Mengapa Komentar Blog Dihapus

08 Maret 2013

Mengapa komentar di blog dihapus atau tidak ditampilkan? Ada beberapa jawaban yang menjadi penyebab kenapa hal tersebut bisa terjadi. Namun terlebih dahulu, kita wajib mengetahui juga alasan orang membuat komentar.

Komentar Blog Dihapus


Pada dasarnya komentar blog adalah untuk menanggapi tulisan artikel yang telah dibaca. Bentuk komentar bisa bermacam-macam, bisa setuju atau menolak isi artikel, mengkritik atau meralat tulisan, bertanya karena kurang mengerti isi tulisan, bahkan menulis komentar sampah (spam) yang tidak ada kaitan dengan isi tulisan.

Komentar bersifat optional yang artinya tidak wajib ditulis ketika seseorang telah membaca artikel blog. Tidak ada keharusan pembaca membuat komentar, sekalipun artikel tersebut luar biasa hebat. Dan ini pun punya alasan yang beragam pula, mengapa pembaca tidak mau meninggalkan komentar.

Berbagai alasan dan tujuan pembaca membuat komentar di blog. Ada yang memang menanggapi tulisan tersebut, ada juga yang ingin meninggalkan jejak link blog untuk mencari backlink, ada juga yang bertujuan mempromosikan blog atau beriklan, ada yang sengaja menghina, menghasut, memprovokasi seseorang atau pemilik blog lewat kolom komentar. Bahkan saya pernah mendapat komentar yang berisi script virus.

Mengapa komentar di blog dihapus atau tidak ditampilkan


Dari uraian di atas, setelah mengetahui alasan dan tujuan membuat komentar di blog, beberapa pemilik blog akan mengantisipasi komentar yang masuk. Sebenarnya, pemilik blog akan senang jika ada tulisan/artikel yang ada di blog-nya dikomentari. Berati ada diskusi atau tanggapan terhadap apa yang telah ditulis, hanya saja tidak semua komentar dapat memuaskan pemilik blog.

Alasan utama komentar di blog dihapus atau tidak ditampilkan adalah komentator telah melanggar aturan yang telah dibuat oleh pemilik blog atau bisa jadi komentar tidak berkenan di hati pemilik blog. Selain itu, ada juga halaman yang memang tidak memerlukan dan diharapkan dikomentari.

Komentar yang baik, sopan serta sesuai dengan materi artikel, tentu sangat diharapkan, namun apa yang terjadi? Tujuan dan alasan berkomentar yang hanya mencari backlink, spamming, promosi, mengandung kata-kata kotor, provokasi, bertentangan dengan SARA, mungkin oleh sebagian pemilik blog dianggap merusak tampilan kolom komentar. Tindakan selanjutnya adalah menghapus atau tidak menampilkan jika komentar melalui moderasi terlebih dahulu.

Terlebih untuk blog yang memperhatikan SEO. Dengan meloloskan dan menerima komentar spam yang telah ditandai oleh anti spam seperti akismet, dll, akan menjadi masalah untuk Google. Out link aktif (active link) yang banyak di kolom komentar akan menimbulkan kerugian popularitas blog (meski nofollow). Jika SEO diperhatikan oleh pemilik blog, kemungkinan besar komentar dengan link aktif atau spamming akan dihapus atau tidak ditampilkan (kecuali dengan pertimbangan tertentu).

Jika di atas atau di bawah kolom komentar terdapat tulisan, semisal: “Maaf jangan memberi link aktif” atau “link aktif akan dihapus” “komentar sesuai topik artikel” “berkomentar dengan sopan” dan lain-lain, namun kita mengabaikan peringatan tersebut, pastilah komentar dihapus atau tidakditampilkan.

Bila berkomentar di blog yang berbeda bahasa dan berkomentar dengan bahasa kita sendiri, kemungkinan besar juga dihapus atau tidak ditampilkan, terlebih hanya bertujuan nyepam.

Bagaimana jika ingin mencari backlink atau promosi? Beberapa blog mengaktifkan kolom “website” atau “URL” pada kolom komentar, gunakan fasilitas tersebut. Jika blog menggunakan komentar pihak ketiga seperti discuss, openID, dll, buat akun dan isi profil dengan URL Anda. Jika terpaksa mengisi kolom komentar dengan link aktif, cobalah menghubungi pemilik blog atau membuat alasan dengan tepat mengapa perlu active link.

Buat komentar yang sopan, sesuai topik dan aturan yang telah ditetapkan pemilik blog. Atau lebih baik tidak berkomentar jika nantinya komentar akan dihapus atau tidak ditampilkan. Bila ingin berkomentar, komentarlah… namun pemilik blog mempunyai hak untuk melakukan penghapusan atau tidak menampilkan komentar Anda.



Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

21 komentar

  1. Saya sih lebih memilih gak pakai moderator2an. karena saya akan senang sekali bila ada masukan dari pembaca. dengan adanya komentar dan opini dari pembaca setidaknya membuat saya semakin bergairah membuat content berkualitas lainnya.

