Google Tetap Memimpin Jumlah Pencarian

04 Maret 2013

Google tetap memimpin jumlah pencarian di tahun 2012. Google sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia, jauh meninggalkan pesaingnya. Walaupun, selama tiga bulan terakhir, mesin pencari Google telah turun di bawah 80%. Hal ini menunjukkan telah kehilangan beberapa pengguna mesin pencari.

Namun, persentase besar yang tersisa dari Google sedang direbutkan oleh mesin pencari lain. Bahkan Yandex benar-benar telah mengambil posisi dari mesin pencari Bing.

Berikut hasil analisa penggunaan mesin pencari di www (internet) yang berasal dari comScore. Sebenarnya hasil ini tidak dipublikasikan untuk umum, namun setelah hasil tersebut muncul pada GigaOm , comScore akhirnya mempublikasikan secara luas.

Para praktisi dan pengamat SEO lebih banyak perhatian atau difokuskan pada  mesin pencari Yandex yang berhasil melewati Microsoft (Bing) untuk mengambil alih tempat keempat sebagai mesin pencari paling populer di dunia, dari pada mengamati Google yang meski turun namun tetap nomor 1 sebagai mesin pencari.

Google Memimpin Dalam Jumlah Pencarian


Berikut tabel yang menunjukkan jumlah pencarian (dalam miliar) yang telah terjadi selama beberapa bulan terakhir untuk setiap mesin pencari, di seluruh dunia. Angka "Others" adalah pencarian yang terjadi di search engine yang bukan salah satu dari lima besar.

Google Tetap Memimpin Jumlah Pencarian


Di bawah ini, Anda dapat melihat persentase masing-masing mesin pencari untuk total seluruh dunia. 
Untuk Desember 2012, lanskap pencarian adalah seperti ini: 
  • Google: 114,7 miliar pencarian, pangsa 65,2%
  • Baidu: 14,5 miliar pencarian, pangsa 8,2%
  • Yahoo: 8,6 miliar pencarian, pangsa 4,9%
  • Yandex: 4,8 miliar pencarian, pangsa 2,8%
  • Microsoft: 4,5 miliar pencarian, pangsa 2,5%
  • Lainnya: 28,7 miliar pencarian, pangsa 16,3%


Berikut adalah Tabel untuk jumlah pencari atau orang yang mengunjungi situs mesin pencari pada bulan tertentu dan melakukan pencarian. Setiap pencarian tetap dihitung satu orang sebagai individu yang unik dengan menggunakan mesin pencari.Angka-angka, dalam jutaan:

Google Tetap Memimpin Jumlah Pencari


Menggunakan angka di atas, untuk Desember 2012, lanskap global seperti ini: 
  • Google: 1,17 miliar pencari yang unik, pangsa 76,6%
  • Baidu: 293 juta pencari yang unik, pangsa 19,2%
  • Yahoo: 292 juta pencari yang unik, pangsa 19,2%
  • Microsoft: 269 juta pencari yang unik, pangsa 17,6%
  • Yandex: 74 juta pencari yang unik, pangsa 4,9%

Catatan: jika Anda menambahkan semua angka-angka dan bertanya mengapa bisa lebih dari 100%, jawabannya sederhana. Sebuah pencari yang unik dapat menggunakan lebih dari satu mesin pencari. Menurut comScore, terdapat 1,5 miliar pencari yang unik di seluruh dunia. Sebagian besar dari mereka menggunakan Google, tetapi beberapa dari mereka menggunakan mesin pencari lainnya, juga.

Sumber: searchengineland.com



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

2 komentar

  1. mau tanya mas,supaya bisa tau website kita naik peringkatnya itu gimana ya caranya,khususnya untuk web baru,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Secara umum adalah trafik kunjungan meningkat. Pakai Google analytic dan pantau terus.
      Selain itu, kita bisa melihat keberadaan website, Apakah:
      Google PR naik?
      Alexa Rank kecil?
      Di SERP banyak indeks (google, yahoo, bing, dll)?

      Hapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.