Cara Memenangkan Kontes SEO

14 Februari 2015
Cara memenangkan kontes SEO bisa berbeda antara master seo yang satu dengan yang lain, namun garis besarnya adalah sama yaitu tentang konten artikel dan dukungan artikel. Konten berisi artikel yang mendekati dengan kriteria yang telah Google tetapkan (Onpage SEO) serta dukungan backlink yang bagus  (Offpage SEO).

Namun terlebih dahulu perlu diketahui bahwa saya BUKAN Master kontes SEO, bahkan saya tidak (belum) pernah memenangkan Kontes SEO. Prinsip saya Pemenang hanya 1 yaitu Juara atau posisi pertama, selebihnya adalah penghargaan (kalau yang ini beberapa kali didapat). Sebenarnya yang lebih tepat adalah Sang juara 1 yang mengulas bagaimana cara memenangkan kontes seo berdasarkan pengalamannya. Itupun jika mau. Jika anda ingin mengetahui cara saya mengikuti kontes seo, silahkan melanjutkan membaca.


Cara Memenangkan Kontes SEO


Cara Memenangkan Kontes SEO versi Saya


Sebelumnya, baca aturan dan persyaratan panitia penyelenggara dengan cermat dan teliti. Kita harus bisa memprediksi apakah nantinya kontes ini SCAM? Juga masalah-masalah penjurian lainnya. Kalau perlu baca berulang-ulang dan kirim pertanyaan ke panitia yang sekiranya meragukan. Janganlah kita menyesal di kemudian hari.

Sebaiknya membuat artikel kontes seo sesegera mungkin saat mengetahui adanya kontes (tapi jangan mendaftar terlebih dahulu). Lebih cepat lebih baik. Jika peserta masih sedikit atau bahkan belum ada yang mengetahui, artikel kita pasti masih orisinal dan unik karena belum ada yang mirip. Namun jika kontes sudah berjalan lama dan mendekati penilaian, buat artikel "sedikit" melenceng dengan topik untuk menghindari persamaan artikel dengan peserta terlebih dahulu.

Kata kunci adalah faktor utama. Perhatikan keyword yang nantinya akan dipakai dalam penjurian, misalnya:
"Mobil bekas & baru Jakarta hari ini jualmobilbekas.hol.es". Gunakan keyword sebagai judul lengkap, ditambah boleh, dikurangi lebih baik jangan. Usahakan keyword ada di paragraf pertama. Buatlah Keyword menggunakan heading <h1><H2><H3>. Keyword jangan dibuat berulang-ulang dalam satu paragraf.

Artikel sebaiknya minimal 400 kata atau menurut ketentuan juri (rata-rata panitia menetapkan minimal 400 kata, seperti di Web Hosting Murah dan Berkualitas Asli Indonesia Sanggarhost.com) dengan penulisan keyword sebanyak 4-5 tampilan. Ingat google juga merayapi semua bagian situs, bisa saja keyword ada di header, sidebar, menu atau footer. Jika artikel telah dibuat, submit url ke google. (jika blog kita cepat terindeks Google, jalan lakukan submit lagi. Cara test, setelah artikel dipublikasikan coba search di google dengan kueri pencarian 1 jam dengan keyword tsb)


Dukungan Cara Memenangkan Kontes SEO


Bisa saja artikel kontes seo yang kita buat bisa langsung tampil di halaman awal (jika blog sudah kuat atau belum banyak peserta) namun jangan puas terlebih dahulu, pasti akan bergeser beberapa jam atau hari kemudian. Banyak blog dummy seperti dari kompas, yahoo, forum awalnya langsung di halaman awal bergerak menjauh untuk beberapa jam/hari. Untuk itu artikel perlu dukungan.

Dukungan Cara Memenangkan Kontes SEO adalah backlink. Jangan harap menang jika artikel tidak ada backlink sama sekali. Cari atau buat backlink dari blog kita lainnya (blog dummy) atau meninggalkan link di komentar, forum, guestbook dan sebagainya. Namun perlu dingat, sebaiknya pencarian backlink jangan langsung dilakukan setelah artikel dipublikasikan. Tunggu Google mengindeks terlebih dahulu atau beberapa hari kemudian.

Pantau perkembangan di SERP Google, apakah ada perubahan setelah menanam backlink. Jika ada peningkatan tapi belum maksimal, ubah artikel kembali. Lakukan beberapa perubahan kata atau kalimat yang sesuai dengan topik artikel kontes. Jika sudah submit kembali ke Google, sebaiknya lewat Google webmaster Tools. Tunggu beberapa hari.

Jika kita sudah maksimal dalam membuat konten, mencari backlink (optimasi sudah maksimal) dan artikel sudah ada di posisi bagus, segera daftarkan ke panitia dengan mengubah atau menambah syarat yang diperlukan lagi seperti link, banner, jumlah kata, dll. Namun, jika artikel masih jauh dari harapan, apa boleh buat. Hasil SERP Google sulit diprediksi, bahkan oleh karyawan Google sendiri. Bisa juga kompetitor melakukan hal terbaik dari kita, bisa juga faktor keberuntungan tidak berpihak kepada kita, semisal ada 10 artikel yang sama-sama bagus dan kuat, namun google tetap akan mengurutkan menjadi 10 di SERP, kalau beruntung kita bisa di nomer 1 kalau apes ya di nomer 10, meskipun artikel telah bernilai 100% menurut Google. Kita coba Cara Memenangkan Kontes SEO lewat kontes Jokowarino.com Tempat Berbagi Informasi Mengenai Pertanian Indonesia

Selamat ber kotes seo ria

Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

8 komentar

  1. makasih artikelnya ...

    BalasHapus
  2. Saya mau ucapkan nuhun yang sebesar-besarnya

    BalasHapus
  3. Makasih banyak buat infonya ya...

    BalasHapus
  4. yap, sangat setujuh.. dengan artikel seo yang memadai dengan backlink dari luar akan memperkaya dari link seo tersebut.
    thanks

    BalasHapus
  5. Ok kang Andre, siap untuk langsung praktek ini lagi uji coba ranking keyword

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.