Mengenal Browser (peramban) Internet

09 Maret 2013
Pengertian dasar internet  - Mengenal Browser (Peramban) Internet

Browser (peramban) Internet
Browser atau istilah Indonesia Peramban adalah jenis perangkat lunak (software) komputer untuk mengakses internet. Browser bertindak sebagai jendela yang menampilkan berbagai informasi situs web di internet. Cara yang perlu dilakukan adalah mengetik alamat web (url) ke dalam kotak alamat browser yang telah disediakan dan akan langsung dibawa ke situs sesuai url yang ditulis.

Ibarat pergi ke perpustakaan untuk 'menjelajahi' buku, Anda dapat menemukan atau menjelajahi halaman-halaman website di internet menggunakan browser internet. Dengan kata lain, jika ingin melihat website harus menggunakan software Browser. Software browser yang cukup terkenal adalah Mozilla Firefox, Internet Explorer, Opera, Chrome, Safari.

Bagaimana cara membuat teks di browser saya menjadi lebih besar atau kecil?

Terkadang tulisan di layar monitor dirasa terlalu besar atau terlalu kecil. Agar nyaman dibaca ubah ukuran huruf di browser dengan cara: tekan dan tahan tombol [control] atau [command] di keyboard. Kemudian ketuk tombol tambah [+] atau kurang [-] tanpa melepas tombol [control]. Dengan memilih [+], kata-kata di layar akan jadi lebih besar. Dengan memilih [-], kata-kata di layar akan jadi lebih kecil.

Bagaimana cara menelusuri web dengan tab?

Jika ingin melihat situs web lain dengan cepat tanpa harus meninggalkan halaman yang sedang dibuka yang perlu dilakukan adalah membuat tab baru. Tab adalah jendela lain di dalam browser yang sama. Dengan membuat tab, Anda dapat melompat antar situs web dengan mudah. Cara membuat tab bergantung pada browser yang Anda gunakan. Pada banyak browser, Anda dapat membuat tab dengan membuka [File] dan memilih [Tab Baru].

Bagaimana cara memperbarui browser?

Browser (peramban) yang terbaru memungkinkan mendapatkan pengalaman penjelajahan yang lebih cepat dan aman. Pembuat Browser biasanya akan terus memperbarui software agar bekerja lebih baik lagi. Cara memperbarui browser bisa dilakukan secara manual atau otomatis, bergantung pada jenis browser yang digunakan karena memiliki proses pembaruan yang berbeda. Browser Chrome, misalnya, akan diperbarui secara otomatis kapan pun browser mendeteksi tersedianya versi baru. Proses pembaruan terjadi di latar belakang dan Anda tidak perlu melakukan apa pun.

Ilustrasi Browser (Peramban) Internet





Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

Tidak ada komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.