Menghapus Komentar Spam di Wordpress

24 Januari 2015
Menghapus komentar spam yang ada di cms wordpress menjadi mudah dengan adanya wp plugin. 

Lama tidak membuka beberapa blog dummy yang memakai cms wordpress di self hosting gratis dan dikejutkan dengan sinyal komentar yang perlu disetujui. Nggak kepalang tanggung, ada yang jumlahnya mencapai ratusan ribu. Jadi selama beberapa bulan, robot spammer dengan leluasa menancapkan link di blog saya.

Untunglah cuma blog dummy yang memakai hosting gratis, namun yang namanya spam tentu tidak sedap dipandang mata juga bisa blog kita dianggap blog spam oleh google. Rugi kan, meskipun hanya sebuah blog dummy. Untuk itu komentar dihapus saja.

Ini gambar hasil komentar spam yang perlu mendapat persetujuan di salah satu blog saya. Gila...

Menghapus Komentar Spam


Ada beberapa cara untuk menghapus komentar spam di wordpress

  1. Cara manual dengan menghapus komentar yang ada. Tapi jika komentar ratusan bahkan ribuan, sangat sulit untuk melakukannya. Jika memaksa akan memperlambat koneksi dan butuh waktu lama.
  2. Lewat Php Myadmin. Ini khusus yang sedikit mengerti tentang SQL (data base).
  3. Ini cara saya menghapus komentar spam di wordpress dengan cepat. Dengan cara menginstal wp-plugin delete comment. Banyak sekali plugin ini dan kesemuanya hampir sama dalam pengoperasiannya. Mungkin kelemahannya adalah space bertambah dan kinerja blog sedikit lambat (tapi sangat kecil).
Terus terang, saya tidak akan menggunakan wp-plugin jika tidak terpaksa. Setelah menghapus semua komentar spam, plugin saya uninstall.

Disisi lain komentar spam ada keuntungannya. Nanti saya lanjutkan....


Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

3 komentar

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.