Tools, baru muncul 1 Tautan ke Situs Anda (Backlink) dari blogspot dengan jumlah link 355. Sepertinya, backlink yang saya bangun belum membuahkan hasil.

Ternyata malam ini (hari ke 17) ketika saya membuka GWT dan langsung menuju ke pilihan Lalulintas > Tautan ke Situs Anda, yang saya harapkan datang juga. Total tautan 19.976 bukan angka 355 lagi seperti sore tadi. Segera saya update artikel catatan kedua perubahan Tautan ke Situs Anda (Backlink) blog kumau. Info (takut lupa).

Tautan ke Situs Anda (Backlink)


Ternyata (lagi) anggapan untuk membangun backlink ulang untuk domain baru sebagai pengganti subdomain blogspot, TIDAK PERLU! Karena blogspot juga akan mengubah semua Tautan ke Situs Anda (Backlink) yang lama ke domain yang baru melalui tautan perantara subdomain blogspot. (lihat gambar di bawah ini)

hasil tautan

Memang total tautan sedikit. Sebelumnya, saya jarang membangun backlink lagi untuk blog lenterakecilku.blogspot. Mungkin karena ini, PR 2 turun jadi PR 1. Dan semua tautan merupakan hasil dari pembangunan link subdomain blogspot (domain lama)

Sepertinya, Tautan ke Situs Anda (Backlink) versi Alexa.com juga berlaku sama. Hanya saja jumlahnya masih sedikit hanya 7 link (saat artikel ini dibuat) dan saya tidak/belum membangun backlink dari 7 situs tersebut. Kemungkinan dari backlink dengan menggunakan url yang lama yaitu lenterakecilku.blogspot.com. 

backlink alexa


Terus terang, ini pengalaman baru saya. Kalau tidak berani mencoba sendiri resiko custom domain blogspot seperti yang saya tulis, mungkin saya belum berani mengatakan bahwa tidak perlu mengulang membangun backlink jika melakukan custom domain di blog yang berjalan baik (bukan blog baru). Kalau mau menambah, itu lebih baik.

Dan ini juga sebagai jawaban atas pertanyaan saya sendiri, kenapa hasil "Google SERP" tidak berubah jauh.

Karena blog terlihat belum sempurna, salah satunya, pengindeksan Google juga masih lambat, nanti saya lanjutkan di catatan berikutnya.



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

24 komentar

  1. kepada teman blogger..
    kami dari ads.kunbero.com menawarkan anda untuk mendaftar menjadi publisher kami...
    ads.kunbero.com adalah program PPC terbaru di indonesia...
    PPC adalah program periklanan dimana sebagai blogger anda akan mendapatkan uang dari iklan yang anda pasang..
    untuk lebih jelasnya langsung saja ke ads.kunbero.com dan mendaftar menjadi publisher kami...
    terima kashih

    BalasHapus
  2. mas mau tanya kalo tautan situs di google webmaster updatenya berapa kali sehari yah, kok saya sudah 2 hari ini tidaka update lg, padahal sy sudah blogwalking ber pr, knp ya mas?

    thx..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak ada petunjuk yang jelas, seperti halnya submit url ke Google.
      Tapi perlu diketahui, tidak semua backlink diakui oleh google,(menurut GWT)

      Hapus
    2. kalo mau nyari situs2 yang sudah pasti akan terekam di webmaster itu gimana caranya ya mas?

      Hapus
    3. Situs2 Backlink checker nggak bisa mengakses GWT karena bersifat personal, jadi perbanyak backlink lantas catat situs2 yang terindeks oleh GWT

      Hapus
  3. mantap mas... saya numpang belajar ya mas.. dengan membaca-baca isi blog mas..

    BalasHapus
  4. tautan ke situs anda punyaku kok tidak ada ya mas? tidak ada back link sama sekali.. padahal udah blogwalking dan forum

    BalasHapus
  5. menarik mas pengalamannya.. apalagi buat saya yang masih newbie

    BalasHapus
  6. Memang berapa lama sih WMT update back link nya, situsku 1 minggu belum update WMTnya

    BalasHapus
  7. Info yang bagus bos
    tapi saya masih bingung gimana cara membangun backlink itu sendiri|
    saya sudah sering komen seperti ini di blog orang lain dan meninggalkan Link blog saya tapi kenapa di GWT kok gak ada hasilnya semuanya masih nol
    http://belajarblog54.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah ini yang dinamakan menanam backlink

      Hapus
  8. thank's for sharing this article...very interesting this article sir?

    BalasHapus
  9. maaf mas, kok saya masih rada bingung ya soal backlink ini >_<

    mampir ya
    http://robofics.wordpress.com

    BalasHapus
  10. mantap gan... makasih infonya

    BalasHapus
  11. sangat bermanfaat mas, ijin prakteknya

    BalasHapus
  12. SAYA SANGAT AWAM ,BELUM NGERTI SAMA SEKALI BACKLINK

    BalasHapus
  13. ijin pelajari mas, thx info nya tuk pemula : http://mejarapuh.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  14. Artikel jelas dan bermanfaat, namun saya tetap bertanya, Apakah setelah custom domain seperti www.blogkopinet.web.id milik saya akan tetap tercatat backlink lamanya saat masih blogpsot.co.id gan ?

    BalasHapus
  15. Thanks gan infonya kunbal

    http://www.bisniscandil.blogspot.com

    BalasHapus
  16. Mas... apakah blogwalking dan meninggalkan komentar di blog orang lain itu otomatis menghasilkan backlink? (kalau sempat kunjungi blog saya ya mas http://www.blog-dan-komputer.com/)

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.