Artikel Kontes SEO Banyak Yang Hilang

27 Januari 2016
Sejak Desember 2015 lalu, ada sedikit keanehan yang saya amati untuk blog yang ikut kontes SEO. Sebelum membahas tentang blog-blog yang lain, saya analisa blog saya sendiri terlebih dahulu.

Beberapa kontes seo yang saya ikuti lewat blog andalan kanalku.blogspot.com tiba-tiba artikel kontes menghilang dari SERP dan berubah menjadi homepage untuk keyword yang diperlombakan. Awalnya saya pikir kena sandbox, namun artikel tersebut masih baru dan belum ada optimasi sama sekali. Awal publikasi, masih ada di halaman awal, mendadak beberapa hari menghilang.

Herannya, saya juga melihat blog peserta lain mengalami hal yang sama, terutama bagi blog yang sering memenangkan kontes. Nasib mujur pada blog yang baru ikut atau belum pernah masuk sebagai pemenang. Beberapa blog bisa kembali ke halaman awal setelah di-update publikasinya.

Meski telah saya tulis ulang dan mulai optimasi dengan menambah backlink, posisi blog saya sepertinya tidak ada perubahan. Terkadang, ada di halaman awal besoknya kembali menghilang. Anehnya lagi, blog dummy juga ikut-ikutan menghilang di serp setelah memberi backlink. Sepertinya Google sudah bisa membaca backlink yang ada.

Saya lantas mencoba membuat artikel yang berhubungan dengan artikel kontes seo, eh... juga menghilang di serp. Namun jika saya membuat artikel lain yang tidak berkaitan dengan kontes, hasil posisi masih bagus. Untunglah, visitor tidak berubah karena trafik kunjungan bukan berasal dari artikel kontes.

Kontes SEO belakang ini, justru menunjukkan blog baru dapat mendominasi halaman pertama. Sedangkan blog-blog lama berada di halaman belakang, entah optimasi kurang atau sebab lain. Yang sering juara entah ada di mana, meskipun saya tahu mereka juga membuat artikel kontes tersebut.

Akhirnya, saya memutuskan mem-pensiun-kan blog untuk kontes seo, namun jika ada blog kompetisi mungkin masih digunakan karena tidak berdasarkan SERP. Selain itu, akan mempersiapkan blog baru sebagai kendaraan kontes.




Blog ini BUKAN merupakan blog tutorial, namun merupakan catatan pengalaman serta arsip penulis dalam ngeblog. Isi blog lebih ditekankan kepada pembelajaran, latihan SEO, Internet, Komputer, Blogging yang telah dipelajari maupun dipraktekkan oleh penulis. Bisa saja artikel tidak sesuai lagi dengan perkembangan dunia blogging (Internet)yang senantiasa terus berkembang.
Salam blogger

1 komentar

  1. Semangat bang, yang penting terus berusaha, suatu saat nanti pasti bisa menjadi sjuaranya..

    BalasHapus

Semua komentar (nofollow) langsung ditampilkan sebelum 2 bulan sejak artikel terbit, dan ternyata banyak yang nyepam... hehehe....tapi admin berhak menghapus. Maaf jika komentar tidak dibalas.