Hasil SERP belum tentu Backlink

19 April 2014
Hasil SERP belum tentu Backlink, mengapa demikian? Terkadang jika mencari sebuah backlink setidaknya mengerti terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan istilah tersebut. Pengertian backlink secara dasar adalah link yang diterima atau link masuk. Istilah lain dari backlink adalah inbound link, in links, incoming links (link masuk) dan inward links (link ke dalam). Backlink atau Inbound link awalnya penting sebagai sarana utama navigasi web, namun setelah munculnya situs mesin pencari, backlink lebih signifikan untuk optimasi mesin pencari yang memerlukan teknik seo.

Hasil SERP belum tentu Backlink


Lantas apa hubungannya dengan hasil SERP? Ada kesalahan beberapa blogger dalam mengartikan backlink. Jika URL masuk SERP dianggap sebagai backlink. Sebagai contoh: beberapa situs yang menyediakan buku tamu (guestbook), komentar, artikel, dsbnya, me-nonaktifkan fungsi html. Jika hal itu dilakukan maka bila kita menulis, misal: http://lenterakecilku.blogspot.com/ ini merupakan teks biasa, bukan sebuah link. Dan jika robot mesin pencari merayapi akan menganggap itu sebagai tulisan biasa dan bukan merupakan sebuah link. Suatu teks akan dianggap link jika dapat berlanjut (di-klik).

Beberapa tool "pengintip" backlink ada yang menganggap url sebagai backlink. Tapi bagi Google Webmaster Tools yang biasa saya pakai sebagai pedoman yang paling akurat untuk melihat backlink, tidak akan menganggap semua URL adalah backlink, kecuali jika itu benar-benar sebuah link.

Jika pun masih ada yang ngotot untuk menanam url sebagai backlink meski itu bukan sebuah link, silahkan. Dari istilah saja seharusnya kita paham; BACKLINK. Kalau saya tidak, meskipun ada di hasil SERP daripada capek-capek nulis. Secara sederhana: link itu dapat di-klik dan mengarah ke blog atau artikel kita, dan itu dapat backlink.

Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

8 komentar

  1. SeTuju Sekali Dengan Artikel Anda Ini

    BalasHapus
  2. Mantaps, bener2 nemu pencerahan nih tentang backlink. Thanks bro, Salam sahabat jitu

    BalasHapus
  3. Terima kasih informasinya sangat bermanfaat sekali. Backlink memang diperlukan supaya website atau blog cepat dikenal di internet, selain pakai cara gratis bisa juga membeli Jasa Backlink Murah tapi harus pintar memilih penjual yang Jual Backlink Murah dan backlinknya juga harus berkualitas.

    BalasHapus
  4. Betul sekali mas, untuk beberapa kasus kadang saya juga berbuat semacam itu menanam tulisan yang mengarah pada alamat url teretntu tapi berupa text, tujuannya ya bukan untuk mesin pencari namun untuk pengunjung, siapa tau dikunjungi. :D

    BalasHapus
  5. Pak saya diajarin Teknik SEO dunk :), biar bisa menang kalo ikutan kontes seperti Bapak ini yang menang terus, jadi kepengen belajar SEO

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua pengalaman sudah saya tulis di sini...

      Hapus
  6. Thank you for the information, articles you nice and really helped me...!!!

    BalasHapus
  7. wah saya harus bnyak belajar lagi soal backlink nih gan berarti selama ini saya salah persepsi ya

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.