Dampak Mobilegeddon Dalam Pencarian Google

15 Mei 2015
Hampir sebulan peluncuran Mobilegeddon sebagai algoritma mesin pencari Google khususnya untuk situs mobile friendly. Peluncuran algoritme Mobilegeddon  21 April 2015 lalu, intinya adalah jika website Anda tidak dianggap ramah ponsel (mobile firendly), akan berpengaruh pada peringkat di SERP Google.

Dampak Mobilegeddon dalam pencarian desktop?

Beberapa artikel di blog yang saya kelola, ada perubahan SERP setelah algoritme Mobilegeddon ada. Beberapa keyword hilang dari halaman awal, seperti blog dummy yang cukup lama di #1, namun sekarang entah kemana dan digantikan artikel dummy lain yang lebih baru. Memang artikel lama daqn sepertinya sudah tidak berlaku lagi isinya. 

Mobilegeddon Dalam Pencarian Google


Beberapa artikel kontes SEO juga mengalami perubahan, bukannya lebih baik malah menjauh meskipun blog sudah mobile friendly. Berbagi Bahagia Bersama TabloidNova.comKontes Synthesis Development Indonesia Developer Property atau Kontes Semi SEO Minuman Berenergi

Meski berlaku pada mesin pencari Google mobile dan telah ada memberitahukan peringatan ini di seluruh produk Google seperti Email, GWT, Adsense dll, maka sebaiknya saran ini dipenuhi saja. Jika ingin terus diperhatikan Google, ikuti Mobilegeddon dengan mengubah situs Anda menjadi responsive.

Yang perlu diingat juga Mobilegeddon hanya sebagai salah satu faktor SEO, masih banyak faktor lainnya. Jangan berharap setelah situs mobile friendly, posisi SERP langsung naik, kunjungan meningkat, dll.


Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

2 komentar

  1. tapi kalau dilihat di komputer tampilan jadi kurang menarik klo ikut mobilefredly

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.