Membuat Backlink Berkualitas

07 April 2013

Artikel membuat backlink berkualitas ini merupakan kelanjutan dari Dasar Belajar SEO: Pengertian Backlink. Banyak blog yang telah membahas masalah backlink, dan artikel membuat atau mencari backlink ini merupakan versi blog kumau belajar SEO oleh Kang Andre yang bisa sama atau bisa berbeda dengan yang lain.

Backlink Berkualitas


Membuat backlink dapat diartikan dengan sengaja membangun atau menanam link (tautan) di website lain yang mengarah ke website kita. Backlink ini merupakan link rekayasa untuk keperluan pemilik website. Macam backlink ini relatif mudah dibangun daripada backlink alami yang dibuat oleh pemilik website lain.

Jika hanya sekedar membuat backlink, ini sebuah pekerjaan mudah. Namun untuk membuat backlink berkualitas, perlu sedikit trik atau pengetahuan yang cukup tentang SEO. Mengapa? Backlink berkualitas pada dasarnya adalah untuk SEO dan teknik SEO itu bertujuan untuk mencapai posisi terbaik di halaman website mesin pencari. Dengan memiliki backlink berkualitas merupakan salah satu faktor keberhasilan SEO.

Apakah membuat backlink berkualitas diperlukan?

Untuk saat ini, bagi Google sebagai salah satu web mesin pencari terbesar, backlink masih dianggap penting dan perlu. Backlink dapat sebagai salah satu indikator popularitas sebuah website dan ditunjukkan dengan pengakuan lewat PageRank (PR). Meski bukan satu-satunya penentu SERP Google, PR dibutuhkan untuk melengkapi ranking hasil pencarian Google.

Nah, sebelum melanjutkan membaca tulisan ini, saya garis bawahi terlebih dahulu, artikel Backlink Berkualitas didasarkan dari dan untuk Google. Tapi tidak menutup kemungkinan berlaku juga untuk mesin pencari lain.

Backlink Berkualitas

Awalnya, Google sangat senang dengan website yang berisi edukasi dan yang kaya pengetahuan. Seiring bertambahnya macam-macam konten website, mau tidak mau Google pun mengikuti perkembangan tersebut. Akan tetapi, Google masih memiliki pedoman untuk sebuah website yang dianggap “berkualitas”.Ada beberapa pertanyaan yang akan membantu "masuk ke pola pikir Google" tentang kualitas sebuah website.

Jika sebuah website telah mendapat predikat “berkualitas” oleh Google, maka backlink yang didapat dari website tersebut termasuk backlink berkualitas juga. Beberapa ciri-ciri website berkualitas:
  • PageRank (PR) tinggi.
  • Trafik kunjungan ramai.
  • Banyak dipakai sebagai bahan sumber.
  • Berdomain khusus.
Untuk ciri yang terakhir yaitu website ber-domain khusus, seperti: .edu, .gov, .mil, dan lain-lain, Google menganggap website tersebut “dapat dipercaya”. Saya memang belum menemukan referensi yang akurat untuk itu, namun secara logika masuk di akal karena untuk memperoleh domain tersebut memerlukan persyaratan khusus dan tidak semua orang bisa memiliki. Untuk ciri yang lain, sepertinya tidak perlu dijelaskan lagi.

Untuk membuat backlink dari website berkualitas di atas, bukan pekerjaan mudah. Agar kualitas tidak menurun, biasanya website tersebut membatasi pembuatan link oleh pihak lain (pengunjung) dan jika pun memperbolehkan, terkadang dipasang rel nofollow yang membuat robot mesin pencari tidak meluncur ke link tujuan.

Mengapa Perlu Membuat Backlink Berkualitas?

Sebut saja Doni dan Badu, mereka bersama membuat sebuah blog. Agar blog mereka dikenal dan masuk ke posisi SERP yang bagus, masing-masing melakukan optimasi dengan mencari backlink. Si Doni menerapkan strategi membuat backlink 30 setiap hari dengan berkomentar di blog, submit ke social bookmark, dll. Si Badu pun tidak tinggal diam, juga membuat backlink, tapi cukup 1 dalam sehari.

Setelah sebulan dan terjadi update PageRank, masing-masing blog dihargai PR 2 oleh Google. Doni protes karena telah mengumpulkan backlink 900 sedangkan Badu Cuma 30, tapi mengapa PR sama dan menganggap Google tidak adil? Google menjawab, “Coba lihat, dari mana backlink berasal?”

Doni membuat backlink tanpa melihat kualitas website, sedangkan Badu membuat backlink berkualitas dengan memperhatikan website yang akan ditanam link. Meskipun membuahkan hasil sama, namun perjuangan Doni membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. Sedangkan Badu santai saja.

Ilustrasi di atas menunjukkan bahwa membuat backlink berkualitas lebih baik dari pada sekedar membuat backlink. Bahkan sekarang Google pun membuat tools untuk menolak backlink tidak berkualitas yaitu Disavow links tools

Banyak blog yang telah membahas masalah backlink, mulai cara membuat atau mencari backlink. Namun saya akan membahas lagi versi blog belajar SEO Kang Andre yang mungkin bisa sama atau berbeda dengan yang lain. Sehubungan panjangnya artikel tentang backlink, anggap saja sebagai pengantarbacklink berkualitas dan akan saya sambung lagi ke bagian lain tentang cara mencari backlink berkualitas.

Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

40 komentar

  1. Balasan
    1. Thanks info cara mendapatkan backlinknya bermanfaat sekali,..

      Hapus
  2. banyak sekali tutorial tentang SEO di internet tapi belum ada yang manjur, ijin nyimak

    BalasHapus
  3. Semakin banyak mendapat backlink dari blog berPageRank tinggi maka kualitas PageRank blog tersebut akan ikut naik. Semakin baik PageRank sebuah blog maka kemungkinan untuk muncul di halaman depan hasil penelusuran mesin pencari akan semakin besar.

    BalasHapus
  4. Terima kasih banget nih bang andre atas tipsnya moga saja nanti saya bisa menerapkannya pada blog saya kebetulan BACKLINK GRATIS sepertinya mantef tuh apalagi berkwalitas cocok bagi yang suka dengan TRIK SEO BUAT BLOG..hahahyyyyy

    BalasHapus
  5. setelah ane baca artikelnya teknik yg saya lakukan masih kurang

    BalasHapus
  6. backlink sangat diperlukan untuk meningkatkan serp

    BalasHapus
  7. mantep kang.thank ilmunya..

    BalasHapus
  8. wah cukup mendetail penjelasannya.makasih sob

    BalasHapus
  9. Kang Andre, kalo untuk teknik linkwheel sendiri bagaimana kang dijaman padna dan penguin ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beberapa ahli seo telah mengganggap bahwa teknik ini sudah diketahui oleh Google dan dianggap sebagai spam (penguin)

      Hapus
  10. sedikit tertarik dengan pertanyaan agan kumau.com . sebelum menulis komentar saya membaca "Backlink gunakan Name/URL" emang ada bedanya antara backlink dari name/url dengan dari komentar??
    mohon penjelasanya yah
    terimakasih infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Backlink gunakan Name/URL dengan backlink di komentar pada dasarnya sama, hanya saja ada anggapan bahwa membangun backlink di komentar bisa saja dianggap spam. Mudah-mudahan bisa nulis tentang hal ini....

      Hapus
  11. sepertinya budaya saling komen postingan cara yang paling manjur untuk membuat backlink ya gan

    BalasHapus
  12. Tutorial Jitu3 Jun 2013 13.25.00

    kalau backlink dari situs iklan baris termasuk berkualitas kagak ya ?

    BalasHapus
  13. kalau submit gratis backlink bolehkah ? apa tidak di anggap spam ?

    BalasHapus
  14. thanks, sangat bermanfaat sekali

    http://dasarbahasainggris.blogspot.com/2013/02/9-cara-menghafal-kosa-kata-vocabulary.html

    BalasHapus
  15. Terima kasih ilmunya mas bro ,

    BalasHapus
  16. disini backlinknya berkualitas kan mas??

    BalasHapus
  17. patut di coba nih...
    semoga bermanfaat ya bos...
    salam sukses

    BalasHapus
  18. memang gampang" susah nyari backlink yang berkualitas.

    BalasHapus
  19. Mencari backlink berkwalitas itu gampang2 susah ya gan, gampang dibilang tapi susah dipraktekin..
    Salam sukses gan, mohon ijin nyimak deh..

    BalasHapus
  20. Perumpamaannya masuk akal. Trims :)

    BalasHapus
  21. makasi,, ijin ncoba,, blog baru kang..

    BalasHapus
  22. Ternyata backlink berkualitas sangat susah dicari tapi sangat ampun dalam membangung blog jadi lebih berkualitas di pencarian google.

    BalasHapus
  23. tahnks info nya gan izin praktek ni..semoga berhasil hehhehe.

    BalasHapus
  24. Numpang gelar tiker dulu kang,
    baca-baca sambil makan kacang, sepertinya artikel menarik ini

    BalasHapus
  25. membuat backlink berkualitas memang saya harus belajar lagi nih .. makasih infonya

    BalasHapus
  26. Gan mohon maaf SEO itu apa ya.......www.jallanafurniture.com mampir ya.......

    BalasHapus
  27. makasih banyak buat informasinya,, snagat bermanfaat sekali

    BalasHapus
  28. ilmunya sangat bermanfaat kang andre. semoga kang andre di beri kesehatan selalu agar tetep bisa share dengan kita2. Amien

    BalasHapus
  29. This is really amazing. Such detail!
    agen sbobet | poker online

    BalasHapus
  30. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    agen sbobet || agen judi bola

    BalasHapus
  31. saya harus mengatakan bahwa secara keseluruhan saya benar-benar terkesan dengan blog ini.

    BalasHapus
  32. blog yang bagus dan informatif, yang berisi semua informasi dan juga memiliki dampak yang positif

    BalasHapus
  33. I’m completely enjoying as of it and that I have you ever bookmarked to ascertain out new stuff you'll post.

    BalasHapus
  34. Your blog examination should widen your readership.

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.