    BalasHapus
  2. Kalau saya sih sarankan kalau berkomentar ya harus sesuai dengan konten yang dibaca..

    bukan komentar seperti, pertamax gan!, blogwalking disini, kunjung balik ya, dan lain-lain.

    BalasHapus
  3. terimakasih gan atas infonya salam kenal yah gan
    permisi numpang promonya yah
    rajalistrik.com, the biggest technical industrial online shop, menawarkan lebih dari 200.000 item produk dari kurang lebih 200 merek, baik lokal maupun global.http://rajalistrik.com/

    BalasHapus
  4. Kementar Di Blog Yang Tidak Sesuai Dengan Isi Konten Dan Memasang Life Link Memang Sangat Berpengaruh Buruk Bagi Kualitas SEO Blog Kita, Oleh Sebab Itu Komentar Di Blog Memang Harus Benar Benar Di Perhatikn. Terimakasih Atas Artikelnya Sobat, Sangat Bermanfaat.

    BalasHapus
  5. Maaf kang andre, maksudnya link aktif seperti apa ? Saya baru mengenal blog baru-baru ini. Saya bertanya demikian agar saya berhati-hati agar tidak jadi spamer. Saya harap kang andre berkenan menjawab. Dan kiranya kang andre sudi menengok ke 2 blog saya yang masih minim. Ini alamatnya http://lagibelajar-ngeblog.blogspot.com/ http://bajubaju-bola.blogspot.com/ terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh Link aktif: Mengapa komentar di blog dihapus atau http://www.kumau.info/2013/03/mengapa-komentar-blog-dihapus.html
      Link pasif: http://www.kumau.info/2013/03/mengapa-komentar-blog-dihapus.html
      Artinya link aktif, link (atau tulisan) yang dapat langsung diklik (seperti di nama/url)

      Hapus
    2. Oh...begitu. Terima kasih kang atas pencerahannya. Ko' bisa langsung diklik ya ? Padahal komentar saya di atas kan menyematkan url !? Heheh. Mohon kang andre bersabar menanggapi komentar saya yang masih serba ingin tahu sesuatu. Padahal mungkin bagi yang lain begitu mudah untuk menerapkannya.

      Hapus
    3. Nggak apa-apa, itu link pasif...

      Hapus
  6. Terimakasih banyak atas informasi yang telash disampaikannya

    BalasHapus
  7. atas ane belum pada di hapus gan
    wkwkww

    BalasHapus
    Balasan
    1. pemilik blog mempunyai hak untuk melakukan penghapusan atau tidak menampilkan komentar Anda. he..he..he..

      Hapus
  8. sudah cukup jelas
    tapi saya pingin tanya, pengaruh terhadap blog yang dituju dari life link bagaimana??
    apakah jelek di mata search enginne

    BalasHapus
  9. sama aja boong ya brarti, g niat dan g mau dikoment, pemilik blog seperti itu sama saja menghegemoni prasaanisasi samwan or all of any page...xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika komentar bernada SARA atau spam, apakah perlu diterbitkan?

      Hapus
  10. setuju dengan opini kang andre ini,tapi klo di blog saya sengaja tdk di aktifkan kolom website dan url di komentar,krn justru digunakan para spammer utk mkomen yg nggk jelas dan OOT.Akan lebih bagus lagi klo di pasang script anti link aktif di kotak komentar,jadi tiap link aktif otomatis akan hilang..

    BalasHapus
  11. setelah mengikuti seluruh komentar di ATas saya jadi mengerti manna yang link aktif dan pasif.. ooh jaDI link pasih itu boleh di terbitkan d komentar...? contoh www.creampemutihkulitocie.blogspot.com . kalo seandainya memasukkan kata yang diawali dengan tanda "#" pada komentar apakah boleh..?? contoh #krimpemutih

    BalasHapus
  12. <a href="http://webstore.encyclo.co.id'>bang saya</a> mau tanya kenapa sebagian blogger tidak mau di komentar dengan link yang aktiffff??
    siapa aja yang bisa jawab kasih tau saya alasannya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena merugikan blogger.
      Sulit untuk menjelaskan alasannya secara spesifik, jadi tidak apa 'kan saya ceritakan pengalaman saya pada masa lalu?
      Begini, beberapa bulan yang lalu, di blog saya ada komentar dengan link aktif lebih dari satu, ironisnya, link itu mengarah ke ke situs judi!
      Bayangkan, jika saya biarkan komentar tersebut, reputasi blog saya akan menurun. Orang-orang akan berpikir "Wah, blog bahas degradasi moral, tapi komentarnya dibiarin." "Wah, Blog ini komentarnya bla bla bla... saya gak akan mengunjunginya lagi." dan sebagainya. Jika demikian dibiarkan, tentu orang tidak ingin mengunjungi blog saya lagi. Jika sudah begitu, saya yang rugi. Susah-susah mengelola blog tapi hasilnya tak sesuai ekspektasi.

      Sekarang, hanya ini yang bisa saya jelaskan. Jika ada tulisan yang kurang berkenan, saya minta maaf.

      Hapus
  13. masih belum paham betul ane, apa saja kerugian yang ditimbulkan link aktif

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.