Algoritma Google Mobilegeddon

30 April 2015
Algoritma Google Mobilegeddon telah diluncurkan pada 21 April 2015 yang lalu, intinya sangat sederhana yaitu: jika website Anda ramah ponsel (mobile firendly), akan berpengaruh pada peringkat di SERP Google. Google sendiri telah menginformasikan sebelumnya baik itu lewat email dengan subjek "Perbaiki masalah kegunaan ponsel ditemukan di situs ...." dan di Google Webmater Tools  dalam beberapa minggu terakhir sudah melihat laporan penambahan item Ponsel Usability di bagian Cari Lalu Lintas.

Algoritme Google Mobilegeddon


Seberapa penting Algoritma Google Mobilegeddon pada peringkat dalam pencarian mobile?

Coba periksa trafik kunjungan ke situs Anda, jika kunjungan lebih banyak berasal dari perangkat mobile, bisa menjadi pengaruh besar terhadap jumlah visitor kalau mengabaikan Mobilegeddon. Di sebagian besar negara-negara barat, 50-60% dari pencarian yang dilakukan pada perangkat mobile, dan jumlah itu meningkat setiap tahun. Dengan tidak adanya peringkat baik di hasil pencarian perangkat mobile berarti situs Anda akan mengalami penurunan kunjungan. Terutama bagi situs bisnis yang kini mengandalkan perangkat mobile sebagai sarana mendulang pengunjung.

Dampak Algoritma Google Mobilegeddon dalam pencarian desktop?

Dari beberapa blog yang saya miliki, tidak ada perubahan yang signifikan atas Update Mobilegeddon ini, karena pengunjung lebih banyak datang dari pencarian deskstop. Akan tetapi (asumsi saya) Mobilegeddon bisa berdampak tidak langsung terhadap hasil SERP di desktop karena Google menggunakan klik tayang (RKT) dari hasil pencarian sebagai faktor peringkat. Jika 50% dari pencarian berasal dari ponsel juga adanya klik link di ponsel, kemungkinan akan memperkuat posisi SERP desktop dalam jangka panjang.

Kesimpulan
  1. Jika ingin terus diperhatikan Google, ikuti Algoritma Google Mobilegeddon dengan mengubah situs Anda menjadi responsive. Cek di sini: https://www.google.com/webmasters/tools/mobile-friendly/
  2. Algoritma Mobilegeddon adalah untuk pencarian di perangkat mobile bukan desktop, untuk membantu meningkatkan pengalaman pencarian mobile pengguna secara keseluruhan.
  3. Namun perlu diingat juga Mobilegeddon hanya sebagai salah satu faktor SEO, masih banyak faktor lainnya. Jangan berharap setelah situs mobile friendly, posisi SERP langsung naik, kunjungan meningkat, dll.
  4. Wikipedia saja tidak (belum) mobile-friendly tapi masih tetap ramai dan SERP masih bagus


Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

1 komentar

  1. Jika 50% dari pencarian berasal dari ponsel juga adanya klik link di ponsel, kemungkinan akan memperkuat posisi SERP desktop, dari kemungkinan tersebut yang anda nyatakan tidak benar, dari beberapa blog saya pencarian serp di dekstop berkurang dan sbaliknya

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.